Pengertian dan Bunyi Hukum Newton 1,2,3

Kali ini tulisanlobak ingin berbagi tentang Teori Hukum Newton 1,2,3 dalam Ilmu Fisika yang Penting Dipelajari.

Di dalam mata pelajaran Fisika, pasti Anda pernah mendengar yang namanya Hukum Newton. Teori ini memang tidak mudah untuk dipahami. Namun, sebenarnya terbilang sederhana jika dibaca secara berulang-ulang dan hati-hati. Berikut adalah teori  Hukum Newton  yang dapat Anda pelajari.

Pengertian dari Hukum Newton.

Hukum Newton merupakan tiga hukum di dalam ilmu fisika. Hukum ini dijadikan patokan dasar untuk mekanika klasik. Dimana, di dalamnya akan menggambarkan secara menyeluruh antara benda yang bergerak dengan suatu gaya yang bekerja.

Hal ini sangat penting untuk dipelajari, karena rumus-rumus di dalamnya sangat berkaitan dengan gerak. Mulai dari aneka jenis jarak hingga ketinggian. Hukum ini sekaligus menjawab pertanyaan banyak orang bahwa benda yang bergeak dapat dijelaskan dari sisi jarak dan kecepatannya. Akan tetapi, ini tidak bisa dijelaskan dalam logika.

Macam-Macam Hukum Newton

Teori di dalam ilmu fisika menetapkan bahwa ada tiga macam Hukum Nwtn. Yaitu Hukum  Nwtn 1,2,3. Dimana, antara satu hukum dengan hukum yang lain memiliki perbedaan tersendiri. Berikut adalah penjelasan mengenai masing-masing hukum tersebut.

  1. Hukum Newton 1

Bunyi hukum Nwtn pertama adalah apabila resultan gaya yang ada pada suatu benda sama dengan nol. Maka, benda yang awalnya diam akan senantiasa dalam kondisi diam. Sedangkan benda yang awalnya bergerak secara lurus beraturan, maka akan senantiasa lurus beraturan. Tentunya dengan kecepatan yang konstan atau tetap.

Berikut adalah beberapa contoh Hukum Newtn 1:

  • Sebuah mobil berjalan dalam kondisi pelan. Kemudian, pengemudi menginjak gas, ini akan menjadikan penumpang condong ke bagian belakang.
  • Sementara ketika sebuah mobil dikendarai dengan cepat. Sesaat setelah itu rem diinjak, maka penumpang akan condong atau terdorong ke bagian depan.
  • Apabila Anda meletakkan koin di atas kain. Sesudah itu, kainnya ditarik dengan sangat cepat, maka koinnya akan tetap berada pada posisinya semula.
  1. Hukum Newton 2

Hukum yang kedua ini berbicara mengenai percepatan. Bunyinya adalah percepatan pada sebuah benda sebanding dengan resultan atau jumlah gaya yang bekerja untuk benda terkait. Sehingga, massanya akan cenderung berbanding terbalik.

Adapun contoh Hukum Nwtn 2 adalah sebagai berikut:

  • Kegiatan menggiring bola di permukaan tanah yang datar.
  • Kegiatan menarik gerobak dari lokasi rumah ke ladang untuk mengangkut beberapa buah pupuk.
  • Mobil-mobil yang memiliki massa lebih besar dengan beban tertentu, jika ditarik dengan gaya yang sama, maka percepatan yang dihasilkan cenderung lebih kecil. Sementara mobil yang massanya sama, jika ditarik memakai gaya yang lebih besar, maka percepatan yang dialami juga lebih besar.
  1. Hukum Newton 3

Sementara Hukum yang ketiga berisi apabila benda tertentu memberi suatu gaya kepada benda yang lain, maka benda yang terkena gaya tersebut akan memberi gaya yang besarnya dengan gaya yang ia terima dari benda lainnya. Hanya saja dengan arah yang berlawanan.

Hukum Newton 3 ini memiliki 3 jenis gaya. Pertama adalah gaya berat, kedua adalah gaya gesek dan ketiga adalah gaya sejenis.

Adapun contoh dari Hukum Newton 3 adalah sebagai berikut:

  • Ketika seseorang melemparkan bola pada dinding, maka bola tersebut akan mantul dan berbalik dengan kecepatan yang serupa.
  • Apabila seseorang menggunakan sepatu roda kemudian mendorong suatu dinding, maka dinding tersebut akan memberikan dorong kepada sepatu roda dengan besar yang sama. Sehingga, pengguna sepatu roda akan menjauhi dinding. Hanya saja, itu berlawanan arah.
  • Saat seseorang duduk di kursi busa, beban badan seseorang akan menekan kursi ke bagian bawah. Sementara kursinya akan menahan berat badan orang tersebut ke bagian atas.

Beberapa Hukum Newton 1,2,3 di atas adalah teori umum yang dapat Anda pelajari. Sementara beberapa contoh di atas dapat dijadikan sebagai analogi sederhana yang akan membantu meningkatkan pemahaman Anda.

Kunjungi blog pribadi iqlabseo.

Tinggalkan komentar