Cara Membuat Shortlink dengan Domain Sendiri

Cara Membuat Shortlink Sendiri. Cara untuk mempermudah kita untuk mengingat sebuah Link adalah dengan cara membuatnya menjadi shortlink atau menyingkatnya. Ada banyak sekali situs yang dapat kita gunakan untuk membuat shortlink, namun ada enaknya kalau kita membuat shortlink dengan domain sendiri.

Baca juga: Gudanglink.com situs shortlink sekaligus tanam backlink gratis.

Materi dalam Artikel ini sudah saya update 23 April 2020, lihat dibawah.

Cara Membuat Shortlink Sendiri.

Untuk dapat membuat shortlink dengan domain sendiri kita harus memiliki TLD, dan sebuah Hosting, sebab kita akan membuat penyingkat url ini di situs wordpress.

Baik, langkah awal yang harus kita lakukan adalah mendownload suatu plugin di dashboard wordpress kita, nama plugin tersebut adalah Pretty link.

Setelah plugin terdownload, silahkan masuk menu Pretty link, lalu buat link baru dengan klik tombol Tambah Baru.

cara membuat shortlink dengan domain sendiri



Menu pada Plugin Pretty Link:

  • Add title: Bagian ini untuk menulis anchor/judul yang ingin diberikan ke link target.
  • Target url: Bagian ini isikan dengan url yang ingin di tuju, misalnya Iqlabseo.net.
  • Pretty link: Isikan dengan directory dari shortlink ingin dibuat, misalnya “namadomain.com/###”.
cara membuat shortlink dengan domain sendiri

Pada menu advanced ada pengaturan No follow bisa dicentang jika ingin link tersebut menjadi No follow. No follow yang dimaksud disini adalah sebuah nilai link tersebut yang akan dijadikan sebuah backlink.

 

cara membuat shortlink dengan domain sendiri

 

Terakhir pada menu Terbitkan klik update, maka shortlink kita berhasil dibuat. Berikut contoh Shortlink yang saya buat untuk blog pendidikan saya.

Untuk versi Gratis dari plugin ini, kita sudah mendapatkan fitur Jumlah klik unik dari shortlink tersebut.

 

cara membuat shortlink dengan domain sendiri
Cara Membuat Shortlink Sendiri

 

Untuk mendapatkan fitur lengkap dari plugin ini anda dapat melakukan upgrade plugin ke versi Pro. Selain itu kita juga dapat membuat sebuah shortlink pribadi menggunakan plugin lain, seperti Shortlink by Mythemeshop. Interface dari plugin ini hampir sama dengan Pretty Link.

 

Update 2020: Membuat Shortlink dengan Script PHP.

 

Setelah dilihat ternyata artikel ini lumayan banyak juga yang baca, dan di Google berada di halaman satu, terus tak lihat artikelnya kok cuma dikit, kurang afdol gitu. Nah saya putuskan untuk mengupdate artikel ini.

Pertama yang perlu kamu siapkan adalah Script Shortlinknya, (bisa buat sendiri dengan Program PHP), atau kalau gak mau ribet bisa beli aja scriptnya di Codecanyon. Disana ada banyak sekali script web  shortlink yang bakalan sesuai dengan kebutuhan kamu. Harganya sih lumayan, kisaran 200-1jtan.

 

sctip shortlink

 

Ini salah satu contoh script web shortlink dari codecanyon, fiturnya itu lumayan bagus, dan cocok buat kamu yang pingin coba menghasilkan uang dari web shortlink ini.

Link Pembelian Demo disini. atau pingin tampilan lain? coba kepoin dulu 1 script shortlink lainnya disini.

Setelah kamu cocok sama script shortlinknya, tinggal beli deh. Selanjutnya kamu butuh Hosting. Dimana Hosting ini berfungsi untuk nyimpen data-data/script shortlink kamu, sehingga bisa diakses lewat Internet. Banyak banget penyedia Hosting yang murah, dan berkualitas yang bisa kamu coba.

Tapi ingat!! tidak semua penyedia layanan Hosting mengijinkan servernya untuk diinstal script shortlink ini, karena dikawatirkan dapat menggangu kerja server nantinya. Tapi kamu gak usah kawatirkan masalah ini. Masih banyak penyedia hosting yang bisa diinstal shortlink.

Misalnya itu Domainesia, Namecheap, HawkHost.

Setelah Script dan Hostingnya kamu beli, langkah selanjutnya kamu Install script tersebut dihosting kamu lewat Control Panelnya, letaknya filenya di Public_html. Biasanya didalam folde script shortlink yang kamu beli itu ada panduan untuk instalasinya, ikuti aja itu. Atau kalau masih bingun tanyakan ke CS Hostingnya, minta bantuan untuk diinstalkan.

Oke, demikianlah sedikit tulisan dari saya tentang Cara Membuat Shortlink Sendiri semoga beramanfaat.

Tinggalkan komentar