hikmah beriman kepada hari akhir

Menerapkan Perilaku Mulia di Kehidupan Sehari-hari

Diposting pada

Dalam kehidupan sehari-hari memang sudah seharusnya sebagai muslim, kita menerapkan perilaku mulia kepada orang disekitar kita. Tanpa terkecuali.

Sikap dan perilaku  mulia yang dapat kita amalkan dikehidupan nyata sangat banyak sekali, contohnya saja sebagai berikut:

1. Bersikap Qana’ah, yaitu menerima semua jenis kenikmatan yang dianugrahkan Allah SWT. Baik yang kita anggap kecil, maupun besar, dengan rasa ikhlas dan penuh kerelaan. Tanpa adanya sifat Qana’ah ini kita tidak akan pernah merasakan rasa syukur.

2. Berusaha mengesakan atau mentauhidkan Allah, dan tidak pernah menyekutukannya dengan suatu apapun yang ada dimuka bumi ini. Sebagai mana firman Allah, dalam Quran Sura Al ikhlas, bahwa dijelaskan Allah itu esa/ahad. Tidak beranak, tidak pula diperanakan.

3. Berusaha mentaati Allah Swt dalam segala keadaan dan menjauhi larangannya sebagai bentuk syukur kita kepada Allah Swt.

4. Berbakti kepada kedua orang tua sebagai bentuk terimakasi kepada mereka atas semua perjuangan dan pengorban mereka dari sejak dalam kandungan hingga kini.

5. Memperbanyak amalan salih atau perbuatan yang memberikan manfaat kepada orang lain, sebagai bentuk nyata dari ungkapan syukur kepada Allah Swt.

Tidak hanya sebatas itu saja perilaku mulia seorang muslim, yang paling sederhana adalah menghormati Tetangga, dan tamu yang datang. Selalu tersenyum dengan orang lain, karena ibadah yang paling ringan itu, adalah senyum kata Rasulullah.

Sebagai seorang siswa, mengikuti pelajaran sekolah dengan baik, dan mengerjakan tugas dengan tekun merupakan perilaku yang mulia juga. Tidak bolos, tidak melanggar, dan rajin berusaha.

Demikianlah sedikit artikel mengenai menerapkan perilaku mulia dikehidupan sehari-hari kita.

Gambar Gravatar
Pemain Sandiwara Bumi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *