Tutorial Blogger Lengkap Untuk Sesama Pemula

Tutorial Blogger ini akan menjalaskan kepada kamu mengenai Blogger.com sebagai CMS untuk menulis artikel dan mendapatkan uang dari blog.

Blogger.com sendiri merupakan produk Google yang memungkinkan kita untuk membuat halaman blog secara gratis, namun dengan kualitas yang sudah sangat bagus.

Untuk membuat blog gratis disini cukup mudah, tinggal buat blognya di blogger.com menggunakan akun Gmail dan kita akan mendapatkan blog dengan alamat nama.blogspot.com.

Banyak blogger senior yang memulai karirnya dari menggunakna platfrom ini, seperti mas Gani Sebastian owner klikmania.net, dan Mba Indri Lidiawati owner Juragancipir.com.

Awalnya saya juga pakai blogger.com untuk membuat blog, sebelum saya putuskan untuk mencoba menggunakan wordpress self hosted saat ini.

Gak perlu cepet-cepet baca artikel ini, pelan aja, yang penting bisa paham, kalau kurang paham bisa tanya lewat komentar dibawah, dan saya harap artikel ini bisa bermanfaat.

Pakai Blogger.com itu Mudah.

Ini menjadi alasan utama kenapa memilih blogger.com untuk membuat halaman blog, karena kemudaha dalam penggunaan dan banyak dukungan dari blogger Indonesia lainnya. Ketika mengalami kesulitan dalam pengoprasiannya, tinggal Googling saja pasti ketemu, karena banyak yang sudah bahas tentang ini.

Selain itu, pakai Blogger.com kita gak perlu lagi mikir tentang Hosting, dan Domain, karena sudah disediakan semuanya secara Gratis. Tinggal kitanya aja memanfaatkan platform ini.

Tutorial Membuat Blog dengan Blogger.com

Membuat blog itu dibilang cukup cepat, palingan 10 menitan blog udah jadi, saya sudah buat artikelnya secara terpisah. Dan saya sudah jelaskan sedetail mungkin yang bisa kamu baca:

Cara Membuat Blog Gratis.

Atau kamu bisa lihat videonya

Cara Posting Ke Blog.

Setelah blog dibuat, selanjutnya kamu harus menulis artikel pertama kali, dan untuk seterusnya supaya bisa mendatangkan pengunjung untuk blog kamu.

Nulisnya gak harus panjang-panjang, tapi sesuai kamampuan saja, misalnya 200,300,500 kata saja sudah cukup. Tapi kalau pembahasan mengharuskan untuk dibahas panjang, ya mau gak mau, artikelnya juga harus panjang.

Tutorial Cara Posting Artikel Baru di blog.

Masuk dulu ke blogger.com.

Pilih menu Postingan, lalu Klik Icon + dipojok kanan bawah.

cara posting ke blog

Disini kamu tinggal tulis aja yang pingin ditulis, mau curhat, pengalaman, tips n trik, atau sebagai catatan materi sekolah kamu:

cara membuat artikel di blog

Keterangan gambar:

  • No 1. Isi dengan judul yang ingin kamu buat untuk artikelnya.
  • No 2. Isi Konten artikel kamu (pembukaan, penjelasan, dan penutup).
  • No 3. Label atau kategori yang sesuai dengan artikel kamu (contoh, Pendidikan, Bisnis, Curhat, Sosmed, dll).
  • No 4. Link atau alamt untuk artikel kamu, biarkan saja otomatis.
  • No 5. Tombol untuk melakukan publikasi (supaya bisa dilihat orang lain).

 

Agar Blog Terindex Google.

Selanjutnya setelah blog kamu berisi beberapa artikel, buat blog tersebut biar bisa dicari lewat Google, karena kan percuma kalau artikel kita tidak ada yang lihat. Untuk membuat blog berada di Google itu cukup mudah.

Kamu tinggal mendaftarkan blog kamu ke Google Search Console, dan artikel tentang cara mendaftarkan blog ke Google search console sudah saya tuliskan secara terpisah. Bisa kamu baca di:

Cara Mendaftarkan Blog ke Google Search Console.

Sekilas Tentang Google Search Console.

Kamu harus tau ini, awalnya namanya adalah Google Webmaster, tapi sekarang sudah diganti jadi Search Console. Dimana fungsinya adalah untuk membuat suatu halaman website/blog bisa diindex oleh Google. Dengan cara melakukan verifikasi kepemilikian situs web menggunakan kode verifikasi yang diberikan Google saat mendaftar disana.

Nah jadi, kalau kita pingin blognya diindex Google, salah satu caranya adalah verifikasi di Search Console.

 

Update Artikel Blog Secara Rutin.

Jangan pernah selesai untuk menulis hal-hal baru di blog kamu, kalau berhenti begitu saja, nanti malah susah untuk mengembangkan blognya. Dan jadi lebih sulit untuk mendapatkan uang dari blog.

Ya setidaknya dalam satu bulan itu ada 2 artikel baru di blog kamu. Menulis artikel itu tidak sulit, jika sesuai dengan minat dan bakal kita. Misalnya kamu suka dengan bisnis, punya pengalaman bisnis, kamu tulis saja tentang hal tersebut, itu akan menjadikan pekerjaanmu lebih mudah.

Ketimbang menulis sesuatu hal yang tidak kita ketahui. Kadang tergiur dengan topik-topik yang tingkat pencariannya tinggi, malah buat kita ikut-ikutan. Padahal topik artikel dengan pencarian tinggi itu, pastinya persaingan juga tinggi. Jadi bakal susah untuk dapetin pengunjung dari Google. Karena harus bersaing dengan blog lainnya.

Ya untuk awal-awal kamu cukup nulis artikel sesuai hobi dulu, nanti perlahan-lahan sambil ditingkatkan.

Cara Mendapatkan Uang dari Blog.

Pastinya hampir semua orang yang punya blog pingin dapet uang dari blognya. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghasilkan uang.

1. Menyediakan Jasa Conten Palacement.

Conten Palacement itu kalau blog kita sudah lumayan bagus dan berkualitas, Kita buat pengumuman ke orang-orang kalau kita nerima jasa review bisnis mereka. Jadi kita akan mereview produk, jasa, atau dagangan orang lain, nah nanti orang tersebut akan bayar ke kita. Semakin bagus kualitas blog kita semakin banyak juga orang tertarik ngajak kerjasama sama kita.

Yang ini gak perlu dikejar, fokus aja memperbagus kualitas blog, dari penulisan artikel, tampilan blog, kecepatan blog, sama authority blog (Rank Alexa, Domain Authority dan Page Authority).

Kamu tinggal buat aja halaman Kontak, nanti kalau ada yang tertarik ngajak kerjasama pasti dihubungi sama mereka.

Sebagai contoh saya alhamdulillah beberapa kali mendapatkan uang dari conten palacement orang di blog ini, cukup nulis artikel, diartikel itu kita arahkan link yang menuju websitenya dia. Kalau udah selesai buat laporan ke orangnya, nanti dia review, dan transfer biayanya ke kita.

jasa conten palacement

Masnya ini mau conten palacement di artikel Usaha budidaya ternak ayam, yang diartikel itu mengarahkan link menuju websitenya. Dan kesempatan seperti ini akan terus bertambah seiringan dengan meningkatnya kualitas blog kita.

2. Iklan Google Adsense.

Ini yang paling populer dikalangan Blogger, bahkan sampai Youtuber, karena langsung miliknya Google. Tapi cara ini untuk awal-awal itu gak rekomended. Karena membutuhkan pengunjung blog yang banyak, baru bisa kelihatan hasil dari iklan adsense ini.

Kalau masih dibawah 500 pengunjung/hari, tak saranin jangan dulu pasang adsense. Atau mau coba/cari pengalaman dulu boleh. Cari aja cara daftar Adsense di Google.

3. Ikut Lomba Blog dan SEO.

Cara ini tingkatannya sedikit expert, karena kamu harus paham tentang SEO, dimana kamu nanti bakal memperlombakan suatu kata kunci artikel untuk dapat masuk halaman satu Google. Kalau kamu berhasil masuk halaman satu Google, kamu bisa jadi pemenangnya.

Biasanya Lomba SEO itu pesertanya lumayan banyak, lebih dari 50, kadang juga 100 orang lebih. Bakalan sengit persaingannya.

Setiap bulan ada saja lomba SEO baru, mungkin kamu bisa ikutan, semisal ini saya juga ikutan lomba dari Kopi Jujur, cuma iseng aja ikutan. Sekalian belajar SEO.

Hadiah totalnya itu lumayan untuk lomba ini, sekitar 8 jutaan. Ada juga lomba yang hadiahnya sampai 30 jutaan, contohnya lomba seva mobil murah.

Ya bisa dibilang untung-untungan kalau bisa menang lomba SEO, hadiah dapat, bahkan kesempatan untuk dikenal sama orang lain itu juga tinggi. Tawaran kerjasama semakin ningkat, ah enak deh pokoknya.

4. Daftarin Blog ke Marketplace Blogger.

Sekarang lagi ngetrendnya marketplace blogger yang bisa kita manfaatin untuk mendapatkan uang tambahan dari blog.

Marketplace blogger pada dasarnya itu tempatnya blogger untuk jualan. Apa yang dijual?

Ya jasanya blogger, seperti Jasa Backlink, Jasa Konten Palacement, Jasa penulisan artikel. Karena jasa seperti ini sangat dibuthkan oleh beberapa agency/personal.

Ada banyak marketplace blogger, sebut saja Sosiago, Rajabacklink, dan Jawalink.

Cara kerjanya itu kamu daftarin blog disana, lakukan verifikasi kepemilikan blog, dan tunggu hingga ada orang yang beli backlink dari kamu. Nanti kalau ada yang beli kamu bakalan dapeet email dari marketplace tersebut. Dan Briefnya bakalan dikirim ke kamu.

cara mendapatkan uang dari marketplace

Salah satu orderan dari rajabacklink.com.

Manfaatkan Sosial Media untuk Mendapatkan Pengunjung Blog.

Kadang saya juga manfaatin facebook, whatsapp untuk dapetin pengunjung tambahan. Tapi gak sering sih.

Misalnya saya abis nulis tentang soal-soal latihan ulangan, terus tak publish. Beberapa menit kemudian saya share ke group Jurusan di Facebook. Dan responnya lumayan baik, dan bisa meningkatkan pengunjung blog.

Kamu bisa pakai cara ini, misal kamu abis nulis artikel tentang resep makanan, kamu langsung aja share ke Group masakan/makanan di facebook.

Usahakan tempat share artikel itu yang seTopik ya, biar responnya juga bagus untuk blog kamu.

Penutupan:

Mengenai Tutorial Blogger ini bisa kamu peraktikan dengan santuy, pelan-pelan saja, asalkan konsisten nulisnya dan update kontennya.

Tinggalkan komentar