Tujuan UKK Siswa SMK

Sebelumnya saya sudah tuliskan mengenai Pengertian UKK, yang masih erat katiannya dengan apa sih tujuan UKK itu? kenapa harus ada UKKuntuk siswa SMK.

Diartikel ini saya akan sedikit menjelaskan mengapa UKK itu penting untuk dilakukan, dan diterapkan di Sekolah Menengah Kejuruan di Indonesia.

Tujuan UKK.

Menurut Permendikbud Nomor 34 Tahun 2018 tentang Standar Nasional Pendidikan SMK/MAK, tujuan penilaian hasil belajar atau UKK adalah untuk:

(1) Mengetahui tingkat capaian hasil belajar/kompetensi peserta didik.

(2) Mengetahui pertumbuhan dan perkembangan peserta didik.

(3) Mendiagnosis kesulitan belajar peserta didik.

(4) Mengetahui efektivitas proses pembelajaran.

(5) Mengetahui pencapaian kurikulum.

Namun pada kenyataannya masih banyak sekolah yang belum memahami esensi penilaian dan memenuhi tujuan penilaian seperti standar yang telah ditetapkan.

Uji Kompetensi Keahlian (UKK) merupakan suatu penilaian yang dilaksanakan khusus untuk siswa SMK guna mengukur pencapaian kompetensi peserta didik yang setara dengan kualifikasi jenjang 2 (dua) atau 3 (tiga) pada KKNI.

UKK dilaksanakan di akhir masa studi oleh Lembaga Sertifikasi Profesi atau satuan pendidikan terakreditasi bersama mitra dunia usaha dan dunia industri.

Hasil UKK bagi peserta didik akan menjadi indikator pencapaian standar kompetensi kelulusan. Sedangkan bagi stakeholder hasil UKK dijadikan sumber informasi atas kompetensi yang dimiliki calon tenaga kerja.

referensi: http://psmk.kemdikbud.go.id/konten/4578/uji-kompetensi-keahlian-tahun-pelajaran-20192020

Nah kira-kira gimana nih menurut kalian, apa UKK penting?

Menurut saya sih sangat penting, karena menyangkut keahlian kita dalam dunia Usaha nantinya, agar kita benar-benar terlatih dengan jurusan yang kita pilih di SMK.

Tinggalkan komentar