Tempat Menjual Ebook Secara Online

Jual ebook – Salah satu cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan adalah menjuual ebook, dengan kata lain memanfaaatkan hobi dan kemampuan menulis yang kita miliki untuk meraup uang. Banyak sekali metode yang bisa kita gunakan untuk mendapatkan uang dari menulis, ya buat e-book trus dijual, adalah salah satunya.

Selain itu menulis artikel di blog juga termasuk cara untuk mendapatkan uang dari karya tulis, tapi kita fokuskan pembahasan untuk e book saja. Artinya tulisan yang kita buat itu dijadikan format buku elektronik, dan dijual ke orang lain. Setelah memiliki suatu e book, selanjutnya harus memasarkan agar dibeli orang.

Nah untuk memasarkan e book ini kita butuh action yang lebih besar lagi, yaitu melakukan promosi secara masal. Tapi ada cara untuk mempermudah kita dalam pemasaran e book ini, yaitu dengan menjual e book di berbagai tempat secara online.

Tempat jual E book secara online.

1. Karyavirtual.com

Karyavirtual.com merupakan situs yang dikhususkan untuk menjual buku digital secara online, disana kita bisa mendaftar sebagai penjual, dan melakukan promosi. Bisa dibilang marketplace untuk produk virtual, salah satunya e book.

2. Tokopedia

Siapa yang gak tau tokopedia? ih kebangetan banget… Selain untuk belanja secara online, kita juga bisa memanfaatkan tokopedia untuk jualan produk kita. Tinggal buat akun, verifikasi akun, dan jualan deh. Tapi gak cukup itu aja ya. Harus pandai-pandai membuat produk yang dijual itu menarik, seperti deskripsi, gambar pendukung, dan kata kunci produk tersebut.

3. Shopee.

Begitu juga dengan shoope, disana kita juga bisa jualan, caranya hampir sama kayak marketplace lainnya, tokopedia, bukalapak, dll. Tinggal buat akun, lalu jualan, dan tunggu orang order.

4. Website sendiri.

Cara yang paling mantep menurut saya adalah, membuat website sendiri lalu jadikan tempat untuk jualan e book yang kita buat. Memang sih membuat website sendiri itu agar ribet, tapi justru bagi sebagian orang, disinilah letak “keseruannya” karena berjuang dari awal, untuk jualan.

Kalau kamu belum bisa membuat website, tapi pingin banget jualan lewat website sendiri, bisa kok pakai jasa pembuatan website dari tulisanlobak.com. Saya membuka jasa pembuatan website yang bisa kamu pesan.

Kelebihan menggunakan website adalah tingkat terlihatnya produk yang kita jual itu luas banget, ketimbang dengan sosial media. Karena sistem website itu menggunakan “kata kunci’, jadi setiap orang yang nyari informasi di Google, pasti yang muncul itu halaman website. Misalnya nih, kalau kamu cari “baju lebaran baru” pasti yang lebih banyak muncul itu dari website, ketimbang aplikasi. Ya karena sistemnya emang gitu hehe.

5. Sosial Media.

Kalau punya sosmed itu jangan cuma scrol-scrol seharian, tapi jadikan ladang penghasilan tambahan buat kamu, gak cuma buat jual e book aja sih. Kamu juga bisa gunakan Sosmed untuk jualan produk lainnya, mau itu baju, perangkat elektronik, bahkan makanan sekalipun, itu bisa.

Contoh sosial media yang bisa digunakan untuk jualan dan potensi pasarnya besar itu adalah Facebook dan Instagram. Untuk facebook itu pasarnya lebih umum, dan tingkat bakal dibelinya produk yang kita jual itu lebih bisa ketimbang di Instagram, alasannya karena pengguna Facebook itu semua usia, dari anak-anak- orang tua.

Sedangkan kalau Instagram itu lebih banyak yang pakai anak-anak muda, jadinya mungkin sebagian penggunannya tidak tertarik dengan produk yang kita jual. Tapi bukan berarti kita gak bisa coba jualan di Instagram, mencoba tetep harus dilakukan.

Eh ngomong-ngomon tentang jualan ebook, kamu sudah tau belum cara membuat ebook? kalau belum nih saya ada tutorial cara membuat ebook. Disana dijelaskan tahapan membuat buku digital dengan format .epub, atau kalau mau lebih mudahnya, pakai acara miscrosoft words. Lalu save-as dengan format .pdf.

Tips Jual Ebook Agar Banyak yang Minat.

Kita juga perlu tau nih, apa aja yang menjadikan produk yang dijual itu laris, alias banyak yang minat. Konsepnya hampir sama dengan produk lainnya. Yaitu:

  1. Memberikan harga yang lebih murah dari kompetitor.
  2. Memberikan layanan atau service yang menyenangkan.
  3. Memberikan Bonus pembelian ke customer.
  4. Design gambar promosi yang menarik.
  5. sering-sering tawarin ke orang lain.

Secara umum 5 point diatas itu bisa dijadikan tolak ukur, suatu produk diminati oleh customer dan berpeluang mendapatkan pelanggan yang banyak.

Eh ada yang kelupaan, yaitu kita harus berani kasikan free atau gratis ke beberapa orang terlebih dahulu.

fungsinya apa?.

Fungsinya adalah untuk mendapatkan testimoni, apakah produk yang kita jual itu memberikan dampak baik kepada pembelinya, apa sebaliknya. Sehingga kalau yang kita kasi gratisan tadi itu dapat manfaatnya, pasti bakalan direkomendasikan ke orang lain untuk beli produk itu.

Nah mungkin itu aja sih, mengenai bisnis ebook, mungkin kalau ada tempat jual ebook atau kamu punya web jualan ebook bisa komen dibawah.

 

Satu pemikiran pada “Tempat Menjual Ebook Secara Online”

Tinggalkan komentar