Cara Agar Artikel Cepat Terindex Google

Membuat artikel cepat terindex oleh Google memang mudah, tapi yang sulit itu membuat artikel berada di page one Google.

Perlu kita bahas terlebih dahulu, tujuan artikel ini dibuat adalah untuk memberikan tutorial agar artikel cepat terindex oleh Google. Bukan agar artikel berada di page one Google.

Misalnya jika setelah anda membuat artikel, dan artikel yang anda buat itu berada di urutan ke 5 page 7 maka itu sudah terindex Google. Nah itulah yang akan saya bahas pada artikel ini.

Memang sudah menjadi kesenangan bagi seorang blogger ketika ia menulis artikel dan mempublikasikannya, artikel tersebut bisa diakses lewat search engine. Namun jika sebaliknya, jika artikel yang sudah susah payah kita buat tapi gak bisa diakses itu akan membuat semangat ngeblog menurun.

Tapi sekarang kita sudah dapat mengatasi masalah tersebut, sebab sudah banyak sekali tutorial-tutorial yang membahas ini. Salah satu artikel yang sedang anda baca ini.

Dalam pembahasan ini, saya telah menjadikannya sebagai studi kasus, jadi telah saya praktikan sendiri sebelum menulis artikel ini. Untuk memecahkan masalah artikel belum terindex Google, akan dibuatkan seperi tanya jawab, agar lebih mudah dipahami.

Cara Agar Artikel Cepat Terindex Google

1. Apakah Blog anda sudah terverifikasi di Google?

Nah syarat utama agar sebuah artikel di dalam blog itu dapat terindex Google adalah membuat blog utama nya terindex terlebih dahulu. Sebab tidak akan mungkin jika halaman utama blog tidak terindex artikel yang dibuat akan terindex.

Maka dari itu, langkah awal buatlah blog anda terindex terlebih dahulu, dengan cara mendaftarkan blog ke Google Webmaster.

Untuk mengetahui apakah blog anda sudah terindex Google, lakukan pengecekan dengan menuliskan alamat blog anda di Google. Bisa juga dengan cara ketik site: domainblogantum.com.

 

2. Apakah blog anda baru dibuat?


Masalah yang sering saya lihat di grup Blogger di facebook, bahwa mereka ingin sekali artikelnya page one, tapi blognya masih baru. Kira-kira kurang dari 1 bulan usia blog/domainnya.

Jika artikel yang anda buat belum keindex oleh google, dengan usia blog kurang dari 1 bulan, maka itu hal yang wajar. Karena syarat blog/artikel dapat nangkring di halaman Google adalah memiliki Domain Authority yang cukup, seminimalnya 5.

Tapi… ada juga kok blog yang baru dibuat sekitar 1 minggu, terus membuat artikel, artikel tersebut terindex Google.

Dan ternyata untuk melakukan hal itu haruslah kembali ke permasalahan pertama, yaitu melakukan verifikasi blog di Webmaster.

3. Fetch As Google.

Setelah blog terverifikasi Google, dan artikel sudah dipublikasikan, untuk menge-push artikel tersebut agar terindex dengan cepat. Adalah dengan cara memanfaatkan fitur dari Google Search Console, yaitu Fetch as Google.

Dimana ketika kita menggunakan fitur ini, artikel yang kita buat akan dengan cepat terindex oleh Google. Untuk menggunakan fitur ini, silahkan copy terlebih dahulu link artikel yang baru anda buat.

Lalu masuk ke Google Search Console, pada bagian Inspeksi Url, silahkan masukan link artikel anda. Setelah itu minta Google untuk mengindexnya, dengan cara Uji Url Aktif.

Maka setelah anda melakukan itu, artikel yang anda buat akan terindex oleh Google. Bahkan bisa masuk Page one*.

*Dapat masuk page one, jika blog yang anda miliki sudah sanggup untuk bersaing dengan kompetitor lainnya dalam keywords tersebut.

Lalu apakah artikel yang sudah di Fetch as Google bisa bertahan disana?

Bisa iya, bisa enggak, tergantung dari kekuatan blog anda (Seo skor onpage, backlink, da, pa). Jika ada orang yang membuat artikel yang serupa dengan anda, namun blog orang tersebut lebih bagus kualitasnya, maka kemungkinan artikel anda akan merosot ke halaman berikutnya. Alias akan tergantikan posisinya oleh kompetitor tersebut.

Meningkatkan kekuatan blog dapat dilakukan dengan backlink, berikut cara mencari backlink berkualitas.

Lalu bagaimana agar artikel yang saya buat bisa berada dipage one setidaknya dalam waktu bulanan?

Untuk saat ini, membuat artikel blog kita awet berada di page one Google adalah dengan menerapkan tehnik SEO di artikel tersebut. Sebagaimana seperti artikel yang sebelumnya saya buat dengan kewords utama “Raja traffic” itu alhamdulillah bisa masuk page one.

raja traffic
Telihat dalam page one, nomor 7.

Tehnik seo yang digunakan dalam artikel tersebut masih tegolong sederhana:

1. Meletakan Keyword didalam artikel.
2. Memiliki jumlah kata lebih dari 250 (word count tools).
3. Permalink.
4. Deskripsi penelusuran yang berisikan keywords.
5. Dan yang terpenting adalah low kompetitor. Artinya masih sedikit orang yang menuliskan artikel tentang raja traffic tersebut, sehingga saya memiliki kesempatan untuk membuat artikel tersebut masuk page One Google.

Jika anda ingin mencoba mempraktekan 5 cara diatas, dipersilahkan.

Sekiranya demikianlah cara agar artikel blog cepat terindex Google versi Iqlabseo, kurangnya dari saya mohon dimaafkan.

2 pemikiran pada “Cara Agar Artikel Cepat Terindex Google”

  1. Apakah ada cara lain? Saya sudah menerapkan semua cara di atas, tetapi artikel saya masih susah terindeks.

    Umur blog sekitar 15 harian dan update konten 1 kali 1 hari.

    Udah ada 14 artikel dan yang terindeks baru ada 2. Apa ada faktor lain yang mempengaruhi yah.

    Balas

Tinggalkan komentar