Macam-Macam Sistem Transmisi (Simplex, Half Duplex, Full Duplex)

macam macam sistem transmisi.  Apa aja sih sistem transmisi dalam Komunikasi data?.

Halo temen-temen teknik jaringan. Didalam kehidupan kita pasti sering banget melakukan komunikasi dengan menggunakan teknologi. Baik itu smartphone, maupun telepone rumahan. 

Nah untuk melakukan semua komunikasi tersebut kita membutuhkan yang namanya media transmisi. 


Media transmisi merupakan media untuk menghantarkan data-data digital dan analog. Selain media transmisi, ada juga model dari media transmisi tersebut.

Nah kali ini kita bakalan bahas materi Pengertian dari Sistem Transmisi dalam Komunikasi data. Yaitu Simplex, Half Duplex, dan Full Duplex.

Macam-macam sistem transmisi data


Transmisi Simplex

 
Adalah sebuah sistem transmisi yang memungkinkan melakukan komunikasi satu arah saja. Jadi sistem transmisi ini bersifat pemberi informasi namun tidak dapat memberi informasi balik.
 
Contoh dari Simplex adalah Tv. Radio jadul.


Half Duplex

 
Adalah sistem transmisi yang memungkinkan seseorang untuk melakukan komunikasi 2 (Dua) arah. Namun secara bergantian.
 
Misalnya saya ingin memberi informasi kepada teman saya, dan teman saya ingin memberi informasi balik itu bisa. Namun seacara bergantian.
 
Contohnya adalah Handy Talkie alat seperti handphone yang dipakau bapak security biasanya.


Full Duplex

 
Adalah model sistem transmisi yang sangat bagus. Karena memungkinkan seseorang dapat melakukan komunikasi 2 (dua) arah secara bersamaan.
 
Berbeda dengan Half Duplex yang harus bergantian untuk memberikan informasi. Full duplex bisa memberikan informasi seacara bersamaan.
 
Contoh Full duplex adalah penggunaan smartphone.
 
Nah demikianlah materi mengenai macam-macam sistem transmisi. Untuk temen-temen TKJ atau yang sejurusan semoga bermafaat ya hehe.

Tinggalkan komentar