Cara Mengetahui Jumlah Pengunjung (traffic) Website

Pada kesempatan ini saya ingin menuliskan mengenai cara untuk mengetahui jumlah pengunjung website kita dengan menggunakan tool gratisan.

Halaman website merupakan sebuah halaman yang berisikan banyak informasi bermanfaat untuk pengguna Internet. Setiap orang bisa membuat sebuah halaman website, dan mengembangkan sebuah halaman website.

Baik hanya sekedar untuk menulis kegiatan sehari-hari, membuat portal berita, berjualan ataupun portofilio Online.

Setiap website yang ada pasti bisa di akses oleh siapa saja melalui jaringan internet, dan kita sebagai pemilik website dapat mengetahui pengunjung website kita.  Baik itu jumlah kunjungan harian, mingguan, negara pengujung, perangkat yang digunakan, dll.

Bagaimana Cara Mengetahui Jumlah Pengunjung Website kita?

Pertama jika kita membuat website menggunakan blogger.com, kita sudah bisa melihat jumlah kunjungan ke website kita. Yaitu melalui menu statistik, pada bagian sidebar kiri dashboard blogger.com.

Disana dijelaskan estemasi jumlah kunjungan (harian, mingguan, bulanan), situs perujuk, negara, perangkat yang digunakan, sumber traffic, postingan yang paling banyak dibaca.

Penjelasan:

statistik blogger

Sumber lalu lintas: Ini adalah sumber pengunjung anda yang mengarah ke website kita, jika artikel website kita ditemukan di facebook, maka sumber lalu lintasnya adalah facebook. Sedangkan jika artikel kita di temukan melalui pencarian Google, maka sumber lalu lintasnya adalah Google.

Begitu juga dengan sumber lalu lintas lainnya.

Atau kita juga dapat menggunakan tool lain untuk mengetahui jumlah traffic website kita, misalnya Google Analytics.

Google Analytics merupakan tool web monitoring gratis dari Google yang bisa digunakan untuk semua jenis website. Dimana setiap perilaku di website kita akan terekam secara keseluruhan oleh Google ketika kita memasang kode tracking Google analytics di web kita.

Menurut saya pribadi, Google analytics lebih bagus dibandingkan tool gratisan lainnya, karena laporan yang diberikan sangat detail. Mulai dari Jumlah kunjungan, sumber negara, sumber lalu lintas, perangkat yang digunakan, bounce rate, dan banyak lagi.

Jika kamu ingin menggunakan Google analytics untuk memonitoring traffic website, bisa langsung daftar saja dan pasang kode trackingnya di website kamu.

Untuk tutorialnya bisa kamu cari di Google (maaf saya belum sempat menuliskannya :))

Tapi jika website kamu menggunakan wordpress.com, kamu bisa mengetahui jumlah traffic melalui plugin yang sudah terpasang, yaitu jetpack.

Disana juga sudah terekam jumlah traffic harian, mingguan, dan bulanan seperti pada dashboard blogger. Namun sedikit lebih banyak fiturnya, seperti jumlah klik keluar yang mengarah ke website lain dari link eksternal yang kamu pasang di artikel kamu.

Tampilan plugin jetpack

Sedangkan kalau kamu pengguna wordpress.org atau wordpress selfhost kamu bisa menginstall sendiri plugin statistik di wordpressmu.

Baik itu menggunakan Jetpack, Wp statistik, ataupun Google analytics.

Nah demikianlah artikel mengenai cara untuk mengetahui jumlah traffic website, semoga dapat bermanfaat.

Tinggalkan komentar