Setelah lulus dari pendidikan SMA/SMK ataupun Kuliah biasanya seseorang akan melakukan pencarian pekerjaan yang sesuai dan juga memiliki bayaran yang tinggi.

Nah tentunya untuk dapat hal tersebut perlu dilakukan pelamaran terlebih dahulu ke perusahaan yang diminati. Untuk itu diperlukan yang namanya surat lamaran pekerjaan.

Pada artikel ini tulisanlobak.com akan memberikan referensi seputar pengertian, dan contoh dari surat lamaran pekerjaan yang benar.

Pengertian Surat Lamaran Pekerjaan

Surat lamaran pekerjaan adalah suatu surat permohonan yang dibuat oleh seseorang atau individu yang sedang menginginkan suatu pekerjaan disuatu perusahaan tertentu. Pemohon ini bisa disebut dengan pelamar pekerjaan.

Didalam menulis surat permohonan lamaran kerja ini sangat diperlukan Bahasa Indonesia yang baik dan benar, dan tidak bertele-tele.

Biasanya surat lamaran kerja yang baik itu akan membuat pelamarnya diterima untuk bekerja ditempat tersebut, maka dari itu ada baiknya anda pelajari tentang sistematika surat lamaran pekerjaan terlebih dahulu sebelum melanjutkan materi ini.

Apa Saja Isi Dari Surat Lamaran Pekerjaan?

Untuk anda yang baru pertama kali terjun ke dunia kerja seperti ini mungkin akan bingung apa saja yang harus dipersiapkan bersama surat lamaran pekerjaan tersebut.

Nah setidaknya berikut ini beberapa hal yang harus dipersiapkan bersamaan dengan surat lamaran kerja itu:

  1. Identitas Pelamar, bisa berupa foto copy KTP
  2. Ijazah Pendidikan terakhir
  3. Pengalaman kerja sebelumnya (jika ada)
  4. Kemampuan atau skill yang dimiliki

Secara sederhana 4 hal diatas adalah lampiran yang harus dipersiapkan dengan surat lamaran kerja, tujuannya agar penerima lamaran tau tentang si pelamar baik secara identitas, maupun kemampuannya.

Sehingga tidak akan ragu dalam mengambil keputusan.

Tapi tak sedikit juga dalam surat lamaran pekerjaan bisa berisikan alamat sosial media. Karena dalam beberapa kasus tempat melamar bisa menilai pelamar dari aktivitas sosial medianya, ataupun jika anda melamar sebagai marketing.

Sosial media anda bisa berguna untuk kegiatan promosi perusahaan tersebut.

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan

Tabanan, 26 Oktober 2021

Perihal           : Lamaran kerja

Lampiran       : 3 (tiga lembar)

 

Kepada Yth,

Direktur PT. Digitalkit Indonesia

Jalan Rajawali No 15

Bali

 

Dengan hormat,

yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama: Bima Saputra

Umur: 18 Tahun

Alamat: Jalan Nangka Matang No 21 Tabanan

Dengan ini mengajukan permohonan untuk bekerja pada perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin sebagai Staf Marketing.

Sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu, bersama ini saya lampirkan foto copy ijazah, portofolio dan sertifikat keahlian yang saya miliki.

Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasi.

 

Hormat saya,

(ttd)

Bima Saputra

 

Diatas merupakan contoh surat lamaran kerja yang sangat sederhana sekali, anda bisa melakukan improvisasi dan juga penambahan yang dibutuhkan sesuai dengan request dari perusahaan yang dituju.

Ohya jangan lupa perhatikan penempatan tanggal dan lainnya, karena ini saya buat di website langsung jadi tata letaknya susah untuk diatur, anda bisa lihat contoh lain berupa gambar dari Google.

Oke mungkin sekian dulu mengenai pengertian dan contoh surat lamaran pekerjaan dalam bahasa Indonesia semoga dapat membantu.

Jenis-Jenis Surat Lamaran Pekerjaan

Umumnya terdapat 2 jenis surat lamaran pekerjaan yang sering digunakan, yaitu:

  • Surat lamaran pekerjaan yang digabung dengan riwayat hidup,
  • dan riwayat hidup yang dipisah.

Surat lamaran pekerjaan yang berisi riwayat hidup itu pada lampiran awal dituliskan secara detail mengenai riwayat hidup mulai dari pendidikan, pengalaman dan sejenisnya.

Sedangkan riwayat hidup yang dipisah itu biasanya riwayat pendidikan dan pengalaman itu dipisah pada lampiran kedua atau seterusnya.

Sama halnya contoh surat lamaran kerja bahasa Indonesia diatas adalah lamaran kerja yang riwayat hidupnya dipisah pada lampiran berikutnya.

Bagikan:

Bima Saputra

Sedang berusaha supaya bisa bermafaat buat orang lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *