Apa Saja Tahapan-tahapan Hari Akhir

Diposting pada

Sebagai seorang Muslim, beriman kepada adanya hari akhir merupakan suatu hal yang wajib, karena setelah ada mahluk yang namanya kematian. Dan setelah kematian, barulah ada kehidupan yang kekal abadi di akhirat kelak.

Sebelum manusia masuk ke surga atau neraka, ada tahapan yang harus dilalui, antaranya sebagai berikut:

Tahapan hari akhir

Yaumul Barzah adalah masa dimana manusia akan menunggu sebelum melanjutkan ke alam akhirat setelah meninggal dunia. Alam barzah ini disebut sebagai alam pemisa antara dunia dan alam kubur.

Yaumul Ba’ats adalah hari dibangkitannya seluruh makhluk, tanpa  terkecuali, baik dari Nabi Adam a.s sampai manusia terakhir.

Yaumul Mahsyar adalah hari dikumpulkannya seluruh makhluk di padang yang sangat luas, yaitu padang mahsyar.

Yaumul Mizan adalah hari dilakukannya penimbangan amal baik serta amal buruk yang dilakukan oleh manusia semasa hidupnya.

Yaumul Hisab/ hari pembalasan adalah hari dilakukannya perhitungan terhadap amalan yang dikerjakan tiap manusia. Baik itu kecil maupun besar, atau amal baik ataupun juga amal buruk seadil-adilnya. Sehingga tidak ada manusia yang merasa merasa dirugikan.

Yaumul Jaza adalah hari dilakukannya pembalasan seluruh amal dan perbuatan selama di dunia. Bagi orang yang berbuat baik, taat Allah dan Rasulullah, maka Surga adalah balasannya. Sedangkan bagi orang yang tidak mau taat kepada Allah, maka Nerakalah balasannya. Semua sudah dibalas dengan seadil-adilnya.

Pembahasan lengkap mengenai materi Hari akhir ini bisa dibaca pada artikel: Periode Hari akhir.

Serta jangan lupa baca materi lainnya:

Hikmah Beriman kepada hari akhir.

Pokok Keimanan pada hari akhir.

Nah demikianlah pembahasan mengenai tahapan atau periode hari akhir alam semesta ini, semoga dapat bermanfaat.

Gambar Gravatar
Pemain Sandiwara Bumi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *