3 Tips Jitu Ngeblog Untuk Pemula

Diposting pada

Tips Ngeblog untuk pemula. Saya adalah seorang pemula dalam dunia blog, yang ingin membagikan beberapa tips bermain blog untuk teman-teman sekalian. Belakangan ini banyak sekali teman saya yang ingin membuat blog, dan bertanya:

Ngapain aja di blog?

Gimana caranya membuat blog?

Berapa dapet uang dari blogmu?

Memang semua pertanyaan tersebut sudah saya jawab dan telah saya jelaskan kepada teman-teman saya. Namun ada suatu hal yang membuat saya ingin menuliskan artikel panduan ngeblog untuk pemula ini. Yaitu agar teman-teman yang ingin membuat blog, tau lebih jauh mengenai blog.

Tips Ngeblog untuk pemula

  1. Ketahui kemampuan diri anda.
  2. Tempat membuat blog.
  3. Jangan terburu dengan uang.

1. pertama Ketahui kemampuan anda.

tips ngeblog

Saya katakan anda harus mengetahui kemampuan diri anda sendiri, maksudnya apa yang anda punya dalam pengalaman dan pengetahuan. Maka ketika anda membuat blog nanti, buatlah pembahasan tersebut didalam blog anda.

Jangan coba-coba untuk menulis apa yang tidak kita ketahui, karena itu akan sia-sia, mengapa demikian?.

Orang yang mengerjakan sesuatu tanpa adanya minat, bakat, dan pengetahuan, pasti condong akan lebih mudah menyerah. Sebab tidak tau apa yang selanjutnya harus dikerjakaanya, begitu juga dengan kegiatan ngeblog.

Usahakan seorang blogger itu harus menulis apa yang menjadi pengalamannya dan apa yang diketehuinya, agar kedepannya menjadi lebih mudah lagi.

Contohnya, jika anda seorang siswa jurusan Komputer yang ingin membuat blog, tapi di dalam blog tersebut anda paksakan untuk menulis tentang IPA. Pasti akan susah, karena kita tidak apa minat, dan pengetahuan mengenai hal tersebut.

Lain lagi, jika yang anda tulis itu adalah mengenai Komputer, misalnya saja Pengertian Freeware dan sejenisnya.

Maka dari itu mengetahui kemampuan diri kita sebelum menjadi penulis itu sangat penting, agar nantinya tidak “mogok” ditengah jalan.

2. Yang ke2 (dua) menentukan tempat untuk membuat blog.

Ada banyak sekali jasa penyedia layanan blog baik itu gratis maupun berbayar di Internet. Tapi karena kita baru saja mencoba belajar ngeblog, maka sangat disarankan untuk menggunakan yang gratis saja.

Misalnya Blogspot, yang merupakan layanan ngeblog dari Google. Kita dapat memanfaatkan blogspot untuk memulai menulis artikel.

Selain blogspot ada juga wordpress.com, yang merupakan platform untuk ngeblog secara gratis, namun saya sarankan saja bagi anda untuk gunakan blogspot. Karena penggunaan blogspot lebih mudah ketimbang wordpress.

Dan tutorial mengenai blogspot ada banyak di Internet untuk anda ikuti.

Baca: Cara membuat blog gratis di Blogspot.

3. Point terakhir.

Jika anda ingin membuat blog, saya sangat harapkan jangan terburu-buru dengan uang, sebab banyak sekali orang yang baru mengenai blog tergoda dengan uang. Tanpa mengetahui apa-apa saja yang harus dipersiapkan agar blog bisa menghasilkan uang.

Untuk itu saya hanya dapat memberikan beberapa tips ngeblog untuk anda:

Pahami cara menulis artikel yang baik, misalnya dalam satu paragraph jangan terlalu banyak kalimat. Penggunaan tanda baca yang di sempurnakan lagi (titik, koma, petik, dll).

Didalam dunia blogging nantinya kita akan menemui beberapa istilah yang perlu untuk anda ketahui agar bisa menjadi blogger yang sukses.

Misalnya, Hosting, Domain, SEO, Backlink, Page One, SERP, Keyword (Kata kunci). Itu merupakan sedikit dari banyaknya istilah di dalam blogging yang setidaknya harus anda tau.

Jika anda sudah mengerti itu, saya rasa anda siap untuk mendapatkan uang dari blog.

TIPS TAMBAHAN!!!:

Untuk mengasah pengetahuan kita mengenai website/blogs, saya sangat menyarankan teman-teman untuk sering membaca pengalaman blogger indonesia lainnya. Sering-sering baca artikel dari blogger senior Indonesia, dan gabung group blogger yang respon baik untuk kemajuan blog kita nantinya.

Misalnya blog yang membahas mengenai panduan blogging yang bisa teman-teman kunjungi:

Nah demikianlah sedikit tips ngeblog untuk pemula semoga beramnfaat.

Gambar Gravatar
Pemain Sandiwara Bumi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *