Ragam Komunikasi: Komunikasi Data, Suara, Video

TULISANLOBAK. Dalam kehidupan sehari-hari kita mengenal dan pasti melakukan sebuah komunikasi. Komunikasi sendiri merupakan hal yang lumrah dikalangan masyarakat.

Jenis Ragam Komunikasi.

Pengertian komunikasi adalah upaya untuk menyampaikan sebuah informasi yang dimiliki kepada orang lain, tujuan agar orang tersebut tau dengan informasi yang kita miliki.

Dan komunikasi itu banyak sekali ragamnya, seperti yang akan saya jelaskan dalam artikel ini yaitu Ragam komunikasi.

Kita urutkan dahulu jenis ragam komunikasi yang ada dan akan kita definisikan:

1. Komunikasi Data

2. Komunikasi Suara

3. Komunikasi Video

4. Komunikasi gabungan Video dan Audio.

Komunikasi data merupakan sebuah komunikasi yang terjadi diantara alat elektronik yang terhubung dengan jaringan. Alat-alat tersebut adalah smartpone, komputer, laptop, dan alat elektronik lainnya.

Ketika smartphone saya mengirim data kepada smartphone orang lain, atau kepada anda, maka saya telah melakukan komunikasi data. Hal demikianlah yang dinamakan dengan komunikasi data, sebuah komunikasi antar pengguna alat elektronik yang terhubung dengan jaringan.

 

Komunikasi suara adalah sebuah komunikasi yang terjadi dan melibatkan indra pendengaran (telinga). Misalkan ada orang yang menelpone seseorang, maka itu dinamakan sebuah komunikasi suara.

Ada beberapa alat untuk melakukan komunikasi suara, hanphone, telepone kabel, dan handytalkie.

Komunikasi video. Jika diatas dijelaskan tentang suara yang ditangkap dengan indra pendengaran. Maka komunikasi video adalah sebuah komunikasi yang ditangkap dengan indra penglihatan.

Misalnya siaran televisi yang kita tonton, itu merupakan komunikasi jenis video. Dimana menampilkan video untuk diinformasikan.

Komunikasi audio dan video. Yang ini sama saja seperti pendefinisian komunikasi video dan suara. Dimana melibatkan indra pendengaran dan penglihatan dalam komunikasi ini.

Contoh dari komunikasi ini adalah teknologi dari video call yang bisa kita lakukan menggunakan smartphone yang terhubung dengan jaringan internet.

Kegunaan dari komunikasi audio video adalah memudahkan orang yang ingin bertatap wajah dengan orang yang ingin ditemuinya. Namun belum bisa untuk saling bertemu secara langsung.

Maka bisa menggunakan teknologi ini untuk bertatap wajah dengan orang yang ingin ditemuinya (Video call).

Nah demikianlah sedikit ringkasan mengenai jenis ragam komunikasi. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Baca juga materi menarik lainnya: Macam-macam sistem transmisi.

Tinggalkan komentar