Pengertian Pertumbuhan adalah: Faktor, dan Contoh Pertumbuhan

Pengertian pertumbuhan. Didalam bidang Biologi kita mengenal istilah pertumbuhan, jadi apa sih pertumbuhan itu?

pengertian pertumbuhan faktor pertumbuhan

 

Pengertian pertumbuhan

Pengertian Pertumbuhan adalah sebuah proses pertambahan ukuran seperti tinggi, lebal, berat, dan jumlah sel pada tumbuhan. Sehingga pertumbuhan dapat diukur dan dinyatakan dengan angka yang disebut kuantitatif.

Jadi kalau ada soal yang menyatakan “proses pertambahan ukuran, tinggi, lebar, berat dan jumlah sel pada tumbuhan”. Maka jawabanya dari soal tersebut adalah Pertumbuhan.

Faktor Yang mempengaruhi pertumbuhan:

Setidaknya faktor yang mempengaruhi pertumbuhan itu ada 2 yaitu faktor Internal dan faktor Eksternal.

Faktor Internal dari pertumbuhan adalah faktor yang berasal dari tumbuhan itu sendiri, seperti gen dan hormon. Salah satu contoh hormon yang menjadi faktor internal dalam pertumbuhan adalah Sitokinin.

Berbeda dengan faktor internal, faktor ekternal itu faktor dari luar tumbuhan itu sendiri. Seperti yang berasal dari lingkungan tumbuhan tersebut, seperti cahaya, air, kelembaban, oksigen, pH dan kadar garam.

Soal seperti ini sering muncul pada soal Biologi SMA, jika ada soal yang menyatakan faktor internal yang mempengaruhi pertumbuhan tanaman. Maka jawablah Sitokinin.

 

Contoh dari Petumbuhan

Contoh dari pertumbuhan salah satunya adalah ketika menanam sebuah biji kacang, yang awalnya hanya berupa biji. Setelah beberapa hari biji tersebut akan tumbuh akar, tumbuh batang, dan tumbuh daun.

Setiap harinya proses itu akan terjadi, batang semaking panjang, semakin melebar, daun semakin melebar. Nah proses itulah disebutkan dengan proses pertumbuhan.

Berbeda ya dengan perkembangan, dimana perkembangan merupakan proses menuju kedewasaan fungsi organ. Jika tanamam kacang diatas sudah tumbuh, maka akan muncul bunga dan buahnya.

Ketika itu terjadi maka bisa dikatakan tanaman kaca itu sudah berkembang, karena fungsi organ reproduksinya sudah matang.

Kesimpulan:

Pertumbuhan itu berkaitan dengan penambahan ukuran seperti penambahan tinggi, panjang, lebar, volume, berat dan jumlah sel.

Nah demikianlah sediki ulasan mengenai pengertian pertumbuhan dan sedikit menyinggung tentang perkembangan. Semoga dapat menambah wawasan kita semua.

Tinggalkan komentar