Cara Merawat Komputer Efektif Lengkap

Cara Merawat Komputer Efektif Lengkap – Menjadi teknologi canggih masa kini komputer/pc tak bisa kita lepaskan dari kehidupan. Mengingat,komputer bisa membantu kita dalam memudahkan pekerjaan.

Seperti menulis tugas,dokumen,mengirim email atau mungkin bermanfaat di kegiatan lain. Anda bisa menggunakan komputer dengan sebaik mungkin setiap hari untuk beraktifitas,tetapi kita perlu merawat komputer dengan sebaik mungkin agar tidak cepat rusak.

Karena komputer memang perlu kita rawat agar kita tak perlu memanggil teknisi IT dan mencegah kerusakan yang tak diinginkan.

Berikut ini tips dan trik dalam merawat komputer versi tulisanlobak yang akan kami bagikan hari ini. Anda wajib mengikuti langkah-langkah berikut dalam merawat komputer yang sangat efektif lengkap.

Cara Merawat Komputer.

1. Menggunakan Komputer Sesuai Prosedur.

Menyalakan dan mematikan komputer perlu anda lakukan menggunakan prosedur yang benar dan baik. Anda bisa menyalakan komputer dengan menekan cpu dan mematikan komputer dengan mematikan lewat click shutdown. Dengan begitu,komputer akan terjaga dengan baik dan benar. Karena sesuai prosedur yang ada dan tak akan merusak komputer sama sekali.

 

2. Menggunakan Antivirus.

Antivirus merupakan salah satu hal penting yang perlu dipasang dalam komputer,karena tanpa antivirus komputer kita akan mengalami kerusakan. Kerusakan yang disebabkan oleh virus ramsomware atau trojan dan beberapa virus lainnya. Membuat komputer rusak total,serta tak bisa digunakan. Anda bisa menggunakan antivirus free seperti smadav,avira,eset nod 32 dan beberapa antivirus lainnya yang bagus dan bermanfaat untuk pc/komputer kesayangan.

Baca juga: Antivirus Komputer terbaik 2020

3. Hapus File Yang Tak Diperlukan.

Menghapus file dari komputer yang tak digunakan Ini akan membuat kinerja komputer membaik. Bila anda mengabaikan file yang tidak perlu secara bertahap memperlambat komputer anda. membuat komputer mudah rusak,karena file yang menumpuk terlalu banyak. Cek juga recyle bin anda agar file benar-benar sudah terhapus secara permanen.

 

4. Defrag Hardisk Secara Berkala.

Defrag hardisk secara berkala wajib anda perhatikan. Dengan cara mengclick accesories->system tools->disk defragmenter  lalu klik analysis. Ya,bila disk anda terasa acak atau aneh. Anda bisa mendefrag agar file tersusun rapi dan benar,bisa juga untuk merawat komputer kita dengan benar.

5. Bersihkan Debu Dari Komputer.

Walaupun sederhana kita perlu membersihkan debu dari komputer. Baik di CPU,monitor atau mungkin di sekitaran komputer. Karena debu yang menumpuk akan merusak,maka dari itu membersihkan debu dari komputer perlu anda perhatikan dengan benar.

6. Jangan Terlalu Lama Menggunakan Komputer.

Disarankan untuk tidak terlalu lama menggunakan komputer. Komputer yang panas akan membuat kerusakan yang parah. Minimal online komputer selama 8 jam saja,jangan pernah biarkan komputer menyala terus menerus selama 24 jam. Karena komputer pun perlu istirahat seperti manusia pada umumnya.

Itulah informasi singkat tentang cara merawat komputer yang bisa anda jadikan bahan referensi hari ini. Semoga anda bisa merawat komputer anda dari segala macam kerusakan yang tak diinginkan ya. Semoga bermanfaat untuk anda semua,terima kasih telah membaca artikel ini.

Satu pemikiran pada “Cara Merawat Komputer Efektif Lengkap”

Tinggalkan komentar