Hikmah Beriman Kepada Hari Akhir

Alhamdulillah, kesempatan ini saya ingin menuliskan mengenai hikmah beriman kepada hari akhir, yang sebelumnya telah menulis tentang. :

Mengimani hari akhir adalah wajib hukumnya bagi setiap muslim, karena hari akhir (kiamat) itu pasti akan terjadi. Kapan waktu terjadinya itu hanya Allah yang tau, dan kita sebagai hamba Allah hanya perlu bersiap atas hari akhir.

Dan semua ciptaan Allah yang lahir di dunia mempunyai hikman karena Allah Swt tidak menjadikan sesuatu sia-sia belaka tanpa tujuan dan hikmah didalamnya. Termasuk kehidupan manusia ini, ada banyak hikmah yang bisa kita pelajari.

hikmah beriman kepada hari akhir

1. Munculnya rasa kebencian yang dalam kepada kemaksiatan dan kebejatan moral yang mengakibatkan murka Allah Swt di dunia dan di akhirat. Contohnya benci kepada berilaku bohong, dusta, sombong, takabbur, riya’.

2. Menyejukkan dan mengembirakan hati orang-orang mukmin dengan seagala kenikmatan akhirat yang sama sekali tidak dirasakan di alam dunia ini.

3. Senantiasa tertanam kecintaan dan ketaatan terhadap Allah Swt dengan mengharapkan mau’nah-Nya pada hari itu.

4. Senantiasa termotivasi untuk beramal baik dengan penuh rasa ikhlas, karena Allah SWT.

5. Senantiasa menghindari niat-niat yang buruk apalagi melaksanakan perbuatan yang buruk, karena dapat merugikan diri sendiri dan orang lain.

6. Menajuhkan diri dari asumsi-asumsi yang mengkiaskan apa yang ada di dunia ini dengan apa yang ada di akhirat kelak.

7. Suka bersedekah di Jalan Allah, ketika kita merasa beriman kepada Allah dan Hari akhir, pasti akan selalu ada niatan untuk bersedekah. Dan selalu percaya bahwa harta yang ada pada diri kita itu hanya titipan, dan harus digunakan di jalan Allah.

Pokok hikmah iman kepada hari akhir diatas ini, bertujuan untuk melatih kita untuk selalu waspada untuk berprilaku, agar tidak merugikan orang disekitar kita. Karena Rasulullah sendiri pernah bersabda “Siapa saja yang beriman kepada Allah dan hari akhir. Hendaknya ia menghormati tamunya”.

Hadist diatas memberi tahu kepada kita, agar selalu menghormati, menyejukan hari tetangga (orang disekitar kita) dengan ikhas.

Nah demikianlah sedikit artikel mengenai hikmah dari beriman kepada hari akhir, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk semuanya. Mohon maaf jika ada kekurangan di dalam penulisan artikel ini.

 

3 pemikiran pada “Hikmah Beriman Kepada Hari Akhir”

Tinggalkan komentar