Cara Mendapatkan Uang dari Blog 100% Work

Cara Mendapatkan uang dari blog. Awalnya saya bingun dengan orang yang berkerja sebagai blogger, bagaimana bisa mereka mendapatkan uang. Rasa penasaran ini membuat “jiwa muda” saya meronta-ronta dan tak putuskan untuk mencari informasi mengenai cara agar bisa menghasilkan uang dari blog.

Dan ternyata banyak juga cara untuk dapat menghasilkan uang dari blog, tapi melihat penjelasannya ada perjuangan “besar” yang harus dilakukan. Sebab untuk mendapatkan uang itu tidak mudah, apalagi dari mengelola sebuah blog.

Artikel ini saya update 27 April 2020 bertepatan pada bulan Ramadhan.

Maka dari itu saya ingin sekali berbagi kepada teman-teman sekalian mengenai cara menghasilkan uang dari blog. Walau bisa dikatakan saya bukan blogger yang bisa gajian tiap bulan dari mengelola blog. Tapi saya tau bagimana proses blog agar menghasilkan pundi-pundi rupiah, hingga bisa menikmati jajan pakai uang sendiri.

Kita Mulai dari Mana?

Pertanyaan ini mungkin berlaku bagi orang yang bener-bener pemula dalam dunia blogging. Tapi pertanyaan tersebut tidaklah salah, melainkan harus mendapat jawaban yang baik.

Baiklah, untuk memulai pertama kali yang harus kita lakukan adalah membuat suatu halaman blog. Sebab kita akan mencari penghasilan dari blog, maka dari itu setidaknya kita punya 1 blog.

Untuk membuat blog sudah banyak sekali paltfrom yang bisa anda gunakan, mulai dari gratisan hingga berbayar. Dalam tahap ini saya telah menuliskan panduan untuk membuat blog yang bisa dipahami oleh pemula.

Panduan lengkap: membuat blog gratis di blogger.

Setelah anda membaca artikel diatas, dan berhasil membuat sebuah blog, langkah selanjutnya adalah menulis. Menulis artikel untuk pertama kali, tujuan agar blog yang telah dibuat tadi terlihat hidup. Bukan sekedar halaman yang tidak ada isinya.

Perlu diperhatikan untuk dapat menghasilkan uang dari blog tidaklah secepat yang dipikirkan. Sebab anda harus membangun blog itu dari awal. Mulai dari Menulis artikel, melakukan optimasi pada blog, hingga membuat blog anda dikenal oleh orang lain dengan cara promosi.

Setidaknya dibutuhkan waktu sekurangnnya 1 tahun agar bisa melakukan semua optimasi diatas. Jika umur blog sudah mencapi minimal 1 tahun saya rasa sudah cukup untuk memulai mencoba mendapatkan uang dari blog.

Note:

1 tahun (kurang) usia blog ini sesuai dengan pengalaman saya pribadi, penghasilan pertama bukan dari Google Adsense, melainkan dari beberapa cara yang akan saya jabarkan dibawah.

Sampai pada bagian ini pastikan blog anda sudah:

  • Memiliki artikel yang unik, organik. Artinya anda sendirilah yang menulis artikel itu, tidak melakukan tindakan copy-paste secara full dari blog orang lain.
  • Tampilan blog sudah dioptimasi. Artinya setidaknya sampai sini tampilan dari blog anda enak dipandang orang, dan disukai oleh search engine.
  • Memiliki menu navigasi yang baik. Diantara menu navigasi yang mutlak harus ada di blog adalah Contac, about, disclaimer, sitemap, privacy policy. Setidaknya sudah ada menu-menu tersebut didalam blog anda.
  • Dari segi seo setidaknya blog anda telah menggunakan meta tag, yang bisa diaktifkan dipengaturan prefensi dan penelusuran. Jika anda menggunakan platform blog dari blgoger.com
  • Blog anda berada di search engine. Langkah yang akhir dari optimasi pemula adalah membuat blog anda berapa di pencarian search engine. Caranya adalah mendaftarkan blog anda ke webmaster (Google, Bing, Yandex). Anda bisa memilih salah satu atau semuanya juga bagus.

Baca juga: cara mendaftarkan blog ke Google webmaster.

Tambahan:

Jika anda telah menerapkan 5 point diatas, itu sebenarnya sudah cukup untuk membuat blog anda bereputasi baik. Tapi jika anda ingin menambahkan agar menjadi lebih baik lagi itu bisa. Yaitu dengan memiliki backlink yang baik di blog anda.

Backlink sendiri merupakan tautan/link yang diberikan blog lain kepada blog anda. Tujuannya adalah agar blog anda bernilai baik dalam search engine.

Tapi perlu diketahui tidak semua link yang menuju blog anda itu baik, tergantung blog yang memberikan link tersebut. Jika blog yang memberikan link tersebut baik, maka blog anda juga akan dianggap baik.

Untuk pemabahan backlink ini saya sangat merekomendasikan anda untu membaca link building dari panduanim.

Nah pada titik ini blog anda sudah berada di pencarian search engine, dan memiliki rank yang baik. Selanjutnya adalah membuat blog anda menghasilkan uang.

Cara Mendapatkan Uang dari Blog.

 

1. Iklan Google Adsense.

Pertama yang anda bisa lakukan adalah memasang iklan di blog anda agar mendapatkan uang. Salah satu program yang populer untuk mendapatkan uang adalah Google adsense.

Progam ini memungkinkan anda mendapatkan uang dengan cara memasang iklan yang diberikan oleh pihak Google. Pembayaran dari Google adsense bisa anda cairkan ketika saldo sudah mencapai $100.

Saya sendiri tidak begitu menjadikan cara ini sebagai sumber penghasilan utama dari blog ini, karena tidak semudah yang terbayangkan sebelumnya. Saya pikir dengan jumlah pengunjung harian 200+ sudah bisa gajian tiap bulannya, ternyata saya salah.

Kadang juga sehari itu sampai 700 pengunjung tapi belum bisa menghasilkan lebih dari Adsense. Mungkin butuh lebih banyak pengujung lagi baru bisa gajian tiap bulan dari Adsense. Jadi mengenai Google Adsense saya belum bisa memberikan tips trik supaya bisa gajian secara rutin.

2. Affiliate Marketing Blog

Sudah tau apa itu affiliasi?

Itu lho, kita promosiin barangnya orang, terus ada yang beli lewat perantara kita, dan kita dapat komisi sekian persen dari harga jual produk tersebut. Nih misalnya saya jualan ebook seharga 100rb, nah anda pasarkan itu dengan link/kode unik anda, dan kebetulan ada yang beli lewat perantara anda.

Maka saya akan berikan anda komisi 20% dari harga jual barang tersebut, atau sekitar 20rb dari 100rb.

Cara ini menurut saya lebih mudah untuk dilakukan, gak butuh modal banyak, tinggal lakuin promosi atau rekomendasi produk ke orang, dan orang itu beli, kita dapat untung. Kita bisa memanfaatkan blog untuk memasang banner dengan mengarahkan ke link affiliasi yang kita miliki.

Salah satu contoh program affiliasi yang bagus adalah dr.cash, yang merupakan jaringan affiliasi (CPA Network) berbasis Nutra (Produk Kesehatan) di seluruh dunia. Dan sejak 2016 dr.cash telah beroperasi, jadi kita tidak perlu kawatir lagi kalau program affiliasi mereka itu bodong.

Selain itu ada fitur yang menarik, yaitu penarikan saldo dapat dilakukan 2x dalam sehari, jadi gak perlu nunggu lama buat gajian dari affiliasi ini. Untuk mendaftar menjadi publisher bisa melalui website resminya di https://dr.cash/.

Program Affiliasi Indonesia.

Saya ada beberapa rekomendasi progam affiliasi yang bisa anda ikuti sebagai cara untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah. Affiliasi Template dari Mas Sugeng.id bisa anda coba. Saya sendiri pernah coba untuk jualin template blogger nya, dan ada yang beli lewat link saya.

Salah satu reff yang sudah saya terima dari jualan template mas sugeng.

3. Iklan mandiri blog

Iklan mandiri adalah anda membuat space/ruangan di dalam blog anda untuk orang lain dapat memasang iklan diblog anda. Jika ada orang yang tertarik untuk memasang iklan di blog anda, maka orang tersebut akan menghubungi anda. Disaat itulah anda jelaskan mengenai ketentuan dari space iklan yang anda sediakan, mulai dari biaya, dan durasi.

4. Penjualan produk

Jika sebelum mengenal blog anda adalah seorang penjual produk, maka saat ini anda dapat memadukan usaha anda. Yaitu dengan cara memasarkan produk anda didalam blog anda sendiri. Anda dapat mejual produk anda secara online, tentunya ini sangat menguntungkan bagi anda.

5. Penjualan jasa

Selain produk, anda juga dapat menjual jasa di blog anda kepada pengunjung blog anda. Jika anda ahli dalam bahasa inggris, anda sangat dapat membuat jasa translate di blog anda. Caranya cukup buat halamam khusus untuk mendeskripsikan jasa anda, dan diri anda.

 

Bonus!!

Dalam kaitannya dengan backlink diatas, ada lagi satu cara yang memiliki 2 keuntungan. Yaitu dengan melakukan guest post.

Apa itu Guest Post?

Guest post adalah anda menulis artikel pada website orang lain yang menyediakan form guest post.

Keuntungan dari guest post pertama anda akan mendapatkan backlink dari situs tersebut. Karena pada umumnya webiste yang membutuhkan jasa guest post akan memberikan form alamat blog anda.

Keuntungan kedua adalah berkesempatan mendapatkan penghasilan dari artikel yang anda tulis di web tersebut. Namun tidak semua website yang menyediakan form guest post akan membayar. Hanya beberapa saja.

Salah satu web yang menyediakan guest post dan membayar anda adalah Klikmania.net.

Saya sangat merekomendasikan web tersebut, karena saya sendiri sudah mencoba untuk menjadi guest blogger.

Setiap artikel yang berhasil diteribkan akan mendapat bayaran sesuai dengan panjang kata tiap artikelnya. Dan kesempatan mendapatkan backlink dari web tersebut juga akan anda dapatkan.

Update:

Saat ini Klikmania menutup layanan Guest Post atau penulis tamu.

Nah mungkin cara mendapatkan uang dari blog yang dapat saya jelaskan. Kurangnya saya mohon maaf, semoga panduan ini dapat bermanfaat.

2 pemikiran pada “Cara Mendapatkan Uang dari Blog 100% Work”

Tinggalkan komentar