Saat ini, Neo Bank tengah menjadi primadona masyarakat Indonesia terutama kaum milinieal. Mareka adalah golongan orang-orang yang dekat dengan teknologi, kini sudah beralih dari bank konvensional ke Neo Bank.

Berdasarkan data yang dirilis oleh PT Bank Neo Commerce Tbk (BNC), sudah lebih dari 10 juta unduhan Neo Bank di google play store dan juga app store.

Sebenarnya apa yang dimaksud dengan Neo Bank, apa saja ciri-ciri dan juga contoh-contohnya? Mari simak pembahasan selengkapnya pada artikel berikut ini :

 

Apa Itu Neo Bank?

Neo Bank merupakan sebuah istilah tentang bank yang pengoperasionalannya dilakukan full secara online. Mulai dari pembukaan rekening sampai menggunakan tabungan semua dilakukan tanpa tatap muka dengan teller atau customer service.

Neo Bank tidak memiliki jaringan cabang fisik seperti halnya bank konvensional. Namun meski begitu, bukan berarti kegiatan perbankan tidak bisa dilakukan sama sekali.

Banyak yang menyamakan Neo Bank dengan bank digital, namun sesungguhnya kedua istilah tersebut tidak dapat disamakan. Neo Bank merujuk kepada bank yang sepenuhnya bekerja secara online, sementara itu bank digital merujuk kepada bank konvensional yang memberikan tambahan layanan bank secara digital untuk mempermudah transaksi.

 

Kelebihan Neo Bank

Setelah Anda mengetahui apa itu neo bank, berikut ini saya sampaikan beberapa keuntungan apabila Anda menggunakan Neo Bank dibandingkan bank tradisional :

 

Proses yang Mudah dan Serba Cepat

Bank Neo hadir memang untuk hal yang satu ini. Membuat segala proses perbankan menjadi semakin mudah dan sangat cepat.

Bahkan semua prosesnya bisa dilakukan hanya dari ponsel cerdas saja. Tidak perlu panas-panasan atau hujan-hujanan lagi untuk keluar rumah.

 Baca juga: 4 Aplikasi Pencatatan Pemasukan dan Pengeluaran Keuangan 

Biaya Layanan yang Rendah

Bank tradisional memang tidak mewajibkan calon nasabah untuk membayar biaya pendaftaran, tetapi mereka tetap harus melakukan deposit sesuai jenis tabungan yang akan mereka buka.

Berbeda halnya dengan Neo Bank, pendaftarannya benar-benar gratis 100%. Anda tidak diwajibkan untuk melakukan deposit terlebih dahulu, yang paling penting Anda sudah mengisi data-data yang diperlukan dan memenuhi persyaratan administratif, rekening tersebut sudah bisa digunakan.

 

Sangat Aman

Bukan berarti bank konvensional tidak aman sama sekali, akan tetapi Neo Bank dinilai memiliki sistem keamanan yang lebih canggih. Sebab, securitynya bukan hanya PIN saja, tapi ada juga yang lainnya.

Paling umum adalah face-id dan biometrics untuk melakukan login dan otorisasi transaksi. Jadi, tidak sembarangan orang bisa menggunakan akun Anda karena hanya Anda yang memiliki akses penuh rekening tersebut.

 

Bisa Mendapatkan Uang Tambahan

Dengan Neo Bank, Anda bisa memperoleh uang tambahan. Bagaimana bisa?

Perlu untuk diketahui, rata-rata Neo Bank memiliki fitur referal yang bisa dimanfaatkan penggunanya untuk memperbanyak saldo rekeningnya.

Jadi, cara kerja referal ini adalah dengan mengundang seseorang supaya menginstall aplikasi Neo Bank tersebut. Jika orang lain mendownload melalui link atau tautan yang diberikan, maka pengguna tersebut bisa mendapatkan imbalan.

Dan hal seperti ini, tidak akan bisa Anda dapatkan pada bank konvesional. Hal ini juga menjadi nilai plus yang membuat Neo Bank dipilih oleh banyak orang terutama kaum milineal.

 Baca juga: 5+ Aplikasi Perekam Suara di Android Untuk Video Youtube

Contoh Neo Bank di Indonesia

Hingga saat ini, setidaknya ada dua contoh Neo Bank yang cukup terkenal di Indonesia yaitu Neo Bank yang dimiliki oleh PT Bank Neo Commerce TBK dan juga Bank Jago yang berada di bawah naungan PT Bank Jago Tbk.

Jadi, sekarang Anda sudah tau kan apa itu Neo Bank? Saya sudah menjelaskan pilihan tetap ditangan Anda apakah ingin menggunakannya atau tidak.

Bagikan:

Bima Saputra

Sedang berusaha supaya bisa bermafaat buat orang lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *