Pengertian Keyword, Jenis, dan Contoh Keyword

Dasarnya sih keyword itu dalam Bahasa Indonesia adalah Kata Kunci, kata kunci ini digunakan oleh pengguna untuk mencari informasi di Internet/ Search Engine.

Oke, gampangnya gini.

Kamu lagi buka Google, pingin cari sesuatu yang kebetulan kamu butuh banget informasi tentang itu, misalnya “tips ganteng maksimal” terus kamu Enter.

contoh keyword

Nanti Google bakalan munculin hasil yang berkaitan tentang tips kegantengan, tips untuk menjadi ganteng, atau tips merawat tubuh agar ganteng maksimal.

contoh keyword

 

 

 

 

Itu semua akan muncul saat kamu cari hal yang seperti itu. Nah itulah yang dinamakan Keyword.

Sampai sini sudah paham ya?

Fungsi Keyword

Fungsi utama dari keyword ini adalah untuk mempermudah pengguna dalam mencari informasi yang dibutuhkan. Bayangin aja kalau sistem keyword gak ada di Google. Pas nyari cara biar ganteng, eh yang keluar malah cara memancing, hehe kan gak lucu. Nah itulah fungsi algoritma dari Keyword.

Jenis-Jenis Keyword Yang Ada.

Berdasarkan jumlah katanya, keyword itu ada dua, yaitu Short Tail Keyword, dan Long Tail Keywords.

Ya mudahnya, kata kunci pendek dan kata kunci yang panjang. Contohnya seperti apa?

Contoh Short Tail dan Long Tail keyword:

“Mobil Bekas, Sewa Mobil, HP Murah, Service Laptop, Service Kamera, Kamera Bekas, Toko Online, Pengertian Keyword, Pulsa Gratis, Kopi Jujur, dll”. Ini merupakan contoh dari Short tail keyword. Yang biasanya terdiri dari 1-2 Kata saja.

Keyword jenis ini biasanya tingkat pencarian perbulan itu sangat tinggi, jadi sangat menguntungkan sekali bagi blogger/penulis artikel yang punya blog. Kalau berhasil artikel mereka dengan short tail keyword masuk ke halaman satu Google, bisa banjir visitor tuh.

Tapi disisi lain ada kesulitannya, karena tingkat pencarian tinggi, otomatis tingkat persaingan juga tinggi, jadi ya harus lomba-lomba biar dapet posisi satu Google.

Kedua ada Long Tail Keyword, atau Keyword yang Panjang. Keyword ini itu biasanya turuan dari keyword short tail. Misalnya kalau short tailnya itu “Service laptop”, maka long tail keyword nya “service laptop murah bergaransi di Bali” atau “service laptop murah cepat beragaransi”, dst.

Kelebihan menggunakan long tail keyword adalah tingkat persaingan cendrung lebih rendah, jadinya kesempatan untuk masuk ke halaman satu Google itu lebih besar.

Jenis Keyword Berdasarkan Waktunya.

Ada juga jenis keyword berdasrkan waktu, ada keyword abadi ada keyword musiman.

Keyword abadi itu jenis keyword yang sering dicari oleh banyak orang, setiap tahun ada yang nyari, walau lima tahun berlalu, keyword itu tetap akan dicari oleh orang-orang.

Misalnya itu seperti “pengertian keyword, pengertian internet, pengertian komputer, peluang bisnis online, peluang usaha modal kecil, dst”. Intinya yang menjadi kebutuhan orang dan sering dicari orang, itu keyword abadi.

Sedangkan keyword musiman itu seperti berita yang lagi viral, mungkin tingkat pencariannya tinggi, tapi itu gak bertahan lama, palingan 1 bulan, sudah sepi. Misalnya itu lagu-lagu yang lagi viral di Youtube.

Atau berita Viralnya Tiktok, Goyang Tiktok, Lagu DJ Viral, jenis seperti ini yang setiap bulan berganti, maka pencarian keywordnya juga akan terus berganti (tidak abadi). Makanya disebut keyword musiman.

Hubungan Keyword dengan SEO.

Pemilihan keyword yang tepat itu sangat erat hubungannya dengan SEO, kalau ngasal menulis kata kunci untuk artikel, bisa-bisa gak bakalan masuk halaman satu Google. Dan gak bakalan bisa ditemuin sama orang-orang, jadinya artikelnya nganggur.

Intinya, untuk mempermudah meperaktikan SEO, usahakan nulis artikel itu dengan keyword yang berkesempatan dicari oleh orang lain, gak perlu volume pencarian tinggi dulu. Misalnya itu keyword tentang tugas sekolah, itu tingkat persaingan kecil, tapi volume pencarian itu lumayan tinggi.

Tak kasih contoh keyword low competitor, namun high pencarian:

Pengertian dan hambatan DSL merupakan tugas sekolah anak SMK jurusan TKJ, ada banyak jurusan TKJ di Indonesia, pasti tugas mereka hampir sama. Nah kamu bisa buat artikel yang sedemikian ini, nanti pasti dicari oleh anak-anak TKJ.

Mau jurusan kamu apa, pasti ada kesamaan dengan sekolah lain, jadi tulis aja dulu untuk catatan pribadi, seperti yang saya lakukan. Tau-tau aja rame yang baca.

Gimana Cara Mengetahui Jumlah Pencarian Keyword di Google?

Tahapan ini dinamakan riset keyword, ada beberapa tool yang bisa digunakan, dan biasa digunakan oleh Blogger lainnya juga. Tapi kebanyakan tool itu sudah tidak gratis lagi, tapi masih bisa dipakai. Tutorial riset keyword bakalan saya tulis di artikel lain.

Bocoran Cara riset keyword:

Cara sederhana yang bisa kita lakukan untuk riset keyword adalah dengan ketik keywordnya langsung di Google lalu Enter. Nanti muncul hasil pencarian perbulan diatas. Kalau tinggi, berarti banyak orang yang cari mengenai keyword tersebut.

Sampai sini, gas aja buat artikel tentang keyword itu.

Kesimpulan:

Pengertian Keyword merupakan kata kunci yang kita cari di Mesin Pencari untuk mendapatkan informasi yang sesuai dengan kebutuhan kita. Setidaknya ada jenis keyword berdasarkan jumlah kata dan waktu.

Tinggalkan komentar