Membaca Buku (Fisik) Vs Ebook, Yuk Bandingin

Halo kawan, mencari informasi kini semakin mudah dengan adanya teknologi Internet, yang awalnya tidak tau tentang suatu hal, sekarang jadi tau tentang hal tersebut.

Misalnya saja, yang awalnya tidak tau tentang keindahan Indonesia, setelah mencari informasi tentang Indonesia di Internet, mereka menjadi tau, betapa indahnya Indonesia kita ini.

Membaca informasi atau artikel di Internet itu termasuk kegiatan literasi yang sangat baik kita lakukan dengan rutin, karena bisa menambah waasan kita secara perlahan.

Oh iya, kita kan mau bahas tentang ebook dengan Buku Cetak Fisik yah.

Sadar atau tidak sadar, kamu dari awal sudah membaca ebook (buku digital) yang berupa artikel sederhana ini. Kalau dibandingkan, kira-kira kamu lebih nyaman baca dimana?

Ebook atau Buku cetak fisik?

Tentunya jawaban tiap orang itu berbeda, ada yang lebih nyaman baca buku cetak fisik langsung, tapi ada juga yang lebih suka baca-baca informasi di ebook atau buku digital.

Ya mau ebook atau buku fisik, keduanya sama-sama memberikan manfaat yang bagus untuk setiap pembaca, terlebih lagi orang yang hobi membaca dan haus akan wawasan.

Kelebihan Buku Fisik.

Kita cari apa saja kelebihan yang diberikan oleh buku fisik.

Untuk tingkat kenyamanannya memang harus kita akui, kalau membaca langsung buku cetak fisik itu lebih nyaman dan bisa lebih lama ketimbang membaca buku digital. Itu karena mata kita tidak mudah lelah saat baca buku fisik.

Sedangkan, kalau kelamaan baca buku digital itu mata lebih cepat lelah, karena terus terpapar cahaya dari smartphone atau monitor gadget kita. Yang mengakibatkan lebih cepet bosen.

Dipoin ini, buku cetak fisik menurut saya lebih unggul.

Kelebihan Buku Digital atau Ebook.

Namanya juga ebook, pasti serba elektronik, dan yang namanya elektronik itu kemudahan dalam pemakaian sangat tinggi, jadinya orang lebih mudah untuk nyari informasi, dan bisa tanpa keluar biaya. Misalnya saja nih, kalau mau baca informasi tentang resep, tinggal cari aja di Google, nemu deh tuh kumpulan resep-resep.

Itu semua bisa kita baca secara gratis.

Sedangkan untuk membaca informasi resep di buku cetak, setidaknya terlebih dahulu kita harus membeli buku tersebut, baru kita bisa tau isi bacaan dari buku tersebut. Mau gak mau, ya harus keluar biaya terlebih dahulu.

Perbandingan Buku Cetak Fisik dengan Ebook.

Melihat perbandingan yang sama-sama memberikan keuntungan dan ada kelemahannya, membuat banyak penulis yang mencoba untuk membuat ebook sendiri. Demi mempermudah orang membaca juga.

Sekolah-sekolah di Indonesia sekarang juga sudah menerapkan sistem belajar online atau digital. Dimana materi sekolah bisa didapatkan secara luas di Internet. Jadinya siswa lebih mudah untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Contoh Ebook.

Ada banyak sekali contoh ebook yang dijual luas dipasaran online, bahkan sering juga ditemui ebook secara gratis.

Misalnya saja ebook Panduan Website Gratis untuk pemula (https://www.niagahoster.co.id/ebook).

Ebook kumpulan resep masakan Indonesia (https://www.google.co.id/search?tbm=bks&hl=id&q=resep).

Dan masih banyak lagi sih ebook yang bisa kita dapetin di Internet, tinggal cari aja tempat jual ebook, pasti bakalan ketemu tempat untuk beli ebook yang sesuai dengan keinginan kita.

 

 

 

Tinggalkan komentar