Pengertian DSL, Hambatan Bagi Pengguna DSL dan Tipe DSL

Halaman ini merupakan tugas harian pelajaran Teknologi Layanan Jaringan yang membahas mengenai Pengertian DSL, Kelebihan, Kekurangan serta Tipe DSL.

Pengertian DSL

Pengertian DSL (Digital Subcriber Line) merupakan sebuah teknologi yang memungkinkan pengguna terhubung ke Jaringan Internet malalui media kabel telepon. Biasanya DSL juga dikenal dengan istilah Dial Up.

Kelebihan dan Kekurangan DSL

Kelebihan:

  1. Keamanan data terjaga dengan baik.
  2. Harga relatif lebih murah.

Kekurangan:

  1. Terdapat loads coils dan bridged taps.

Hambatan bagi pengguna DSL.

  1. Panjang saluran telepon ke pelanggan lebih dari 18.000 feet.· Beberapa bagian saluran telepon menggunakan serat optik
  2. Terdapat banyak load coil dan bridged taps pada saluran telepon
  3. Pelanggan harus berhubungan dengan lebih dari satu perusahaan untuk mendapat layanan dan pemecahan masalah berarti birokrasi yang panjang dan lama.
  4. Informasi teknis sukar diperoleh.· Kurang tenaga terlatih untuk memasang perangkatnya
  5. Instalasinya hanya mendukung OSs tertentu misal Windows dan MacOS tapi tidak mendukung Linux.
  6. Interupsi layanan sering terjadi
  7. Selalu terhubung dengan LAN sehingga mungkin menimbulkan masalah keamanan.

Tipe-tipe DSL

  1. IDSL (ISDN Digital Subscriber Line)
  2. SDSL (Symmetric Digital Subscriber Line)
  3. ADSL (Asymetric Digital Subscriber Line)
  4. VDSL (Very high-bit-rete Digital Subscriber Line)
  5. HDSL (High data rate Digital Subscriber Line)
  6. RDSL (Rate Adaptive Digital Subscriber Line)

Mekanisme Kerja dari DSL

DSL bekerja menggunakan kabel telepon standar yang terbuat dari tembaga, saat ini kabel telepon jenis tersebut sudah banyak tersambung dan tersedia luas ke rumah-rumah atau kantor-kantor.

Teknologi DSL ini membawa kedua sinyal analog serta digital pada satu kabel. Sinyal digital untuk komunikasi data sementara sinyal analog untuk suara sperti halanya yang digunakn telepon sekarang yang disebut sebagai POTS (Plain Old Telephone System).

Kemampuan untuk memisahkan sinyal suara dan data ini adalah merupakan suatu keuntungan. DSL akan mengkoneksikan dan membawa sinyal digital untuk komunikasi data dan bekerja dengan menggunakan modem khusus (disebut modem DSL) untuk membaca (encode) data tersebut dan kemudian mengirimkannya melalui frekuensi yang tidak terpakai pada kabel telepon tersebut.

DSL memanfaatkan frekwensi tinggi untuk mengirim data dan frekwensi rendah untuk menyalurkan suara /faximili. DSL menjadi penting dan menjadi pilihan, pada saat pengguna mulai mencari kecepatan akses untuk koneksi internet.

Tanpa harus pusing dan bosan menunggu bermenit-menit hanya untuk membuka satu halaman internet apalagi dapat menikmati layanan multimedia melalui internet, seperti menyaksikan layanan video, konferensi melalui video (kamera) atau layanan online lainnya dan harganya bisa murah Jaringan PSTN (Public Switch Telephone Network) yang ada dirancang untuk komunikasi suara yang hanya berlngsung sebentar sekitar tiga sampai lima menit.

Nah itulah materi dari Pengertian DSL, semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar