Cara Mengatasi Laptop atau Komputer Lemot

Saat ini, komputer atau Laptop yang dijual di pasaran bisa dibilang sudah cukup ngebut.

Apalagi makin banyak juga perangkat-perangkat yang dijual dengan harga miring namun memiliki peforma yang baik.

Bayangkan saja, 10 tahun lalu prosesor rata-rata menggunakan 2 core atau 4 core saja. Tapi sekarang udah banyak prosesor yang pakai 6 core bahkan ada yang sampai 32 core.

Cepet banget gak tuh?

Lalu, pernah gak kamu ngerasain, kamu sudah punya Laptop atau Komputer yang kenceng banget tapi tetep aja lama-lama kerasa lemot ?

Pas lagi dipakai buat tugas penting tiba tiba mouse nggak bisa digerakin atau bahkan muncul tampilan legend warna biru (baca: bluescreen).

Wah dijamin bikin kamu pingin lempar itu komputer wkwk.

Atau mungkin kamu pernah liat laptop atau komputer temen kamu yang gapernah ganti bertahun tahun tapi keliatannya lancar lancar aja ?

Kalo kamu adalah orang yang ngerasa laptop atau komputernya udah lemot kayak siput, bisa dicoba nih cara dari saya.

Update Aplikasi sama Sistem Operasi

Mungkin kamu pernah ngalamin pas lagi main game tiba tiba macet sendiri atau mati sendiri gamenya. Coba deh di update dulu driver atau sistem operasimu deh.

Kadang nih ya, si sistem operasi itu lagi ada masalah jadinya kayak gitu deh. Sering seringin pokoknya update sistem operasimu, kalo jarang
di update nanti bakal besar banget file updatenya.

Pakai Fitur Disk Cleanup

Fitur ini cocok banget buat kamu yang ngerasa tiba tiba penyimpanan laptop atau komputermu penuh. Caranya, kamu search dengan keyword “Disk Cleanup” via start menu di sistem operasimu.

Bersihkan Aplikasi yang Tidak Dipakai

Selama kamu pakai laptop atau komputer, pasti pernah nyobain aplikasi-aplikasi baru gitu. Sering juga aplikasi itu jarang kamu pakai, jadinya numpuk aja di laptop atau komputermu. Itu juga bisa jadi penyebab kenapa laptop atau komputermu jadi lemot. Jadi kamu tinggal uninstall aja aplikasi yang gak kamu pakai lagi.

Oh iya, mungkin ada juga aplikasi yang gak sengaja ke install pas lagi download download film atau yang lain. Jangan lupa juga kamu uninstall aplikasi kayak begituan, biasanya aplikasi itu mengandung virus atau
diselipin kode berbahaya.

Scan Virus dan Malware

Kalo ini cara yang cukup basic buat banyak orang, tinggal buka antivirusnya, klik scan selesai deh wkwk. Sekedar informasi, di Windows
10 itu udah terpasang antivirus Windows Defender.

Jadi install antivirus tambahan itu kurang direkomendasikan, apalagi kalo peforma laptop atau komputermu pas pasan.

Baca Juga: Cara Merawat Komputer

Upgrade RAM

Di laptop atau komputer, ada bagian yang namanya RAM. Fungsinya itu sebagai ingatan sementara di dalam laptop atau komputer kamu. Akhir-akhir ini aplikasi mulai banyak menghabiskan RAM, jadi melakukan upgrade RAM merupkan pilihan yang bagus.

Pindah ke SSD

Punya laptop atau komputer dengan speksifikasi yang bagus? atau sudah melakukan semua hal tadi tapi tetep aja lemot?

Dipastikan laptop atau komputer yang kamu pakai masih pake Harddisk mekanikal.

Coba deh kamu upgrade laptop atau komputermu dari Harddisk mekanikal ke SSD.

Meskipun cukup mahal dan kapasitasnya ga sebanding sama Harddisk, percaya deh pasti rasanya lebih cepat pakai laptop atau komputer yang ber SSD dibanding yang masih pakai Harddisk Mekanikal.

Oke jadi segitu dulu tips tips dari saya tentang cara mengatasi laptop atau komputer yang lemot.

Terima kasih.

Tinggalkan komentar