Pengertian Freeware Perangkat Lunak Bebas serta Contoh freeware

By | Agustus 2, 2019

Freeware sendiri berasal dari Bahasa Inggris yang artinya Software Gratis/bebas. Tapi jika kita telurusi apa memang sepenuhnya gratis? atau ada maksud lain dari kata gratis/free tersebut?.

Pengertian freeware

Pengertian freeware adalah sebuah program aplikasi yang dapat digunakan secara gratis oleh siapa saja. Perlu diingat walaupun aplikasi yang didownload itu gratis, kita juga harus mengikuti praturan yang dibuat oleh developer aplikasi tersebut.

Walaupun bisa dikatakan gratis dan bisa didownload oleh siapa saja, freeware tetap saja tidak boleh dimodifikasi secara bebas. Artinya walaupun bebas didonwload dan digunakan oleh siapa saja, harus tetap mengikuti privacy dari pembuatnya.

Freeware sendiri merupakan sebuah software atau perangkat lunak yang dapat digunakan oleh siapa saja. Singkatnya saja kalau freeware itu sebuah aplikasi yang dapat digunakan tanpa harus membayar.

Berbeda dengan open source ya. Open source itu selain bebas di download oleh siapa saja dan digunakan siapa saja. Juga code yang ada di software open source boleh dilihat oleh siapa saja. Bahkan dapat dikembangkan oleh siapa saja.

Contoh dari software freeware open source adalah Linux. Dimana Linux ini dapat dimodifikasi oleh siapa saja secara gratis. Berbeda dengan aplikasi yang hanya freeware, diamana aplikasi tersebut hanya bebas didownload oleh siapa saja.

Namun tidak bebas untuk dimodifikasi, apalagi untuk mencari keuntungan pribadi dari aplikasi tersebut.

Ada juga software jenis shareware. Dimana aplikasi jenis shareware bebas digunakan oleh siapa saja dengan batasan waktu. Misalkan saya ingin menggunakan editor video bagus, saya dapat menggunakan aplikasi tersebut. Namun hanya beberapa hari saja, setelahnya jika saya merasa ittu aplikasi bagus.

Maka saya harus membeli aplikasi tersebut agar dapat menggunakan aplikasi tersebut selamanya. Atau biasanya disebut denga Trial/ gratis dengan batasan waktu.

Contoh dari Aplikasi Freeware.

Seperti penjelasan mengenai pengertian freeware diatas, sebenarnya sebagaian aplikasi yang kita gunakan adalah freeware.

1. Chrome.

Chrome merupakan sebuah aplikasi browser dari Google, dimana kita dapat menggunakan aplikasi tersebut secara gratis. Namun tidak untuk melihat code yang ada didalamnya, apalagi sampai memodifikasinya.

2. Notepad dan Notepad ++.

Notepad adalah aplikasi untuk membuat program di windows, program yang dapat dibuat itu beragam, salah satunya adalah html. Aplikasi ini juga termasuk freeware, karena gratis untuk digunakan.

3. Skype.

Aplikasi ini adalah sebuah aplikasi gratis yang dapat digunakan untuk melakukan obroal video jarak jauh.

4. Smadav.

Aplikasi antivirus yang satu ini juga termasuk freeware, sebab bisa digunakan secara gratis, ada juga berbayar.

Nah itulah beberapa contoh software berjenis freeware.

5.  Avira.

Avira merupakan software berjenis freeware untuk proteksi komputer dari serangan virus, atau antivirus untuk komputer.

6. Ccleaner

Sebuah aplikasi yang memungkinkan untuk menghapus file-file sampah yang sudah tak dibutuhkan lagi.

7. Adobe Flash Player

Aplikasi ini biasanya digunakan untuk ekstensi di web browser untuk dapat memutar sebuah program, seperti game dan video.

Baca lebih lengkap Contoh Aplikasi Freeware

Kesimpulan dari Pengertian Freeware.

Intinya freeware itu adalah software yang dapat diinstal secara gratis, namun bukan open source. Dimana kita tetap harus mengikuti kebijakan dari pembuat aplikasi tersebut. Dan freeware aplikasi gartis bukan untuk kepentingan komersial.

Sekian materi dari pengertian freeware dan contoh freeware semoga beramanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *