Penyebab Pembatasan Iklan Adsense, dan Cara Mengatasinya

Diposting pada

Alhamdulillah, kesempatan ini saya ingin sedikit berbagi mengenai penyebab pembatasan iklan Google adsense, yang sekarang lagi rama-ramainya. Berhasilnya blogger untuk mendaftarkan blognya ke Adsense merupakan langkah awal yang sangat menyenangkan.

Tapi siapa sangka perjuangan seorang blogger tidak cukup sampai disitu saja, melainkan masih ada banyak sekali rintangan yang harus di hadapi. Salah satunya adalah Banned atau pembatasan iklan ini. Ketika sudah susah-susah mengurus blog untuk lolos seleksi Google, eh tiba-tiba kena peringatan kan nyesek banget kan.

Tapi mau gimana lagi, mungkin kita nya aja yang salah, karena melakukan pelanggaran terhdapat kebijakan Google, sehingga berujung pembatasan iklan tersebut. Bagi blogger yang bermain adsense dengan jujur, pasti tidak akan mengalami ini.

Lantas apa aja sih penyebab Iklan dibatasi oleh Google?

Pembatasan iklan ini dilakukan oleh Google karena Google telah mendeteksi adanya kecurangan yang dilakukan oleh pengiklan. Yang diantaranya menyuruh orang lain dengan sengaja untuk klik iklan miliknya yang ada di blognya. Atau yang paling sering mengklik iklan sendiri (walaupun dengan hp orang lain) secara terus-terusan.

Walaupun kita beranggapan bahwa cara yang demikian itu tidak ketahuan, tapi nyatanya Google lebih canggih, yang bisa mendeteksi kecurangan ini. Sehingga kelanjutannya akan menjadi sebuah Invalid Traffic, dimana traffic yang datang dari blog kita itu-itu saja.

Untuk selengkapnya mengenai pembatasan penayangan iklan ini, bisa anda baca di halaman kebijakan Google. Disana dijelaskan apa-apa saja penyebab iklan dibatasi, dan langkah apa saja yang harus kita lakukan, jika terkena pembatasan iklan.

Kita lanjut bahas mengenai invalid traffic ini.

Kenapa sih Google itu melarang invalid traffic? padahal kan bagus ada yang klik iklannya.

Google sendiri telah menyatakan akan memberikan pengalaman terbaik untuk pengiklan, dan penerbit. Jadi walaupun ada yang klik iklan belum tentu itu menguntungkan bagi pengiklan. Karena banyak yang klik iklan hanya sekedar untuk menguntungkan pada penerbit saja.

Sehingga Google mengantisipasi masalah ini dengan memberikan peringatan kepada penerbit yang keciduk melakukan kecurangan.

Baca lebih lanjut tentang masalah ini:

Mengatasi Pembatasan Iklan Adsense

Untuk mengatasi masalah ini, jika kita terkena pembatasan iklan, Google hanya menyuruh para penerbit untuk tetap update artikel. Google akan mereview keberadaan situs kita, traffic situs kita, apakah masih pantas untuk menjadi publisher adsense atau bagaimana.

Tips Blogger lainnya:

Waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan masalah ini beragaram, seperti yang saya temui pada thread forum Blogger sekitar 1 bulan. Selama kondisi akun adsense kita masih dalam pembatasan, sebaiknya trus saja update artikel original. Tujuannya untuk memberi sinyal kepada robot google, bahwa konten di blog kita itu berkualitas.

Nah demikianlah mengenai masalah pembatasan iklan adsense, semoga segera selesai dengan masalah ini.

Gambar Gravatar
Pemain Sandiwara Bumi.

One thought on “Penyebab Pembatasan Iklan Adsense, dan Cara Mengatasinya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *