Dalil Yang Mewajibkan Berpuasa Ramadhan

Bismillah, teman-teman kali ini kita akan membahas mengenai ayat atau dalil yang mewajibkan kita untuk berpuasa dibulan ramadhan sebagia umat Islam. Berpuasa merupakan kegiatan yang dilakukan dengan cara menahan lapar dan menahan haus, juga menahan diri dari perbuatan buruk (nafsu).

Ada banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan jika kita melakukan puasa, mulai dari kesehatan tubuh, hingga kesehatan untuk rohani kita. Bahkan didalam dunia medis, puasa itu sangat dianjurkan dilakukan, karena begitu dahsyatnya manfaat yang bisa kita dapatkan dari berpuasa.

Lantas adakah ayat yang mewajibkan kita untuk berpuasa?, tentu jawabannya ada, bahkan Allah langsung yang nyuruh kita untuk berpuasa di bulan ramadhan.

Dalil yang mewajibkan berpuasa Ramadhan.

Dalil yang mewajibkan kita untuk puasa adalah Surat Al Baqarah ayat 183“:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَۙ

Yang artinya “Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa”

Dari ayat diatas sudah sangat jelas sekali bahwa berpuasa di bulan ramadhan diwajibkan bagi kita sekalian, tujuannya adalah agar kita bertakwa kepada Allah.

Nah itulah dalil yang mewajibkan kita untuk melakukan puasa di bulan suci ramadhan, semoga artikel singkat ini dapat bermanfaat.

Baca juga: Hikmah beriman kepada hari akhir.

Satu pemikiran pada “Dalil Yang Mewajibkan Berpuasa Ramadhan”

Tinggalkan komentar