Karya Seni 2 dan 3 Dimensi: Pengertian, Jenis dan Tehnik

Diposting pada

Kehidupan pada dasarnya merupakan sebuah hasil kesenian dari ciptaan Tuhan yang tidak terukur keindahannya. Namun, tidak banyak orang menyadari hal itu. Sangat banyak jenis dari karya seni 2 dan 3 dimensi di sekitar. Dan semua itu, kebanyakan murni buatan tangan menusia.

 

karya seni 2 dan 3 dimensi

Seputar Seni Rupa di Indonesia

Istilah kalimat seni rupa pertama kali mungkin Anda jumpai ketika duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama, betul?

Walaupun pada dasarnya, sejak kecil telah diberikan konsep pengajaran mengenai warna, menggambar, melipat dan lain sebagainya. Dengan melakukan berbagai kegiatan tersebut, baru disadari bahwa segala yang pernah dilakukan itu merupakan bentuk apresiasi dari sebuah seni rupa.

Mulanya, pertama kali Eropa di klaim sebagai Negara yang memiliki artefak tertua sebagai bentuk dari seni rupa. Namun ternyata, hal tersebut menjadi meragukan setelah dijumpai penemuan lanjutan di Sulawesi. Diduga ornament tersebut berasal dari jaman batu di Indonesia.

Kesenian tersebut sendiri terbagi menjadi karya seni rupa 2 dan 3 dimensi. Semuanya tergolong dan dibedakan berdasarkan bentuk dan estetika pembuatannya. Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa contoh hasil akhirnya.

Contoh Seni Rupa 2 dan 3 Dimensi

Untuk memahami lebih jelas mengenai perbedaan seni rupa tersebut, berikut ini Saya berikan beberapa contoh yang dapat dipahami lebih lanjut. Dan juga berguna sebagai penambah wawasan di bidang kesenian.

  1. Lukisan

Kesenian ini merupakan karya seni rupa 2 dimensi yang dibuat menggunakan media utama seperti kanvas, kertas hingga dinding. Pada proses pembuatannya, Anda harus mengoleskan berbagai jenis cat dengan kuas lukis, pisau palet, maupun peralatan lain. Sehingga, tercipta sebuah lukisan indah.

  1. Gambar

Seni rupa 2 dimensi ini tercipta dari perpaduan antara unsur bentuk, garis dan aspek kegunaan tanpa melibatkan ekspresi. Maka, hasil kesenian dalam bentuk gambar ini akan terlihat lebih nyata untuk dinikmati.

  1. Kaligrafi

Dalam nilai ke-Islaman pun terdapat sebuah seni rupa. Salah satunya dinamakan sebagai kaligrafi. Jenis ini membutuhkan teknik dan keahlian menulis huruf hijaiyah menggunakan tata cara yang telah ditetapkan. Sehingga, tidak menghilangkan sisi makna dari Al-Qur’an.

  1. Seni Grafis

Salah satu cabang kesenian yang dalam proses pembuatannya membutuhkan alat bantu disebut sebagai seni grafis. Sebagai salah satu contohnya adalah fotografi, sebab dalam proses pengerjaannya membutuhkan alat bantu berupa kamera.

  1. Seni Mozaik

Seni rupa 2 dimensi ini dibuat dengan cara menyusun beberapa benda menjadi bentuk tertentu. Tentu saja karya yang dihasilkan memiliki nilai estetika yang tinggi. Serta membutuhkan berbagai bahan tertentu. Seperti, pecahan kaca, keramik, serbuk kayu bahkan kuning telur.

  1. Poster

Membuat sebuah wujud berupa gambar disertai dengan informasi dinamakan poster. Karya ini dibuat dengan tujuan untuk memberikan ajakan atau pesan propaganda terhadap khalayak umum. Dan juga digunakan sebagai iklan.

  1. Anyaman

Anyaman merupakan kegiatan mengatur sesuatu dengan cara saling tindih atau menyilang, Apabila menyukai salah satu benda yang mempunyai estetika tersendiri, dari suatu pola  tidak beraturan. Maka jenis karya seni 3 dimensi ini cocok sebagai koleksi pribadi untuk memanjakan mata.

  1. Kerajinan Keramik

Karya seni rupa ini merupakan produk peninggalan masa lampau yang masih bisa ditemukan pada zaman sekarang. Di zaman dahulu, keramik dibuat hanya dengan pembakaran. Seiring perkembangan waktu, pembuatannya dicampur logam kimia tertentu.

  1. Kriya Logam

Seni kriya logam merupakan salah satu kerajinan yang digemari karena kekuatannya. Selain itu, estatika dalam pembuatannya pun patut dipertimbangkan. Bagi yang suka mengoleksi sesuatu benda berkilau. Maka jenis ini sangat direkomendasikan, sebab mempunyai daya tahan kuat dan  indah.

  1. Seni patung

Anda pasti tidak asing dengan kerajinan berupa patung. Seni rupa ini merupakan hasil dari teknik pahat yang biasa diterapkan pada batu ataupun kayu. Sehingga, mempunyai ciri khas tersendiri dalam segi penciptaannya. Bentuk 3 dimensi ini sangat memiliki nilai jual tinggi.

  1. Meronce

Kegiatan meronce ini dapat dilakukan dengan memanfaatkan berbagai benda sederhana seperti, cangkang kerang, manik-manik ataupun kancing bekas. Rangkaian yang tepat maka akan menghasilkan estetika tersendiri.

  1. Replika

Replika lebih sering disebut sebagai seni duplikasi dengan wujud yang sama persis dari aslinya, namun memiliki ukuran lebih kecil. Pada kerajinan ini unsur kemiripan asli sangat diperhitungkan, sebab ketika melihatnya orang menjadi sangat terkesan dan takjub.

Teknik-Teknik Seni Rupa 2 dan 3 Dimensi

Apabila tertarik untuk membuat salah satu karya seni rupa yang telah disebutkan di atas, maka berikut ini ada beberapa jenis teknik untuk mempermudah pembuatannya. Tentu saja dapat diterapkan dengan mudah, terutama bagi pemula. Seperti:

  1. Teknik Plakat

Teknik yang satu ini paling sering digunakan saat melakukan kegiatan melukis. Beberapa bahan di antaranya seperti, cat poster dan minyak akrilik. Anda dapat memoleskannya menjadi sebuah gambar dengan seni unik nan indah.

  1. Teknik Transparan

Teknik ini biasa digunakan dengan cara memoleskan cat air secara tipis-tipis. Sehingga, menimbulkan perpaduan warna transparansi. Pada umumnya cenderung di bubuhkan untuk menambah kesan gradasi pada suatu gambar pemandangan.

  1. Teknik Kolase

Memotong kertas dan kemudian ditempelkan pada sebuah obyek tertentu, menjadi salah satu ciri khas dari teknik kolase ini. Hasil akhir yang didapat akan membentuk sebuah lukisan abstrak serta realistis dengan estetika nan indah.

  1. Teknik 3 M

Keunikan pada teknik ini adalah sebuah lukisan berasal dari melipat, menggunting dan menempel. Dengan menerapkan 3 M tersebut, karya yang dihasilkan dapat berupa seperti tiga dimensi, walau pada kenyataannya sama saja.

  1. Teknik Aplikasi

Pada karya seni rupa 3 dimensi ini, diterapkan sebuah teknik hias dengan cara menempelkan, menjahit beberapa macam kain yang sudah digunting. Kemudian, dibentuk menjadi beraneka karakter seperti, boneka, bros dan lain-lain.

  1. Teknik Merakit

Menyambungkan beberapa potongan dari berbagai bahan adalah salah satu teknik dalam karya seni rupa 3 dimensi. Hasil akhir yang dihasilkan dapat berupa rakitan seperti mainan anak-anak maupun aksesoris rumah tangga.

  1. Teknik Pahat

Tahukah Anda berbagai jenis patung bernilai jual tinggi merupakan hasil dari teknik pembuatan yang tepat?

Patung menjadi sebuah ornamen dengan harga jual yang relatif tinggi, walaupun bentuknya kecil. Hal ini disebabkan karena teknik pahat membutuhkan tingkat ketelitian dan kreativitas yang cukup sulit. Tentu saja tidak dapat dilakukan oleh sembarang orang.

  1. Teknik Cor atau Menuang

Biasanya teknik ini dilakukan untuk membuat patung menyerupai manusia di depan rumah atau gang besar. Tentu saja dengan mencampur semen, batu koral serta bahan lainnya yang kemudian dituang ke dalam wadah agar membentuk wujud sesuai keinginan.

Dari sekian penjelasan berbagai jenis contoh serta teknik dari karya seni 2 dan 3 dimensi di atas, tentu Anda dapat menerapkannya di rumah. Penuhi ornamen dan aksesoris di lemari kaca dengan hasil karya tangan sendiri. Menarik bukan? Selamat berkarya

Gambar Gravatar
Pemain Sandiwara Bumi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *