Pengertian Konten: Manfaat dan Jenis Konten

By | Agustus 8, 2019

Belakangan ini semenjak ngetrendnya sebuah pekerjaan menjadi youtuber, kata konten juga semakin sering kita dengar. Tapi apakah kita tau apa itu konten?

Pada kesempatan kali ini saya akan menuliskan artikel mengenai pengertian konten dan jenis-jenis apa saja yang ada dari konten.

Apa itu Konten?

Pengertian Konten adalah sebuah informasi yang ada pada media-media baik itu media online maupun media offline. Tujuan dari konten adalah untuk memberikan informasi kepada orang lain. Dan jenis konten itu beragam banget.

 

Berikut jenis-jenis konten yang harus kita ketahui:

1. Artikel atau Tulisan.

Konten yang paling umum dan populer adalah artikel pada halaman web, seperti yang sedang anda baca sekarang ini. Dimana informasi yang anda baca saat ini adalah konten yang berjenis artikel.

2. Foto atau Gambar.

Selain tulisan jenis konten gambar juga sangat populer saat ini, hingga ada media sosial yang dikususkan untuk mengunggah konten jenis gambar. Sebut saja Instagram/ig, media sosial tersebut bisa kita gunakan untuk mempublikasikan konten gambar yang kita miliki.

Baca Cara hapus akun instagram sementara atau permanen.

3. Meme.

Tak jauh dari gambar, konten jenis meme ini adalah sebuah konten dari gambar yang sengaja dibuat agar terlihat lucu atau menghibur. Biasanya konten ini juga disebut dengan Joke, gambar lucu.

4. Suara.

Tak hanya itu saja, rekaman suara jika dipublikasikan akan menjadi sebuah konten, dan konten jenis ini disebut dengan podcast. Podcast sendiri merupakan informasi yang berupa suara.

5. Video.

Video merupakan jenis konten gabungan antara gambar dan suara. Konten video sendiri sangat populer saat ini, contohnya saja video yang ada di youtube.

6. Url/Link.

Link merupakan konten yang sangat singkat, namun jika kita klik link tersebut dan diarahkan kepada halaman web itu bisa menjadi informasi yang banyak.

7. Game.

Game juga termasuk sebuah konten, sebab mengacu pada pengertian konten diatas yang berarti informasi. Jika game tersebut memberikan informasi maka dapat dikatakan sebagai Konten.

8. Ebook.

Ebook atau buku elektronik adalah sebuah inovasi dalam pembuatan bacaan agar dapat dilakukan menggunakan gadget. Selain itu ebook memiliki fungsi sebagai pengurangan penggunaan kertas.

Baca Cara membuat ebook dengan sigil.

9. Testimoni.

Jika kita berkunjung ke halaman toko online pasti ada halaman testimoni, nah testimoni tersebutlah adalah sebuah konten/informasi. Dimana fungsinya adalah untuk memberi tau bahwa barang yang ada di toko tersebut bener-bener bagus.

Bagaimana cara membuat konten?

Nah jika anda bertanya-tanya cara membuat konten itu seperti apa, maka saya bisa bantu jawab.

1. Silahkan ambil gambar menggunakan kamera hp anda.

2. Share/bagikan gambar tersebut ke halaman media sosial anda.

Dengan 2 langkah tersebut maka anda sudah memiliki konten/informasi untuk dibagikan kepada orang lain. Nah demikianlah mengenai pengertian konten semoga dapat bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *