Terkadang kita ingin merekam suara untuk berbagai kebutuhan, semisal mewancarai seseorang. Sebenarnya, di android sudah ada aplikasi bawaan yang bisa Anda manfaatkan.

Akan tetapi, fitur bawaan tersebut sangat terbatas. Hanya bisa sekedar merekam, namun suara yang dihasilkan biasanya tidak bagus. Maka dari itu, banyak pengguna android yang tidak memakainya.

Untuk merekam suara, selain menggunakan aplikasi bawaan Anda juga bisa memakai aplikasi pihak ketiga yang langsung bisa didownload secara gratis di google play store atau app store.

 

Rekomendasi Aplikasi Perekam Suara di Android Terbaik 2022

Ingin merekam suara tapi jadi jernih dan enak didengar? Anda bisa menggunakan beberapa aplikasi voice recorder yang saya rekomendasikan berikut ini:

 

Smart Recorder

Ingin merekam suara dengan mudah dan hasilnya bermutu tinggi? Anda bisa menggunakan aplikasi Smart Recorder. Ukurannya juga sangat ringan yaitu 3,1 MB saja.

Aplikasi Smart Recoder telah hadir sejak tahun 2014 dan sudah digunakan lebih dari 40 juta pengguna dari seluruh dunia. Selain merekam suara eksternal, Anda juga bisa merekam panggilan telepon lewat aplikasi ini yang juga bisa dinonaktifkan jika memang tidak dibutuhkan.

Anda dapat merekam suara hingga kapasitas 2 GB per rekaman. Selain itu, perekaman tetap bisa dilakukan meski layar dalam keadaan mati.

 

Easy Voice Recorder

Aplikasi perekam suara selanjutnya adalah Easy Voice Recoder dari Digipom. Berukuran kecil 6,4 MB saja serta sudah digunakan lebih dari 50 juta pengguna.

Siapa saja bisa menggunakan aplikasi yang satu ini. Baik itu siswa, mahasiswa, pebisnis, musisi, atau siapa pun Anda.

Hasil suara rekaman sangat berkualitas. Selain itu, Anda dapat menggunakan AMR untuk menghemat penyimpanan. Untuk memulai menggunakannya, bisa lebih cepat melalui widget dan shortcut serta perekam bisa dilakukan di latar belakang.

Selain tersedia versi free, aplikasi Easy Voice Recorder juga ada versi premium. Tentu saja hadir dengan fitur yang jauh lebih lengkap.

 

Perekam Suara Plus

Perekam Suara Plus adalah aplikasi perekam audio yang dirancang sangat mudah digunakan oleh siapa pun. Melalui aplikasi ini, Anda bisa merekam berbagai suara seperti pesan suara, memo, lagu, hingga kicauan burung.

Suara yang dihasilkan sangat bagus dan aplikasi ini mendukung format rekaman suara AAC dan WAV. Perekaman bisa dilakukan di background dan ketika layar mati.

Tidak ada waktu batasan dalam perekaman. Mau berapa lama durasinya, rekam saja aplikasi ini tidak membatasi sama sekali.

 

RecForge II

Aplikasi perekam suara di android yang tidak kalah bagus adalah RecForge. Bahkan bukan hanya bisa merekam, aplikasi ini juga bisa mengedit suara dan membagikannya ke berbagai sosial media.

Aplikasi voice recorder yang satu ini telah mendukung berbagai format seperti mp3, m4a, ogg, wma, opus, flac, speex dan codec wav. Selain itu, lewat aplikasi RecForge II Anda bisa menjadwalkan perekaman kapanpun Anda mau.

Tidak cuma dengan mikrofon bawaan HP, Anda juga bisa menggunakan mikrofon eksternal seperti RODE atau iRiq. Suara bisa dipercepat atau diperlambat sesuai yang Anda inginkan.

Saat merekam, dapat dikontrol langsung dari bilah notifikasi. Tak cukup sampai di situ saja, aplikasi RecForge II juga dapat merekam di latar belakang dan layar dalam keadaan mati.

Aplikasi Perekam Suara Android Ringan

Jika anda bertanya-tanya apakah rekomendasi aplikasi diatas semuanya itu ringan? maka jawabannya adalah iya. Jadi anda tidak perlu kawatir ketika memiliki HP android yang spesifikasi minim, tapi masih ingin membuat konten untuk video youtube anda.

Sebab semua rekomendasi diatas itu aplikasinya hanya memakan sedikit ruang penyimpanan saja

Itulah dia berbagai rekomendasi aplikasi perekam suara di android terbaik untuk rekaman yang lebih jernih. Silakan pilih  mana yang terbaik dan mudah digunakan menurut Anda. Sekian dan semoga bermanfaat.

Bagikan:

Bima Saputra

Sedang berusaha supaya bisa bermafaat buat orang lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *