Hal Apa Saja Yang dapat Membatalkan Puasa Kita

Hal Yang Membatalkan Puasa – Berpuasa sejatinya memberikan banyak sekali manfaat, baik untuk Jasmani maupun Rohani kita. Puasa disyariatkan dalam Agama kita didalam Rukun Islam, tepatnya rukun islam yang ke empat. Bahkan rutin menjalankan ibadah puasa juga memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh kita.

Diantara manfaat berpuasa adalah menjaga kesehatan organ pencernaan kita, karena saat puasa itu, tidak semua jenis makanan masuk ke tubuh kita. Sehingga kemungkinan racun yang masuk ke dalam tubuh kita itu sangat sedikit, yang menjadikan tubuh kita tetap dalam keadaan sehat.

Ayat tentang Anjuran dan Kewajiban Berpuasa.

Dalil tentang Puasa – Di dalam Al-Qur’an sendiri dijelaskan mengenai pentingnya berpuasa, dan anjuran untuk mengerjakan puasa, khususnya di bulan Ramadhan. Coba perhatikan ayat Al Baqarah ayat 183 ini:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

 

Dalam ayat tersebut, sudah sangat jelas sekali, bahwa kita dianjurkan bahkan diwajibkan untuk berpuasa, tidak lain dan tidak bukan untuk membuat kita bertakwa kepada Allah. Karena dengan melakukan puasa, kita itu menjadi lebih dekat dengan sang maha pencipta, yang meciptakan kita.

Apa itu Puasa?

Mungkin kita juga harus mengetahui definisi Puasa itu, supaya bisa meningkatkan pemahaman kita serta bisa memberikan dampak baik kepada ibadah puasa kita.

Puasa itu adalah kegiatan menahan diri dari makan dan minum, serta sesuatu hal yang dapat membatalkan puasa, mulai dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari (magrib). Dibarengi dengan niat yang ikhlas karena Allah.

Secara sederhananya Definisi Puasa itu seperti diatas, nah selanjutnya kita bahas mengenai hal apa saja yang bisa membatalkan puasa kita, baik itu puasa wajib maupun puasa sunnah.

Hal Yang Membatalkan Puasa.

1. Makan dan Minum dengan sengaja.

Saat dalam kedaan berpuasa (siang hari), jika kita puasa, tapi sengaja makan dan minum dalam keadaan sadar, maka itu dihukumi sebagai puasanya batal. Kecuali orang yang tak sadar atau lupa kalau dia sedang puasa, terus tiba-tiba dia makan. Dan ketika itu juga dia ingat bahwa dia puasa, dan berhenti makan, maka itu tidak apa-apa.

Puasanya itu masih dihitung sah, tapi dengan syarat, bahwa memang benar-benar lupa kalau sedang puasa.

2. Berhubungan Badan.

Berhubungan badan atau jima’ ketika puasa atau sebelum magrib itu bisa membatalkan puasa, walaupun pasangan kita itu Halal, tapi saat keadaan berpuasa itu tetap bisa membatalkan puasa.

Sebagaimana yang dijelaskan dalam Qur’an surat Al baqarah ayat 187:

“Dihalalkan bagi kamu pada malam hari bulan puasa bercampur dengan isteri-isteri kamu; mereka adalah pakaian bagimu, dan kamupun adalah pakaian bagi mereka. Allah mengetahui bahwasanya kamu tidak dapat menahan nafsumu, karena itu Allah mengampuni kamu dan memberi maaf kepadamu. Maka sekarang campurilah mereka dan ikutilah apa yang telah ditetapkan Allah untukmu, dan makan minumlah hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam, yaitu fajar. Kemudian sempurnakanlah puasa itu sampai (datang) malam, (tetapi) janganlah kamu campuri mereka itu, sedang kamu beri’tikaf dalam mesjid. Itulah larangan Allah, maka janganlah kamu mendekatinya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepada manusia, supaya mereka bertakwa.”

3. Keluarnya Sperma dengan Sengaja.

Ini bisa terjadi ketika membayangkan suatu hal yang negatif, porno, dengan sengaja/sadar, sehingga membuat air mani itu keluar. Dan ini membuat puasa kita itu batal. Kecuali kalau dalam keadaan tertidur tiba-tiba mimpi basah, itu dihukumi tidak batal puasanya, karena tidur itu keadaan orang yang tak sadarkan diri.

4. Gila.

Orang yang gila puasanya itu tidak sah, karena syarat sahnya puasa itu adalah kita sadar akan ibadah yang kita lakukan itu.

5. Haid atau Nifas.

Perempuan yang sedang puasa, tiba-tiba kedatangan haid, maka itu dihukumi batal puasanya, dan dianjurkan untuk mengganti puasanya tersebut di hari selanjutnya. Misalnya saja di bulan ramadhan sudah berapa kali batal puasanya, nanti diganti setelah bulan ramadhan berakhir.

Hal yang membatalkan puasa yang dijelaskan diatas itu berlaku untuk puasa wajib dan puasa sunnah. Ada juga perkara bilamana kita kerjakan akan mengurangi pahala puasa bahkan menghilangkan pahala puasa kita.

Hal Yang Mengurangi Pahal Puasa.

1. Berbohong atau Dusta.

Kebiasanya bohong atau dusta merupakan salah satu ciri sifat orang munafik, kita harus hindari hal ini. Selain bisa masuk ke golongan orang munafik, bohong saat puasa juga berpotensi menghilangkan pahala puasa. Walau puasanya sah, tapi apa untungnya kalau gak dapat pahala?.

2. Menggunjing atau Ngerasani Orang lain.

Gibah salah satu perkara yang sangat buruk, hingga-hingga menjadi penyebab pahala puasa orang berkurang karenanya.

3. Sumpah Palsu.

Sama dengan berdusta, jika sumpah palsu dilakukan saat puasa, maka itu akan menyebabkan pahala puasa habis.

4. Melihat dengan Syahwat.

Zina, pacaran itu perkara yang memang dilarang dalam agama, apalagi ini dilakukan saat puasa, tentunya menjadi kerugikan yang besar bisa kita melakukannya.

5. Adu Domba.

Seharusnya puasa itu menjadi waktu yang terbaik untuk menanangkan diri, tapi malah melakukan adu domba, sungguh perbuatan yang sangat buruk. Sehingga dapat menjadikan pahala puasa habis.

Bedanya Puasa Wajib dengan Puasa Sunnah.

Perbedaannya itu terletak dikewajibannya, kalau puasa wajib (ramadhan) itu diwajibkan bagi seorang muslim yang sudah baligh, bila dikerjakan dapat pahala. Kalau tidak dikerjakan, maka akan mendapatkan dosa.

Sedangkan puasa sunnah, seperti senin kamis, dawud, rajab, itu bila dikerjakan akan mendapatkan pahala, sedangkan kalau tidak dikerjakan itu tidak akan mendapatkan suatu dosa.

Manfaat Mengerjakan Puasa Dunia Akhirat.

manfaat puasa

Tentunya segala sesuatu kebaikan/ibadah yang kita lakukan itu mendatangkan suatu manfaat yang sangat berguna bagi kehidupan kita, baik di dunia maupun di akhirat kelak. Termasuk puasa ini, ada banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan:

1. Menjaga Berat Badan.

Berpuasa itu karena menahan makan dan minum disiang hari, bisa menjadikan berat badan kita itu terjaga, artinya tidak akan berlebihan atau naik karena banyak makan.

2. Mengurangi Racun dalam Tubuh.

Karena biasanya saat belum puasa itu kita sering makan banyak dan sembarangan, jadinya didalam tubuh kita itu banyak racunnya yang perlu dikeluarkan. Nah salah satu cara terbaik untuk mengeluarkan atau mengurangi racun dalam tubuh kita adalah dengan puasa.

3. Bentuk Iman kepada hari Akhir.

Karena puasa sifatnya itu ibadah yang “Sembunyi”, tidak ada yang tau kecuali Allah, kalau kita itu puasa atau tidak. Sehingga bisa menjadikan latihan diri kita  dalam iman terhadap hari akhir. Dimana padahal yang akan didapatkan oleh orang yang berpuasa itu akan dibalas langsung oleh Allah di akhirat nanti.

Nah sekiranya itu sedikit penjelasan mengenai dalil yang mewajibkan puasa, manfaat puasa, pengertian puasa, hingga hal yang dapat membatalkan Puasa.

Tinggalkan komentar