Pengertian Takdir Muallaq dan Takdir Mubram

Diposting pada

pengertian takdir muallaq dan takdir mubram. Sebagai seorang muslim kita harus percaya dengan takdir, dimana sudah menjadi rukum iman bagi seorang muslim. Takdir sendiri merupakan sebuah ketetapan dari Allah Swt, baik dan buruk suatu hal sudah ditetapkan oleh Allah Swt.

pengertian takdir muallaq dan takdir mubram

Dan takdir itu dibagi menjadi 2 jenis, yaitu takdir muallaq dan takdir mubram, dimana takdir ini berbeda. Takdir Muallaq adalah ketentuan dari Allah yang berlaku bagi seluruh manusia yang bisa dirubah sesuai dengan usaha/ikhtiar kita.

Contohnya dari Bodoh menjadi Pintar, kita dapat merubah diri kita dari awalnya yang tidak tau mengenai sesuatu hal, agar menjadi tau harus belajar. Atau contoh lain, ketika seseorang tidak mengetahui mengenai Komputer lalu orang tersebut belajar dengan bersunguh-sungguh dan jadinya tau, maka itu dinamakan takdir muallaq.

Yaitu sebuah takdi yang dapat dirubah oleh manusia dengan doa dan usaha. Contoh lain, orang miskin menjadi kaya, yaitu dengan rajin bekerja dan sedekah maka orang tersebut akan kaya.

Kesehatan, ketika kita merasa sakit kita dapat merubah sakit tersebut agar menjadi tidak sakit lagi, yaitu dengan usaha minum obat, atau ke dokter untuk periksa.

Lain lagi dengan takdir mubram, pengertian takdir mubram adalah sebuah ketetapan dari Allah yang berlaku bagi manusia yang tidak dapat dirubah sesuai dengan keinginan manusia tersebut.

Contoh dari takdir mubram

 

Jenis Kelamin. Ketika hendak lahir ke dunia ini, kita tidak bisa meminta apa ingin menjadi seorang laki-laki ataupun perempuan. Karena itu sudah kehendak Allah menjadi seorang hambanyak berjenis kelamin apa.

Kematian. Kematian merupakan sebuah takdir yang tidak dapat di rubah oleh seorang pun (takdir mubram). Kita tak dapat merubah waktu mati kita, baik memundurkan ataupun memajukan waktu mati kita, walau hanya sedetik.

Periode Hari kiamat. Takdir yang tidak dapat rubah selanjutnya adalah kapan terjadinya haris kiamat, atau periode hari akhir lainnya. Kiamat itu mutlak kehendak Allah baik itu kiamat sugro maupun kiamat kubro.

Kesimpulan:

Baik takdir muallaq dan takdir mubram sama-sama sebuah ketetapan dari Allah, hanya saja ada yang dapat dirubah (muallaq) dan ada yang tidak dapat dirubah (mubrom).

Demikianlah sedikit referensi mengenai takdir mubram, takdir muallaq dan contoh takdir mubram dan muallaq.

 

Gambar Gravatar
Pemain Sandiwara Bumi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *