Update SEO 2019, Apa Masih seperti dulu?

Diposting pada

Update seo 2019. Seringkali menjadi sebuah permasalahan di kalangan Blogger Indonesia, bahwa tutorial SEO di Google itu sudah gak update. Sudah gak jaman, dan pemabahasan itu-itu saja.

Memang benar jika pembahasan SEO di Google itu-itu saja, namun itu endak jadul, sebab kita masih bisa menggunakan panduan tersebut untuk membuat artikel berada di Page one Google.

Update seo 2019

Seperti yang banyak beredar, bahwa untuk membuat artikel kita masuk halaman pertama cukup melakukan beberapa hal ini:

Riset kata kunci. Kenapa ini perlu? Sebab kita butuh mengetahui berapa volume kompetitor dalam Kata kunci yang hendak kita incar. Jika kompetitor banyak, maka peluang untuk artikel kita masuk halaman pertama Google lebih susah.

Sedangkan jika jumlah volume persaingan kata kunci dari kompetitor itu rendah, maka kesempatan untuk masuk Page One itu lebih mudah.

Misalnya ketika saya membidik Kata kunci “Raja Traffic” artikel yang saya buat berkesempatan masuk halaman pertama Google.

update seo 2019

Itu dikarenakan volume persaingan masih rendah, namun tak menutup kemungkinan akan bertambah.

Walau demikian, kita sudah bisa ambil point pertama, bahwa untuk memasuki halaman pertama Google, hal yang paling dasar harus dilakukan adalah Riset Keywords.

Optimasi On Page, optimasi ini fokus pada blog itu sendiri, yang menjadi faktor kesuksesan On page seo adalah:

  1. Struktur Template. Template yang SEO, Responsive, dan Mobile Friendly adalah template yang sangat disarankan. Karena template yang memiliki struktur seperti itu pasti sudah otomatis di sukai oleh mesin pencari.
  2. Penggunaan Plugin SEO. Namun sayangnya metode ini hanya dapat dinikmati oleh blogger wordpress self host saja. Namun bagi pengguna blogger.com optimasi SEO masih bisa dilakukan kok, hampir sama dengan optimasi pada wordpress.
  3. Penggunaan kata dalam artikel. Saya disini mengambil 2 indikator (Rekomendasi) dari plugin seo, yakni dari Yoast dan Rankt math. Dimana Yoast menyarankan minimal 300 kata dalam artikelnya, sedangkan Rankt math 600 kata. Walau berbeda 100%, kita dapat simpulkan bahwa untuk memasuki halaman pertama Google kita harus berjuang lebih banyak lagi.
  4. Usia Domain. Saya mengibaratkan usia domain yang lebih tua akan lebih mudah masuk page one sebab, ketika ada orang tua yang memberi nasihat akan lebih mudah dicerna/ dipercaya. Dari pada orang remaja yang memberikan nasihat. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa nasihat orang yang remaja akan diterima, atau usia domain yang masih baru masuk page one. Dalam kasus ini kita kembalikan lagi pada poin Riset kata kunci.

Setidaknya jika kita sudah melakukan optimasi seo 2019 diatas, sudah bisa bersaing di SERP dan memiliki peluang masuk halaman pertama. Demikianlah sedikit ulasan tentang update seo 2019, semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Pemain Sandiwara Bumi.

2 thoughts on “Update SEO 2019, Apa Masih seperti dulu?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *