Pengertian SIP dan Cara Instalasi Softswitch SIP

Pengertian sip dan cara instalasi softswitch. Kali ini saya akan menuliskan mengenai Pengertian SIP dan Instalasi Softswitch dengan SIP. Dalam materi pembelajaran Teknologi Layanan Jaringan kita akan mempelajari mengenai SIP.

Pengertian SIP dan Cara Instalasi Softswitch.


Pengertian SIP adalah upaya pensinyalan protokol dalam layer osi ke 7 yaitu layer aplikasi. Dimana SIP berfungsi sebagai alat untuk memulai, memodifikasi, dan menyelesaikan sebuah sesi Multimedia/MM yang dilakukan oleh satu pengguna atau lebih. Yang dimaksudkan dengan sesi multimedia adalah pertukaran data dengan komunikasi, seperti teks, suara, gambar dan video.

Baca juga: Soal latihan ASJ kelas 12.

Session Initiation Protocol (SIP) Tidak menyediakan layanannya secara langsung, namun SIP menyediakan layanan untuk digunakan oleh protokol aplikasi yang lain. Kemudia protokol yang lain itu akan memberikan layanan penuh kepada pengguna.

Contoh dari layanan yang menggunakan SIP adalah Real Time Transport Protocol yang berfungsi sebagai pen-transfer data secara real time. Dengan Session Description Protocol berfungsi sebagai mendeskripsikan sesi dari multimedia/mm.

Fungsi dari Session Initiation Protocol (SIP_

Seperti yang dijelaskan diatas bahwa SIP memiliki fungsi sebagai pembangunan, pemodifikasi, dan penyelesaian suatu sesi Multimedia yang dilakukan oleh beberapa pengguna.

Cara Instalasi Softswitch SIP

Untuk melakukan Instalasi softswitch SIP, langkah awal yang harus dilakukan adalah menghubungkan SIP proxy dengan PBX, yang bertugas sebagai gateway. Untuk dapat menghubungkan melalui IP Network ke PSTN, SIP melakukan proses routing kepada seluruh panggilan dari VoIP ke PSTN.

Untuk tautan koneksi dapat mengunakan PRI SDN maupun T1. Pertama yang perlu dikerjakan adalah setup SIP Proxy, jika sudah bisa dijalankan dengan baik, selanjutnya hubungkan ke PBX existing dengan tautan ISDN, E1 maupun T1.

Langkah selanjutnya ialah melakukan migrasi existing user dan services menuju SIP. Migrasi handset ke SIP bisa menggunakan gateway. Set Up SIP aplication server guna mengakomodasikan fitur yang dibutuhkan user, seperti voice mail, multi-party.

Langkah akhir adalah melakukan routing panggilan keluar melalui Jaringan Internet. Nah demikianlah Cara Installasi Softswitch dengan SIP.

Mungkin sekian Pengertian SIP dan Cara Instalasi Softswitch SIP semoga dapat bermanfaat. Artikel ini diambil dari berbagai sumber di Internet.

Baca juga: Prinsip Kerja Subcriber Internet Telepon.

Tinggalkan komentar