Pengertian UKK Uji Kompetensi Keahlian

Bagi Siswa kelas 3 SMK, mereka akan mendapatkan suatu ujian UKK, apapun jurusan yang diambilnya, terlebih lagi Jurusan Teknik. Adapun tujuan dari UKK atau Uji Kompetensi Keahlian ini adalah untuk menguji kemampuan siswa didalam bidang yang telah Ia pelajari sebelumnya.

Sebagai contohnya, saya itu siswa SMK Jurusan TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan), tes UKKnya itu seputar jaringan Miktorik, Server Linux dan Bongkar Pasang Komputer. Agar mendapatkan sertifikat kejuruan, perlulah kita lulus dalam tes UKK ini.

Sampai sini pahamkan mengenai apa itu UKK?

Istilah Umum didalam UKK

Uji Kompetensi Keahlian :

Ini merupakan suatu bagian Ujian Nasional pada Sekolah tingat Menengah Kejuruan yang terdiri dari beberapa Ujian Teori Kejuruan siswa serta  Ujian Praktik Kejuruan.

Skema Sertifikasi :

Paket kompetensi dan persyaratan spesifik yang berkaitan dengan kategori jabatan atau keterampilan tertentu dari seseorang.

Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Pihak ke-1 :

SMK pelaksana uji kompetensi dan sertifikasi kompetensi yang telah mendapatkan lisensi dari BAdan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Sertifikasi Komptensi :

Bukti pengakuan tertulis atas penguasaan kompetensi kerja pada jenis profersi tertentu yang diberikan oleh lembaga yang berwenang sesuai peraturan perundangan.

Asesmen / Uji Kompetensi :

Proses penilaian baik teknis maupun non teknis melalui pengumpulan bukti yang relavan untuk menentukan apakah seseorang kompeten atau belum kompeten pada suatu unit kompetensi atau kualifikasi tertentu.

Tempat Uji Kompetensi :

Tempat asesmen / uji kompetensi yang memenuhi persyaratan sebagai tempat untuk melaksanakan asesmen  / uji kompetensi sesuai dengan materi dan metode ases men / uji kompetensi yang akan dilaksanakan.

Assesor Kompetensi :

Seseorang yang memiliki kompetensi dan memenuhi persyaratan untuk melakukan dan / atau menilai asesmen / uji kompetensi pada jenis dan kualifikasi tertentu.

Peserta Uji Kompetensi Keahlian :

Peserta yang terdaftar sebagai peserta Ujian Nasional SMK sebagaimana diatur dalam POS UN Tahun Pelajaran 2015/2016

Nah itulah mengenai Pengertian UKK, dan beberapa istilah umum didalam tes Uji Kompetensi Kejuruan di SMK.

referensi: https://tipsagung.wordpress.com/2016/01/14/pengertian-umum-tentang-ukk/

Satu pemikiran pada “Pengertian UKK Uji Kompetensi Keahlian”

Tinggalkan komentar