Komunikasi Langsung dan Komunikasi Tidak Langsung

Tulisanlobak.com – Dalam kehidupan sehari-hari, kita itu gak bisa lepas dengan yang namanya “berkomunikasi”, dikarenakan manusia itu mahluk sosial, yang pasti butuh bantuan orang lain untuk hidup.

Adapun interaksi yang setiap saat kita lakukan itu membentuk suaatu komunikasi antar mahluk hidup.

Pembahasan inti dari artikel ini adalah, komunikasi langsung dan juga komunikasi tidak langsung. Kita akan kupas tuntas tentang pengertian, dan perbedaan dari komunikasi langsung dan tidak langsung.

Komunikasi Langsung dan Komunikasi Tidak Langsung

Pengertian Komunikasi

Singkatnya itu komunikasi adalah saling bertukar informasi dalam kehidupan sehari-hari, baik informasi yang berharga, ataupun sekedar tegur sapa dengan orang lain.

Pengertian Komunikasi Langsung

komunikasi langsung

Komunikasi langsung adalah suatu percakapan atau dialog yang terjadi secara langsung/ tatap muka antara satu orang dengan orang lain, atau dengan kelompok lain.

Contoh Komunikasi Langsung

Kalau kita lagi ngobrol sama orang tua itu juga termasuk komunikasi langsung, yang lainnya itu seperti seminar, guru pas nerangin materi ke muridnya, juga termasuk negosiasi pedagang dan pembeli.

Intinya kalau percakapan yang langsung tatap muka tanpa prantara itu disebut komunikasi langsung ya.

Baca nih: Contoh Kalimat Asking Giving Opinion

Pengertian Komunikasi Tidak Langsung

Sedangkan komunikasi tidak langsung adalah percakapan atau dialog yang terjadi dengan seseorang tanpa melihat wajah atau menatap wajah secara langsung, tetapi menggunakan media lain. Seperti Video Call dengan smartphone, live streaming, video conference.

Hal yang seperti ini dikatakan dengan komunikasi tidak langsung.

Nah jadi sudah jelas ya guys, perbedaan antara komunikasi langsung dengan komunikasi tidak langsung, yaitu terletak di “bagaimana cara komunikasi itu sendiri”. Apakah tatap muak secara langsung atau menggunakan media teknologi seperti vidio call.

Oke mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan mengenai perbedaan komunikasi secara langsung dan tidak langsung, semoga bermanfaat.

Baca juga: Arti kata copas

Tinggalkan komentar