Pokok-Pokok Keimanan Pada Hari Akhir Adalah

Diposting pada

Mempelajari pokok keimanan pada hari akhir. Sebagai seorang muslim yang beriman, kita sudah sepatutnya untuk meyakini akan adanya Hari Akhir. Karena bisa dilihat tingkat keimanan seseorang dari sebarapa yakinnya dia dengan perkara pokok hari akhir ini.

Didalam pelajaran PAI, pembahasan pertama yang dibahas adalah mengenai pokok-pokok keimanan pada hari akhir. Dimana sangat penting sekali untuk kita pelajari bersama, sebab dengan mempelajari ini diharapkan sekali iman kita terjaga.

 

Adapun Pokok-Pokok Keimanan pada hari akhir adalah

 

1. Fitnah Kubur.

Setiap yang bernyawa pasti akan mengalami kematian, dan ketika orang yang mengalami kematian pasti akan menuju alam kubur. Dialam kubur tersebut ada yang namanya nikmat kubur, dan ada juga fitnah kubur.

Fitnah kubur adalah beragam pertanyaan yang diajukan kepada orang yang telah meninggal tentang Rabnya, agamanya, nabi, kitab, dan kiblatnya.

Sudah sering kali guru-guru kita menjelaskan bahwa hanya orang yang betul-betul berimanlah yang dapat menjawab pertanyaan itu. Sedangkan orang yang (maaf) tidak beriman tidak dapat menjawab pertanyaan tersebut.

2. Kiamat.

Kiamat di dalam Al quran dijelaskan ada 2, yaitu kiamat Sughro (kecil), dan kiamat Qubro (besar). Kiamat kecil contohnya adalah seperti bencana alam, banjir, gunung meletus, dan meninggalnya seseorang.

Sedangkan kiamat besar adalah hancurnya seluruh alam semesta ini.

3. Hari Kebangkitan.

Hari kebangkitan adalah dimana merupakan proses dibangkitkannya seluruh mahluk dari alam kubur.

4. Hari Berkumpul.

Setelah melalui hari kebangkitan, selanjutnya seluruh mahluk akan dikumpulkan di padang mahsyar untuk mempertanggungjawabkan segala perbuatannya didunia.

Orang akan bertanggungjawab atas semua perbuatan yang telah dilakukan didunia ini, baik itu perbuatan baik ataupun buruk.

5. Hari Perhitungan.

Hari ini adalah hari dimana semua manusia menantikan keputusan yang paling adil dari Rab semesta alam. Tidak ada yang bisa lari dari hari ini, semua akan diadili seadil-adilnya.

Segala amal perbuatan manusia ketika masih hidup di dunia akan dipertanggungjawabkan disini.

6. Shirat atau jembatan.

As-sirat merupakan jembatan yang terbentang diatas neraka menuju surga. Mudah atau sulitnya manusia melewai jembatan ini tergantung dengan amal yang telah dilakukannya. (HR. MUSLIM)

7. Surga dan Neraka.

Surga (jannah) dan neraka (nar) adalah hasil akhir dari segala perbuatan yang dilakukan manusia selama hidupnya. Yang berlaku baik, adik, taqwa akan mendapati surga, namun jika sebaliknya akan masuk neraka.

Nah demikianlah materi singkat mengenai pokok keimanan pada hari akhir dalam pelajaran PAI, semoga dapat bermanfaat,

Baca juga: Periode hari akhir

Gambar Gravatar
Pemain Sandiwara Bumi.

One thought on “Pokok-Pokok Keimanan Pada Hari Akhir Adalah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *