Cara Memilih Web Hosting Terbaik Untuk Kebutuhan Website Anda

Cara Memilih Web Hosting Terbaik Untuk Kebutuhan Website Anda Saat ini sudah semakin banyak orang yang mulai ingin memiliki website baik itu untuk website pribadi maupun juga website untuk keperluan bisnis seperti jualan dan lain sebagainya. Ketika ingin mengelola website secara optimal maka Anda akan membutuhkan layanan penyedia web hosting agar website tersebut dapat online dan bisa diakses lewat peramban internet.

Mengingat cukup pentingnya peranan jasa penyedia web hosting, ada baiknya jika Anda tidak sembarangan dalam memilih penyedia tersebut. Pemilihan website yang asal-asalan, bisa saja memberikan dampak yang kurangbaik untuk website Anda semisal performa yang kurang optimal dan sering mengalami down.

Cara Memilih Web Hosting Terbaik Untuk Kebutuhan Website

Bagi Anda yang sedang ingin mencari jasa penyedia hosting, berikut ini adalah beberapa cara memilih web hosting terbaik yang bisa dipertimbangkan untuk memenuhi kebutuhan website atau blog Anda.

Perhatikan Kapasitas Spesifikasi Hosting Yang Ditawarkan

Bisa diibaratkan bahwa hosting itu seperti rumah Anda yang didalamnya memuat berbagai macam perlengkapan. Hosting akan menjadi rumah bagi website Anda karena di dalamnya terdapat berbagai macam file yang akan digunakan untuk membuat website tersebut dapat diakses oleh para pengguna internet.

Agar situs website yang Anda miliki dapat berjalan secara optimal, Anda perlu memilih hosting dengan spesifikasi yang mumpuni mulai dari kecepatan, keamanan, bandwidth, space, dan lain sebagainya. Semakin baik kualitas web hosting maka pada umumnya akan memiliki kecepatan akses semakin tinggi, fitur keamanan yang memadai, dan juga koneksi batasan bandwidth yang tinggi pula.

Perhatikan Jenis Website Yang Ingin Anda Kelola

Secara umum, terdapat beberapa jenis website yang bisa dikelola mulai dari website atau  blog pribadi, website perusahaan, dan ataupun juga website untuk keperluan ecommerce. Kalau Anda ‘hanya’ ingin mengelola website pribadi yang trafik pengunjungnya belum terlalu besar maka biasanya paket Shared Hosting sudah cukup mumpuni untuk digunakan.

Salah satu rekomendasi hosting murah untuk wordpress adalah domainesia.

Sedangkan jika Anda adalah pengelola website perusahaan maupun situs ecommerce yang memilki trafik pengunjung cukup tinggi, mungkin akan membutuhkan jenis hosting yang lain semisal Dedicated Servcer, Cloud Hosting, maupun juga Virtual Private Server (VPS).

Sesuaikan Ketersediaan Data Center Dengan Target Audiens Anda

Cara memilih web hosting yang perlu dipertimbangkan berikutnya adalah dengan memilih provider hosting yang memiliki data center dekat dengan audiens Anda. Sebagai contoh, jika Anda ingin menarget pembaca luar negeri semisal Amerika Serikat, maka Anda perlu memilih provider hosting yang menyediakan pilihan server dengan lokasi data center  di Amerika.

Hal ini bertujuan untuk memangkas routing yang akan memberikan pengaruh pada tingkat kecepatan loading website Anda. Jika Anda memiliki target pembaca Amerika namun memilih provider hosting dengan data center di Singapura ataupun India, hal tersebut bisa memberikan pengaruh yang kurang optimal pada segi kecepatan performa website Anda.

Kualitas Pelayanan Penyedia Provider Hosting

Cara memilih provider web hosting terbaik yang selanjutnya adalah dengan memperhatikan kualitas pelayanan dari penyedia provider hosting tersebut. Sebisa mungkin Anda perlu memilih penyedia layanan hosting yang memiliki layanan support hingga 24 jam setiap harinya. Hal ini bertujuan agar semakin memudahkan jika sewaktu-waktu mengalami trouble dengan pengelolaan website Anda miliki.

Membaca Ulasan/Review Pelanggan

Tips memilih provider hosting yang tidak kalah penting lainnya adalah membaca review/ulasan ataupun testimoni pelanggan. Saat ini sudah banyak provider hosting yang memiliki jejaring sosial sehingga Anda bisa dengan mudah membaca review-review maupun ulasan pelanggan lainnya untuk mendapatkan gambaran informasi tentang kualitas layanan yang dimiliki provider tersebut.

Itulah beberapa cara memilih web hosting terbaik yang perlu Anda perhatikan untuk kebutuhan pengelolaan website Anda. Dengan menggunakan beberapa cara di atas, Anda bisa memilih provider hosting terbaik dan tangguh untuk kualitas  website yang optimal.

Iklan'

Skuy komen