Pengertian Kemiskinan Adalah, dan Penyebab Kemiskinan

Diposting pada

pengertian kemiskinan. Kemiskinan adalah dimana suatu kondisi tidak memiliki cukup uang untuk dapat memenuhi kebutuhan pokok. Contohnya adalah seperti makanan, pakaian dan tempat tinggal. Namun kemiskinan lebih dari sekedar tidak punya cukup uang.

Menurut Organisasi Bank Dunia Kemiskinan itu adalah:

Kemiskinan adalah kelaparan, kemiskinan adalah kurangnya tempat tinggal, kemiskinan adalah sedang sakit tapi tidak bisa ke dokter. Kemiskinan tidak memiliki akses ke sekolah, dan tidak tau cara membaca.

Kemiskinan itu tidak memiliki sebuah pekerjaan, takut akan masa depan. Kemiskinan memiliki banyak wajah berubah dari satu tempat ke tempat lain dan sepanjang waktu.

Selain kekurangan uang, kemiskinan adalah tentang tidak dapat berpartisipasi dalam kegiatan rekreasi. tidak dapat mengirim anak-anak dalam perjalanan dengan teman sekolah mereka. Tidak mampu membayar obat untuk suatu penyakit.

Selain itu miskin adalah orang-orang yang tidak dapat membayar makanan dan tempat tinggal, tidak dapat mempertimbangkan pengeluaran lain.

Kemiskinan ini mencakup kehidupan, dimana dalam kondisi:

 

  1. Tidak mampu memenuhi kebutuhan dasar.
  2. Tidak mendapatkan pendidikan yang layak.
  3. Tidak mendapatkan perawatan kesehatan yang baik.
  4. Tidak dapat mengakses layanan sosial dengan baik.

Ambang kemiskinan ini dimulai dengan ketakutan akan masa depan dan meluas hingga mencakup ketergantungan, penindasan, dan bahkan eksploitasi.

Karena ukuran kemiskinan yang lebih besar ini memperluas kontributor dan penyebab kemiskinan, Bank Dunia mengembangkan indikator untuk menilai dimensi kemiskinan non-pendapatan juga. Indikator tersebut meliputi pendidikan, kesehatan, akses ke layanan sosial, kerentanan, pengucilan sosial, dan akses ke modal sosial.

Bagaimana Kemiskian Terjadi?

Keluarga dan anak-anak miskin yang tinggal di negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah di dunia sangat rentan, tidak berdaya dan takut. Mereka tergantung pada orang lain. Hak dan kebebasan mereka dibatasi. Mereka hidup tanpa dukungan, di sela-sela, menyaksikan pertumbuhan ekonomi dan kemakmuran berlalu begitu saja.

Kemiskinan dapat ditandai dengan:

  

  1. Hubungan yang menderita. 
  2. Selalu harus mencari orang lain, atau bekerja untuk orang lain.
  3. Sendirian, tidak didukung, tidak terlibat, dan “tidak pernah diajak berkonsultasi”.
  4. Tidak punya apa-apa untuk dimakan, tidak memiliki sarana untuk memenuhi pakaian dan kebutuhan.
  5. Keuangan dan tidak memiliki apa pun untuk dijual.
  6. Hak dan kebebasan terbatas.
  7. Ketidakmampuan untuk membuat keputusan, memberi makan atau berpakaian sendiri, atau untuk bertindak atas inisiatif sendiri.

Nah demikianlah mengenai Pengertian Kemiskinan secara luas, semoga dapat bermanfaat.

referensi:
https://www2.gnb.ca/content/gnb/en/departments/esic/overview/content/what_is_poverty.html
https://www.compassion.com/poverty/what-is-poverty.htm

Gambar Gravatar
Pemain Sandiwara Bumi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *