Peluang Usaha Bisnis Menguntungkan dengan Modal Kecil

Saya sangat tertarik dengan tulisan mas Vatih mengenai Peluang Usaha atau Peluang Bisnis yang beliau bahas diblognya vatih.com. Benar katanya kalau peluang usaha itu ada banyak dan berserakan disekitaran kita, tinggal kita cari sesuai dengan keinginan kita saja.

Diartikel ini saya akan tuliskan beberapa peluang bisnis yang sudah saya jalani sebelumnya, sehingga tidak akan menjadi suatu pembahasan yang mengambang saja. Karena Insya Allah tujuan artikel ini untuk membuka wawasan kepada kamu yang membacanya.

Berawal dari banyak dari teman sekelas menanyakan “bim ada kerjaan gak?“, saya bingung mau jawab apa, karena banyak banget kerjaan yang bisa dikerjakan.

Tapi mungkin maksud mereka itu, “ada kerjaan gak buat aku yang pas”, kalau iya, saya juga bingung mau jawab apa, karena hobi dan bakal orang beda-beda. Gak bisa disamain kerjaan yang disukai kayak apa.

Maka dari itu saya curahan semua peluang usaha yang pernah tak lakonin, dan semoga menjawab pertanyaa itu.

Peluang Usaha Bisnis yang Menjanjikan.

Oke, mungkin saya kasih instruksi sedikit ya, baca artikelnya jangan cepet-cepet, pelan aja, bawa santuy. Sambil tarik napas disetiap baca, biar ilmunya masuk dengan merata.

Usaha Makanan Ringan

Awal mula saya mulai bisnis makanan ringan itu pas SMK kelas 2 kalau tidak salah, ada beberapa produk yang saya jual sekaligus. Seinget saya sih ada Kripik Pisang Kekinian (Taqychan banana), Makaroni, Mie Lidi, Kripik Peyem, dan beberapa makanan ringan lainnya.

Usaha ini berjalan hampir 2 bulan, dan lumayan menghasilkan untuk anak sekolahan. Sekarang sudah berhenti.

Pernah juga saya coba-coba buat makanan ringan sendiri, buat kripik tempe ngikutin resep di Youtube yang sempet viral dulu. Setelah tak coba, ternyata rasanya lumayan, dan temen-temen itu banyak yang suka.

Modalnya kurang lebih 50rban untuk semuanya (minyak, tepung, tempe, santan, telur dll). Saya buat kemasan 100 gram pakai stand pouch, tak jual 15rban, ada temen yang jual sampai 20rban hehe.

Dari sekali produksi (50rb) itu bisa ngasilin 10 pcs. 15rb dikali 10 itu sudah bisa menghasilkan 150rb, nah dipotong modal 50 ribu, itu udah untung 100rban. Dari modal 50 ribu itu masih bisa dipakai untuk produksi lagi, jadinya gak ngeluarin modal kayak pertama lagi kalau produksi kedua.

Pernah juga tak buatin kemasan 2rban, buat dijual dikantin sekolah, tak titip dikantin sekolah. Alhamdulillah selalu habis sehari itu.

Tapi semenjak sekolah udah full day jadinya usaha makanan ringan ini berhenti dulu, akun instagramnya juga tak tutup, jadinya foto dan testimoni hilang semua.

Tapi stikernya masih tak simpen.

peluang usaha makanan ringan

Nah ini logo yang dibuatin sama temen saya. Lumayan okelah untuk pemula dalam bisnis makanan. Punya usaha gini pas sekolah itu kayak ada rasa bangga tersendiri gitu hehe.

Bisnis Helm dan Aksesoris Motor.

Gak semua orang mungkin bisa bisnis helm, tapi mungkin kamu juga harus tau, kalau potensi jualan helm itu sangat tinggi. Jangan mikir “siapa siih yang mau beli helm setiap hari?” dulu.

Saya sendiri juga sekarang lagi diamanahi bisnis helm ini, jadi sedikit tau lah kalau jualan helm itu sangat untung. Memang gak setiap hari banyak yang beli, tapi ada saja yang beli.

Kalau konsisten dan sabar, pasti ada masanya untuk pasar helm itu meningkat drastis. Contohnya apa?

Ya lihat ja pas bulan-bulan penerimaan siswa baru, itu terjadi tiap tahun di Indonesia. Setiap anak SD yang masuk SMP itu butuh Helm untuk berangkat sekolah. Nah disitu mereka akan beli helm, dan otomatis kalau kita ambil alih tuh, pasti untung.

Gak cuma helm, jualan masker untuk pengedara juga untung, bisa dijual online, jadi lebih gampang.

Dah gitu aja sih, kalau mau kepoin usaha helm yang lagi saya jalani bisa mampir ke Gallery Helm Tabanan, ada toko offline dan onlinenya juga.

Usaha Membuka Jasa

Kamu paham dalam hal apa?, jangan biarin skill mu itu ngambang, misalnya nih, bisa design, langsung buat jasa deisgn grafis murah, jasa pembuatan logo, dll.

Kalau gak mulai dari sekarang, nanti bakalan kalah saing kamu. Mulai cari pengalaman dari sekarang, mulai bangun relasi dari sekarang.

Jangan dulu mikirin untungnya, jalani aja dulu, nikmati prosesnya, kalau hasil kerja kita bagus, pasti bakalan dibayar lebih sama orang yang pesen. Gak percaya? coba aja buktiin.

Ada banyak banget jasa yang bisa dibuat bisnis, contohnya seperti yang tak bilang barusan, ada juga jasa translate bahasa, jasa nulis, jasa photo, jasa.. banyaklah!.

Nanti deh tak buatin list ide bisnis jasa yang menguntungkan.

Bisnis Menjadi Penulis (Blogger).

Ini paling rame, paling banyak yang minat, bisa jadi investasi jangka panjang, gak dunia saja, tapi sampai akhirat. Iseng-iseng buat blog, tulis pengalaman, share ilmu, pahala dapet, penghasilan juga dapet.

Ada banyak cara dapetin uang dari blog, gabung di Google Adsense, Jual Backlink, atau Jual Artikel. Semuanya nguntungi, tinggal tekunin aja. Hasilnya pasti nyusul.

Saya sudah buatkan artikel tentang cara mendapatkan uang dari blog, yang bisa kamu baca pelan-pelan. Kalau ada yang endak paham bisa langsung komen di blog ini.

Mulai Bisnis dengan Modal Kecil.

Yaps, gak perlu modal besar untuk memulai usaha-usaha yang saya sebutkan diatas, cukup temukan dulu peluang usaha yang cocok. Misalnya mau jualan, jadi reseller, atau buka usaha sendiri.

Siapin modal seminimal mungkin, seperti yang saya lakukan, jualan kripik tempe modal 50rb, peralatan masak pakai dirumah, manfaatin sosial media untuk promosi, ajak teman untuk jualan. Sesimple itu sih, oh iya jangan lupa, awali dengan niat yang baik.

Bahkan sekarang ini bisa kok mulai bisnis tanpa harus keluar uang sedikitpun, banyak sistem drophsip yang bisa kamu ikuti. Jualin produknya orang tanpa harus nyetok.

Misalnya nih, Pak Ahmad orang yang punya produk tinggal di Jakarta, Kamu tinggal di Jawa Timur. Didaerahmu banyak yang minat barangnya Pak Ahmad, tapi didaerahmu belum ada yang jual.

Kamu tinggal jualin aja barangnya Pak Ahmad didaerahmu dengan cara promosi, nanti kalau ada yang tertarik beli, kamu minta Pak Ahmad kirim ke alamatmu.

Beres deh.

Gak Harus Punya Toko Sendiri Untuk Jualan.

Saya mulainya langsung dari rumah sendiri, gak perlu sewa toko lagi, manfaatin rumah sendiri untuk “kantor”, kalau bisa COD ya antarkan, tapi kalau kejauhan kirim JNE/POS.

Manfaatin kamera hp buat foto, Internet untuk promosi di Sosial Media, dan ajak temen untuk memperluas jangkauan pasar.

Kalau pingin cepet, manfaatin fitur marketplace di Facebook, disitu pasti banyak yang bakalan liat daganganmu, karena sesuai dengan kategori produk. Setiap hari banyak transaksi terjadi disana. Peluang lakunya barang yang dijual itu tinggi.

Atur Keuangan dengan Baik.

Mentang-mentang udah bisa ngasilin uang sendiri, jadinya lupa untuk ngatur pengeluaran. hmm jangan gitu ya.

Usahakan bisa mengatur dengan baik, pisahkan uang modal dan keuntungan, bedakan uang jajan dengan uang untuk bisnis. Kalau mau dijadikan satu jugak endak apa, tapi asal kamu bisa manage nya.

Buat rekening sendiri untuk transaksi, mungkin saja ada customer yang berasal dari luar daerah, yang tidak memungkinkan untuk COD/ketemuan. Jadinya harus dikirim.

Dan kalau bisnis udah lancar, dan pingin lebih lancar lagi jangan lupa sedekah.

Satu pemikiran pada “Peluang Usaha Bisnis Menguntungkan dengan Modal Kecil”

Tinggalkan komentar