pengertian dan cara kerja softswitch
pengertian dan cara kerja softswitch

Softswitch: Pengertian, Cara Kerja Softswitch

Diposting pada

Pengertian Softswitch dan Cara Kerja Softswitch. Kali ini akan membahas mengenai sebuah server softswitch dalam jaringan komputer. Di dalam jaringan telekomunikasi kita mengenal istilah softswitch. Apa itu softswitch? yuk kita cari tau mengenai softwitch tersebut.

Pengertian softswitch dan cara kerja softswitch

Pengertian softswitch adalah sebuah alat dalam telekomunikasi yang mampu untuk menghubungkan panggilan telepone dari saluran satu ke saluran satunya lagi.

Bisa juga diartikan bahwa softswitch itu merupakan alat yang menghubungkan jaringan sirkuit dengan jaringan paket.  Yang termasuk didalam jaringan tersebut adalah jaringan telepone PSTN, Tv, Jaringan data seluler, dan jaringan Internet.

Cara kerja dari softswitch

Antara MCG dan MG sendiri akan saling berhubungan dengan protocol Megaco atau MGCP (Media Gateway Control Protocol).

Sementara itu, satu MGC akan berhubungan dengan MGC lain, baik itu yang berada di jaringan yang sama maupun berbeda, dengan mengirimkan protocol sinyal tertentu.

Untuk jaringan sirkit, MGC akan mengirimkan SS7 (Signalling System 7), maka MGC akan menggunakan H.323 atau SIP (Season Initiation Protocol).

Sedangkan MG sendiri ‘hanya’ akan bekerja sebagai converter antara jaringan sirkuit dengan jaringan paket. Di sini fungsi softswitch menjadi hanya setara dengan ‘switch analog’ dan tidak akan memberikan layanan yang lain. MG juga bias bekerja di sisi pelanggan maupun penyedia layanan, dimana softswitch bukan hanya berfungsi sebagai converter, namun juga memberikan feature lebih, termasuk dial-tone tentunya. Pada posisi ini, maka softswitch akan bekerja lebih kompleks.

Secara umum softswitch ini memiliki fungsi yang sangat luas, diantaranya:

1. Switching yaitu suatu fungsi untuk melakukan sambungan ataupun memutuskan sambungan yang bersifat sementara. Perangkat ini dapat menyambungkan antara PSTN dengan jaringan IP.

2. Fungsi Kontrol yakni softswitch bekerja sesuai dengan instruksi pensinyalan dari data yang tersimpan di sentral.

Lantas apa saja manfaat dari menggunakan teknologi softswitch?

Berikut beberapa manfaat dari softwitch:

1. Softswitch mampu untuk menghubungkan jaringan wireless,  dan wireline.

2. Dengan menggunakan teknologi ini, sangat memungkinkan untuk dapat melakukan komunikasi antara pengguna jaringan telepone dengan pengguna jaringan data/internet.

Nah demikianlah sedikit ringkasan dari pengertian dan cara kerja softswitch, fungsi, manfaat dan konsep kerja dari softswitch. Semoga dapat bermanfaat.

 

Rangkuman ini diambil dari beberapa website, terimakasi saya ucapkan kepada pemilik/penulis artikel tersebut.

Gambar Gravatar
Pemain Sandiwara Bumi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *