Punya Lebih dari 1 Blog, Untung apa Rugi?

Mungkin kamu pernah punya pemikiran “semakin banyak blog, semakin cepet sukses“, pemikirian itu bukan suatu hal yang salah. Tapi kamu juga harus mengetahui, bahwa ada sisi lemah dari mengurus banyak blog untuk perorangan.

Endak usah jauh-jauh cari contoh, anggap saja saya sendiri, mengurus blog lebih dari 5 sendirian, ada keuntungan yang bisa dapat, tapi ada juga kekurangnya.

Keuntungan Mengurus Lebih dari 1 Blog.

Oke., Kita bicara enaknya dulu tentang mengelola blog yang banyak.

Bukan menjadi rahasia lagi, kalau punya blog yang banyak itu bisa dijadikan “asset” masa depan, dimana blog yang jumlahnya banyak ini bisa dijadikan pasive income. Dengan cara berjualan backlink PBN.

Endak semua orang bisa melakukan ini, hanya blogger yang punya kemauan tinggi, dengan kerja keras tanpa kenal lelah saja yang mungkin bisa seperti ini.

Saya endak termasuk ya hehe.

Banyak praktisi SEO yang memiliki blog lebih dari satu untuk keperluan optimasi websitenya, mungkin juga untuk membuka Jasa SEO untuk clientnya.

Tidak itu saja, enaknya lagi punya blog banyak itu bisa berkesempatan menang di Kontes SEO.

Tanya saja sama blogger yang sering menang Kontes SEO, “berapa banyak blognya mas?”, kalau dijawab ya syukur. Tapi kebanyakan endak mau nyebutin secara spesifik, paling ya dikasi kode “lebih dari 1 mas, hehe”.

Ya namanya juga “Asset” gak bakal dibocorin lah bro!.

Meningkatkan Rank Website Utama.

Punya banyak blog juga bisa dijadikan “Senjata” untuk meningkatkan peringkat website utama kita, atau sering disebut Money Site. Caranya ya cukup mudah, tinggal arahin backlink aja ke website utama. Nanti perlahan pasti peringkatnya naik.

Kerugian Punya Lebih dari 1 Blog.

Udah, sekarang kita bicara kelemahannya, biar gak melulu enak.

Fokus Endak Maksimal.

Beda kalau kita ngurus blog satu saja, itu fokusnya lebih maksimal, endak mikirin konten lain, endak mikirin biaya untuk blog lain, dah intinya lebih fokuslah kalau punya 1 blog.

Dan yang paling kerasa kalau ngurusin blog banyak itu adalah “Capek”, karena harus nulis artikel banyak untuk blog-blog tersebut. Harus mikirin biaya Hosting dan Domain (kalau pake).

Belum lagi kalau ngalamin kerugian, duh!!

Pusingnya minta ampun dah.

Memang perlu manajemen yang baik kalau urusan ngurus blog yang banyak kayak gini. Kalau mau serius dalam blogging, mungkin kamu bisa coba tambah blog kamu perlahan-lahan.

Banyak blogger yang bisa kita contoh, sebut saja Ibrahim Vatih, Candra Bi, Zamhari, dan banyak lagi, yang endak saya tau hehe. Mereka sukses mengelola lebih dari 1 blog. Ada yang sekali transaksinya bisa buat biaya hidup bertahun-tahun.

Endak bohong kok!!

Tanya aja sama mereka.

Tips Mengelola Banyak Blog.

Waduh, saya belum bisa dikatakan sukses, jadinya endak ada tips mengelola blog banyak sekaligus.

Tapi kalau masih dibawah 10, mungkin oke lah.

Kamu bisa buat blog dengan Niche atau Topik yang berbeda, sehingga saat update artikel itu endak bingun ngasi jatahnya. Karena semua blog memiliki topik yang berbeda.

Misalnya blog pertama topiknya Komputer, blog kedua topiknya Bisnis, blog ketiga topiknya lifestyle, dan seterusny…

Tapi kalau kamu ngerasa capek, dan butuh istirahat, tapi keperluan update artikel harus dilakukan, kamu bisa pake jasa penulis artikel saja. Banyak yang jual artikel murah, dengan kualitas yang macam-macam.

Kadang saya juga pakai cara ini, lumayan sering beli artikel.

1 Hosting Untuk Beberapa Domain.

Misalnya kamu mutusin untuk pake wordpress self host, saya sarankan untuk sewa 1 hosting saja untuk beberapa domain. Itung-itung juga untuk menekan pengeluaran, dan masih memulai. Jadi ya oke-oke aja misal 1 hosting untuk 3-4 Domain.

Udah segitu dulu curhatnya ya hehe, jangan lupa bersyukur hari ini.

Tinggalkan komentar