Lan Card: Pengertian, Tipe dan Fungsi Lan Card

Diposting pada

Pada kesempatan ini saya ingin melanjutkan untuk menulis materi tentang Pengertian dan fungsi lan card. Dimana sebelumnya saya telah menuliskan tentang pengertian LAN.

pengertian lan card, tipe dan fungsi lan card
pengertian lan card, tipe dan fungsi lan card

Pengertian LAN card

 

Kartu LAN (Local Area Network) adalah ‘pintu’ ke jaringan dari komputer. Segala jenis aktivitas jaringan memerlukan kartu LAN, seperti: Internet, printer jaringan, menghubungkan komputer bersama, dan sebagainya.  

Saat ini banyak perangkat berisi kartu jaringan, termasuk televisi untuk aplikasi Internet, pemutar Blu-ray, ponsel, VoIP, telepon meja, dan bahkan lemari es. Kartu LAN adalah perangkat perangkat keras yang dapat ditambahkan ke komputer, atau dapat diintegrasikan ke perangkat keras utama komputer.

Jenis Kartu LAN


Seperti apa bentuk kartu LAN? Beberapa kartu LAN terlihat seperti kartu kredit.

Beberapa kartu, seperti kartu PCMCIA, dapat digunakan di laptop. 

Ada banyak cara lain untuk menghubungkan kartu LAN ke komputer. Beberapa kartu dapat dihubungkan melalui port USB, beberapa melalui port PCI di dalam komputer. Dan beberapa bahkan tertanam di dalam komputer. 

Sebagian besar laptop saat ini memiliki kartu LAN terintegrasi baik untuk jaringan kabel maupun nirkabel. 

Kartu PCI masuk ke dalam komputer PC. Kartu menunjukkan port Ethernet, yang merupakan titik di mana Anda mencolokkan kabel jaringan. 

Kartu LAN yang Anda pilih sering menentukan protokol yang digunakan pada jaringan. Misalnya, kartu Ethernet akan memungkinkan komunikasi melalui protokol Ethernet. 

Kartu coax akan memungkinkan jaringan topologi bus dan seperangkat protokol baru. 

Kabel serat akan memiliki plugin kabel yang berbeda, dan kemungkinan akan bekerja dengan protokol Wide Area Network. 

Port Ethernet pada kartu LAN terlihat seperti jack telepon, tetapi lebih lebar dan memiliki lebih banyak pin.  

Kabel Ethernet biasa, atau kabel jaringan, adalah plugin yang masuk ke kartu LAN, atau Network Interface Controller (NIC).

Fungsi LAN Card

Kartu Lan memiliki Alamat Mac yang digunakan untuk mengidentifikasi perangkat di jaringan, dan setiap Kartu Lan hanya memiliki satu alamat Mac saja. 

Sehingga jaringan biasanya akan mengidentifikasi alamat mac kartu lan yang dipasang di komputer Anda. Kartu Lan biasanya dipasang di komputer karena model lama, untuk komputer jenis sudah terpasang kartu lan di motherboard.  

Selain port RJ 45, pada Kartu Lan adalah lampu indikator yang berfungsi sebagai penanda apa lan bekerja. Sehingga ketika kartu Lan terhubung dengan RJ 45 maka lampu indikator sebagai penanda BAHWA kartu Lan sudah berfungsi.

LAN adalah singkatan dari Local Area Network dan merupakan papan sirkuit di dalam komputer Anda yang digunakan untuk berkomunikasi dengan jaringan lain di Internet.

Kartu LAN melakukan fungsi mendukung koneksi TCP atau IP ke komputer dan perangkat jaringan lainnya.  

Nah demikianlah sedikit referensi mengenai lan, pengertian lan card, fungsi dan tipe lan card.
 referensi:

https://www.answers.com/Q/What_is_the_function_of_LAN_Card
https://component-computer.blogspot.com/2016/10/definition-and-function-of-lan-card-nic.html   .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *