Hal Yang Harus diperhatikan Saat Ingin Membuat Website

Membuat website adalah pilihan bagi siapa saja yang ingin berkarir di bidang blogging atau ingin mengembangkan usahanya agar lebih profesional dan bisa menjangkau market yang lebih luas. Namun, ada hal-hal yang harus diperhatikan saat ingin membuat website. Apa saja itu?

Beberapa Hal-hal yang Harus Diperhatikan Saat Ingin Membuat Website

Membuat website bisa dibilang gampang-gampang sudah. Untuk website yang lebih profesional tentu membutuhkan ahli pemrograman untuk membuatnya agar bisa tersedia banyak fitur yang dibutuhkan pengguna di dalamnya.

Namun, banyak juga platform yang menyediakan template website gratis.

1. Nama Domain

Langkah pertama yang harus Anda lakukan saat ingin membuat website adalah menentukan nama domain dari website tersebut. Buat nama domain yang mudah diingat, singkat, jelas, dan jangan terlalu panjang.

Pengunjung pun akan mudah ingat dengan nama website Anda untuk sering berkunjung.

Buat nama domain yang sulit diduplikasi dan nama tersebut belum digunakan oleh orang lain. Meskipun terdapat perbedaan beberapa huruf atau angka saja, memiliki nama domain yang mirip dengan milik orang lain sangat tidak disarankan. Karena akan membuat pengunjung bingung mengingatnya.

2. Logo Website

Logo sangat penting untuk ditentukan sejak awal karena menunjukkan identitas perusahaan maupun branding nama website yang ingin Anda bangun.

Buat logo yang mudah diingat dan memiliki ciri khas. Di dalam logo tersebut Anda bisa mencantumkan inisial perusahaan, nama, dan lambang filosofi.

3. Tata Letak dan Template

Platform website tertentu biasanya menyediakan template gratis yang bisa dipilih sesuka hati oleh penggunanya sesuai kebutuhan. Template ini bisa dipilih berdasarkan tema atau topik tertentu yang sesuai dengan keinginan dan topik yang akan dibuat pada website tersebut.

Desain template yang bagus tidak perlu yang terlalu banyak pilihan jenis teks dan warna. Desain yang menarik untuk website lebih banyak disarankan dengan pemilihan warna yang eye catching dan simpel. Setelah mendapatkan template yang sesuai, Anda bisa mengatur tata letaknya sesuai keinginan.

4. Jenis Konten yang Akan Dibuat

Sebelum membuat website, Anda harus menentukan terlebih dahulu jenis konten apa yang akan dibuat. Konten yang dibuat sebisa mungkin harus relate dengan nama domain.

Misalnya Anda ingin membuat konten tentang kecantikan, maka bisa menggunakan nama domain www.duniacantik.com.

Buat konten yang menarik dan unik serta sebisa mungkin karya sendiri alias tidak plagiat. Bahasanya jangan bertele-tele dan harus mudah dipahami. Satu paragraf buat dalam kalimat yang singkat agar pembaca tidak jenuh saat ingin membacanya.

5. Hosting

Hosting seperti satu paket dengan domain. Fungsi hosting ini adalah untuk menyimpan data yang terdapat pada website. Agar bisa menampung banyak kapasitas, maka sangat disarankan untuk membeli domain dan hosting dan jangan mengandalkan hosting gratisan.

6. Pahami Fitur dan Tools Pada Website

Meskipun Anda sudah menyerahkan kepada ahlinya untuk membuat website, bukan berarti Anda bisa lepas tangan. Sebagai pemilik website tentu akan lebih bagus lagi jika Anda bisa memahami setiap fitur yang ada di dalam dashboard agar bisa mengeditnya sewaktu-waktu.

Cara mempelajari setiap fitur dan tools tersebut bisa melalui tutorial di YouTube atau mencarinya di mesin pencari seperti Google. Coba langsung praktekkan agar lebih mudah memahami setiap fitur dan tools yang ada.

Hal-hal yang harus diperhatikan saat ingin membuat website di atas sangat penting untuk diikuti agar website yang dibuat bisa lebih maksimal.

Iklan'

Skuy komen