Cara Mempercepat Loading Blog

Hal mendasar yang perlu kita ketahui mengenai loading blog adalah semain banyak kode didalam template yang kita gunakan, maka semakin berat juga time load dari blog tersebut.

Tapi ada beberapa cara yang efektif untuk mempercepat loading blog, tapi sebelumnya mohon baca sampai selesai ya artikelnya. Biar gak salah paham hehe.

Cara Mempercepat Loading Blog dengan mudah

Jawaban dari artikel ini murni dari pengalaman saya pribadi, jadi mungkin akan ada perbedaan diantara teman-teman semua.

1.  Minimalkan penggunaan widget.

Hal yang paling harus dilakukan adalah mengurangi atau meminimalkan penggunaan plugin atau widget. Misalnya Widget gambar yang banyak, atau widget backsound dan semacamnya.

Penggunaan widget memang suatu hal yang antara blogger 1 dan blogger lainnya itu gak sama. Karena kebutuhan tiap blog itu beda-beda. Jadi mungkin bisa kita ambil titik tengahnya, bahwa penggunaan widget yang dibutuhkan saja yang harus dipakai.

Baca dulu: Cara dapetin 1k view blog dari facebook.

2. Menggunakan CDN Cloudflare.

Loading...

Bagi temen-temen yang belum tau apa itu cloudflare, merupakan penyedia layanan CDN yang bisa kita gunakan secara gratis. Jadi cara kerjanya itu menggunakan sistem cahce. Tiap orang yang sudah mengunjungi blog kita, trus dia berkunjung lagi sewaktu-waktu itu akan menjadi lebih cepat aksesnya.

Ini dikarenakan ada data cahce yang disimpan di browser pengunjung sebelumnya. Sehingga gak butuh waktu lama untuk mengakses website yang sama.

Selain itu bagi pengguna wordpress self hosted, CDN ini sangat berguna untuk menyamarkan alamat ip. Agar gak ada yang bisa usilin website tersebut.

3. Mengecilkan ukuran gambar yang digunakan.

Usahakan kalau mau post gambar untuk artikel, gambarnya di compress dulu biar penyimpanan server gak berat. Ada tool online kok untuk compressnya jadi lebih mudah.

Apa lagi ya…

Mungkin sih dari pemilihan template, saya yakin hampir semua developer template di Indonesia sudah mengoptimalkan templatenya. Sehingga memiliki kecepatan akses yang cepat.

Mungkin itu aja sih tips kali ini dari cararirin, semoga bermanfaat.

 

3 pemikiran pada “Cara Mempercepat Loading Blog”

Skuy komen