Pengertian Imigrasi, Emigrasi dan Remigrasi

Bima Saputra Mei 16, 2020

Halo teman-teman, kali ini admin tulisanlobak ingin menuliskan artikel seputar pengertian imigrasi, emigrasi, dan remigrasi. Hal seperti ini sudah kita pelajari di sekolah dasar dalam pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Tapi tidak ada salahny lagi untuk mengingatnya kembali.

Pengertian Imigrasi, Emigrasi dan Remigrasi.

Imigrasi, Emigrasi Tranmigrasi, Remigrasi itu termasuk kedalam Migrasi, yaitu perpindahan yang dialami penduduk ke tempat lain guna menetap atau tinggal dalam waktu yang lama.

Pengertian Imigrasi.

Pengertian Imigrasi adalah perpindahan yang dilakukan orang dari suatu negara ke negara lain dengan memiliki tujuan untuk menetap di negara tersebut. Contohnya, warga negara Malaysia yang pindah ke Negara Indonesia untuk menetap.

Orang yang melakukan tindakan Imigrasi ini disebut dengan Imigran.

Contoh Imigrasi:

  1. Warga Negara Jepang pindah menetap di Indonesia.
  2. Warga Negara Indonesia pindah untuk menetap di Jepang.
  3. Warga Negara Arab pindah untuk menetap tinggal di Negara Indonesia.
  4. Warga Negara Belanda pindah untuk menetap di Indonesia.
  5. dan masih banyak lagi contoh dari Imigrasi.

Pengertian dari Emigrasi.

Pengertian Emigrasi adalah warga suatu negara yang memutuskan pindah ke negara lain dengan alasan suatau pekerjaan yang mengharuskan untuk pindah ke negara tersebut.

Kalau ada warga suaatu negara memutuskan untuk melakukan emigrasi, bisa disebut orang tersebut adalah Emigran.

Contoh Emigrasi:

Warga negara Indonesia yang pindah ke Malaysia untuk urusan pekerjaan, dan menetap disana.

Pengertian dari Remigrasi.

Pengertian Remigrasi adalah perpindahan warga negara asing ke negara asalnya. Contohnya itu ada warga negara Singapura yang bekerja di Indonesia, lalu dia kembali ke Negara asalnya. Atau sebaliknya, waga negara Indoneisa yang bekerja di Singapura, lalu kembali ke Indonesia.

Pengertian Transmigrasi

Sedangkan Pengertian transmigrasi adalah perpindahan penduduk dari wilayah yang padat menuju wilayah yang masih jarang penduduk atau tingkat kepadatannya rendah dengan tujuan menetap atau tinggal dalam waktu lama.

Nah itulah sedikit penjelasan mengenai Pengertian dari Imigrasi, Emigrasi dan Remigrasi beserta contohnya, semoga teman-teman yang baca artikel ini bisa mengerti.

Bima Saputra

Change in profile > biography

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No comments