Cara Beriklan di Internet dan Berbagai Media Sosial

Jumlah kata: 1,9K

Internet, khususnya media sosial tidak hanya digunakan untuk sekedar upload foto dan update status saja. Semakin tingginya peminat penggunaan media sosial, menjadikannya tempat untuk beriklan.

Banyak orang yang punya bisnis sekarang ini menggunakan media sosial sebagai pusat beriklan, karena dianggap lebih efisien dan hemat biaya, kadang juga gratis.

Mungkin jika kamu pelaku bisnis, yang kepingin usahanya dikenal oleh lebih banyak orang dan memiliki keinginan sampai go Nasional. Mungkin kamu harus baca artikel ini sampai tuntas. Karena akan saya jelaskan cara beriklan di Internet termasuk diberbagai media sosial yang ada saat ini.

Mengenal Media Sosial

Namanya juga media “sosial”, pasti sangat erat hubungannya dengan komunikasi yang terjadi dengan mansyarakat luas. Hanya saja dilakukan dengan digital atau dalam jaringan Internet. Sebelum ramai seperti sekarang, awalnya media sosial hanya digunakan untuk upload gambar, dan pertemanan saja, seperti di Facebook.

Tapi kini sudah sangat berubah, facebook bisa dikatakan “Sarangnya” pelaku bisnis atau pedagang online. Apalagi dengan hadirnya fitur marketplace di facebook.

“Marketplace ini cara beriklan paling efektif di Media sosial”

Alasan Kenapa Harus Jualan Online

Berjualan online tentunya sangat bisa membantu kamu untuk mengurangi modal usaha kamu, semisal kamu harus sewa toko untuk jualan. Kini dengan memanfaatkan media sosial, kamu endak “Wajib” lagi harus punya toko, karena bisa memasarkan dagangan secara online.

Selain itu, promosi jualan online itu lebih mudah, karena media sosial sekarang banyak yang menggunakannya. Caranya juga lebih mudah dari jualan offline, tinggal upload gambar, dan share saja sudah berpeluang laku dagangannya.

Cara Beriklan di Berbagai Media Sosial Online

Sebelumnya saya akan berikan beberapa list media sosial yang pas banget untuk jualan online atau sekedar beriklan secara gratis.

  1. Facebook
  2. Instagram
  3. Youtube
  4. Forum
  5. Situs Ecommerce
  6. Iklan Endorse
  7. Influencer
  8. Website

1. Facebook.

Cara beriklan yang pertama adalah menggunakan media sosial facebook ini, setidaknya ada 3 cara memasang iklan yang bisa kita gunakan di facebook.

Pertama langsung promosi di akun facebook kita. Maksudnya, ketika akun facebook kita berteman dengan orang banyak, sebenarnya sudah bisa dimanfaatkan untuk iklan.

Ketika kita upload gambar atau video, itu otomatis akan dilihat oleh orang yang berteman dengan kita di facebook. Nah tinggal manfaatin aja untuk upload dagangan kita. Nanti pasti ada yang tertarik untuk membelinya.

Saya sendiri sering menggunakan facebook untuk beriklan, karena lebih mudah dan peluang dagangan kita laku itu lebih tinggi ketimbang iklan secara offline.

Kedua, bisa dengan memanfaatkan fitur marketplace. Kalau kamu punya akun facebook, itu secara otomatis sudah punya akun marketplace. Disana kamu bisa menjual berbagai produk, mau yang baru, ataupun yang bekas.

Pernah saya menjual Stabilizer untuk kamera, kurang dari 24 jam dari start ngiklan, itu sudah laku.

Memang keren deh pokoknya fitur marketplace facebook ini, iklan yang kita pasang akan lebih cepat dilihat oleh orang yang pas lagi butuh barang tersebut.

Terakhir, kita bisa memanfaatkan facebook ads untuk melakukan iklan dengan jangkauan yang lebih luas lagi. Tapi perlu ada biaya yang harus kita keluarkan. Karena ini sifatnya kita meminta pihak facebook untuk mengiklankan dagangan kita secara langsung.

Biasanya biayanya itu dihitung jumlah jangkauan/harinya. Semakin banyak uang yang kita keluarkan, maka semakin tinggi jangkauan iklan yang kita buat.

Dari segi “cepat lakunya“, memakai cara ketiga ini memang lebih rekomendasi, tapi disisi lain juga harus memperhatikan biaya yang harus dikeluarkan.

Untuk sekelas bisnis pemula, cara pertama dan kedua saja sudah cukup untuk dilakukan. Tapi kalau kamu mau coba dulu, bisa kok keluarkan anggaran 100rb untuk 24 jamnya.

Contoh iklan Facebook ads:

beriklan di facebook ads

Tips Jualan di Facebook.

Saya mau ceritakan pengalaman saya mejual beberapa produk di facebook dan laku terjual. Kamu simak baik-baik, supaya ada gambaran gimana caranya agar dagangan kamu itu juga laku di facebook.

  1. Saya itu kalau ngiklan di berbagai media sosial selalu pakai gambar original atau hasil jepretan sendiri, sebagai contoh kamu bisa lihat profil facebook saya di https://facebook.com/bimasaputra310302. Entah kenapa, selama saya ngiklan, setiap pakai gambar sendiri tingkat ketertarikan orang untuk beli itu lebih tinggi, comentnya lebih banyak, dan yang chat langsung itu banyak, ketimbang pakai gambar ilustari/editan semata. Mungkin kamu harus coba cara ini.
  2. Usahakan untuk tidak terlalu sering posting jualan kamu, karena orang yang lihat postingan kamu itu bosen lihat “ni orang jualan mulu, jualan mulu”, lama kelamaan bakalan dicuekin kamu kalau terus seperti itu. Jadwalkan saja, semisalnya dalam 3 hari sekali posting jualan. Atau sebulan 4 kali.
  3. Umumnya orang buka facebook itu diwaktu senggang, biasanya siang hari. Nah kalau mau posting jualan, usahakan diwaktu orang-orang lagi main facebook, anggap saja siang hari. Tujuannya biar pas kamu posting langsung dilihat oleh teman di facebook. Kalau endak gitu, ya postingan kamu bakalan tenggelem, endak ada yang lihat.

3 tips jualan di facebook ini sering banget saya pakai, semoga kamu bisa praktikkannya.

2. Instagram.

Perlu kamu ketahui, Instagram itu sekarang sudah menjadi anak perusahaanya facebook, jadi bisa dikatakan algoritmanya sama. Tapi endak terlalu penting sih kita bahas di artikel cara beriklan ini. Yang penting itu tau kalau Instagram punyanya facebook, dah!.

Pengguna instagram itu lebih banyak anak muda, jadi kalau kamu pingin jualan pakaian kekinian, makanan ringan, atau sesuatu yang sedang viral, disinilah tempatnya.

Mudah bagi pelaku bisnis untuk memasarkan dagangannya disini, karena aksesnya lebih cepat, dan fitur hastag yang memudahkan orang untuk mencari apa yang mereka mau.

Cara Beriklan dan Berjualan di Instagram.

  1. Kamu harus punya akun Instagram terlebih dahulu, mau akun pribadi atau akun bisnis (lebih rekomended). Setelah itu atur profil kamu semenarik mungkin, yang mencerminkan betapa kerennya produk yang mau kamu jual itu.
  2. Posting beberapa fotor atau video tentang produk kamu. Ini bertujuan untuk mengikat calon pelanggan agar mau follows akun kamu.
  3. Buat biographi yang padat dan jelas, seperti kualitas ori, free ongkir mungkin, atau sejenisnya, berupa informasi yang dibutuhkan oleh calon pembelimu.
  4. Minta temen dekatmu untuk mempromosikan akun instagrammu, dengan cara teman kamu tag kamu di storynya atau di feed instagramnnya.

Setelah 4 poin diatas terpenuhi, kamu sudah siap untuk beriklan di Instagram. Tinggal pilih ada 2 cara untuk promosi, pertama itu Free Promosi, dan yang kedua Paid Promosi.

Paid Promosi itu tentunya kamu harus mengeluarkan uang untuk beriklan. Sama seperti facebook, kamu membayar pihak instagram untuk mengiklankan postingan yang kamu jual. Sistemnya hampir sama seperti facebook, karena mereka 1 perusahaan.

Kedua itu membayar selebgram atau artis, biasanya ini sangat mahal, tergantung seberapa banyak follower selebgram tersebut. Ada yang 1-jtan dibuatin video review dengan durasi 7 hari tayang. Ada juga yang lebih mahal, ada juga yang lebih murah. Tergantung banyaknya followers mereka.

Melihat banyaknya budget yang harus dikeluarkan, mungkin kamu bakalan mikir lagi deh, hehe.

Tapi kalau mau tetep beriklan di Instagram tanpa modal, mungkin bisa coba free promosi, yaitu dengan cara memanfaatkan Hastag untuk meningkatkan pemirsa instagram kamu.

Misalnya saja nih, kamu jualan baju lebaran, pas mau posting gambar baju lebaran, usahakan buat caption semenarik mungkin, bahasanya endak perlu formal. Santuy saja, asalkan bisa dipahami oleh yang baca, sesuai target usia saja.

Dibarengi juga dengan penggunaan hastag, seperti #bajulebaran, #bajumurah, #bajukoko, #bajubaru, #bajulebaran2020, dan sejenisnya. Kalau kamu pakai hastag di Instagrammu itu akan lebih banyak orang yang lihat postingan itu.

Contohnya seperti ini:

memanfaatkan hastag

Misal kamu posting dengan hastag, akan ada peluang untuk dilihat oleh ribuan orang.

Tips Jualan di Instagram.

Kalau di Facebook saya lebih suka dengan iklan menggunakan foto hasil jepretan sendiri, maka di Instagram beda lagi. Saya lebih suka kalau di Instagram itu gambar hasil editan yang keren, misalnya kayak banner gitu.

Contohnya kayak gini:

tips jualan di instagram

*Salah satu iklan yang sangat menarik dari produk Saffron by taqychan_Saffron.

3. Youtube.

Kalau di Youtube bukan menjadi media beriklan yang utama, tapi bisa dijadikan sebagai “senjata” sampingan dalam beriklan. Kalau kamu punya bisnis yang sudah lumayan rame, buat aja chanel youtube atas nama usaha kamu. Upload video seputar atau yang releven dengan dagangan kamu.

Cuma sekedar upload aja sih, video “ngasal” juga endak apa, tujuannya cuma untuk ngarahin link ke akun bisnis utama kamu.

Misalnya kamu kan jualan baju lebaran, nah videoin aja toko kamu, atau stock barang kamu, judul videonya kasi (NAMA USAHA KAMU \ NO HP KAMU). Siapa tau ada calon pelanggan yang nyangku mau beli hehe.

4. Beriklan di Forum.

Ada banyak sekali forum jual beli yang bisa kamu kunjungi untuk mempromosikan dagangan kamu, sebut saja Kaskus.

Kaskus merupakan media forum terbesar di Indonesia saat ini. Banyak orang yang jualan disana, karena untuk mengiklankan produk disana bisa secara gratis. Tapi mungkin cara ini agak ribet untuk kamu yang belum terlalu “oke” sama media sosial.

Tenang saya ada solusinya!!.

Gabung aja di Forum yang ada di Facebook.

Caranya mudah banget, hampir sama kayak posting di facebook, cuman kamu perlu gabung ke group jual beli dulu, tinggal cari aja jual beli online Bali misalnya. Habis itu posting deh dagangan kamu disana.

Sebagai contoh:

cara beriklan di forum
Orang yang berjualan di forum facebook

Kamu bisa coba cara ini. Gampang, Gratis dan Efisien.

5. Situs Ecommerce

Tau Bukalapak, Tokopedia, atau Shopee?

Nah itu dia namanya situs ecoomerce atau sebut aja toko online.

Disana endak cuma belanja tok, tapi bisa juga jualan. Kamu tinggal buat akun dan verifikasi email di situs ecommerce yang mau kamu jadikan lapak kamu. Terus upload gambar produk kamu, terus isi sedikit keterangan tentang produk kamu (kondisi, harga, berat, pengiriman, dsb).

Kelebihan beriklan di situs ecommerce itu kamu endak perlu repot mikirin biaya promosi lagi. Karena pihak mereka sudah jor-joran melakukan promosi. Jadi kamu tinggal duduk manis saja.

Contoh shopee, banyak banget iklannya di TV, secara endak langsung itu kamu sudah “kecipratan” kesempatan untuk mengenalkan produk kamu secara luas. Enak kan?

Cara Jualan di Shopee

  1. Buat akun di Shopee, dengan cara klik daftar, terus lakukan verifikasi email dan nomor hp.
  2. Setelah itu lengkapi profil toko online kamu.
  3. Tambah produk dagangan kamu.
  4. Promosikan ke media sosial kamu yang lain.
  5. Tunggu hingga dapat persanan pertama.

Mengenai Tips Trik jualan laris di Shopee bisa kamu searching di Google ya, saya endak ngasih bukan karena pelit. Tapi belum pernah aja jualan di Shopee.

6. Iklan Endorse.

Diatas sudah saya bahas tentang iklan endorse Selebgram.

Nah kalau kamu pingin coba endorse selebgram atau youtuber itu boleh saja, tapi siapkan dulu budgetnya. Karena sewa mereka itu lumayan mahal. Cara ini cocok untuk yang bisnisnya sudah mulai berkembang dan ramai.

Cara Endorse Selegram atau Youtuber.

Biasanya selebgram atau youtuber yang menerima endorsan itu mencantumkan kontaknya diprofil mereka. Kamu tinggal kontak aja mereka, tanyakan berapa biaya yang harus dibayar, dan bagaimana sistemnya. Apakah promosi bersifat permanen atau cuma beberapa minggu saja.

Kalau kamu rasa ketentuannya itu cocok, ya udah ambil. Kalau kurang, kamu bisa cara lain untuk promosi.

7. Sewa Influencer

Yang ini hampir sama kayak endorsement, cuma kalau sewa influencer itu bisa lebih murah. Karena influencer gak melulu selebgram atau youtuber yang ternama. Tapi Blogger juga termasuk influener.

Kalau kamu minta tolong sama blogger untuk mengiklankan dagangan kamu, itu jatuhnya lebih murah, dan sifat promosinya itu Permanen.

Perbandingannya juga itu lumayan jauh, kalau sewa selebgram bisa tembus jutaan, tapi kalau Blogger itu bisa dibawah 1 juta.

Wow, keren kah?

Darimana saya tau?

Ya saya tau karena saya itu blogger, dan ada beberapa yang ngajak kerjasama, saya buat promosi mereka permanen, selama webiste saya ini aktif. Tentunya dengan biaya yang sangat terjangkau.

Kalau kamu mau ajak saya kerjasama bisa suh, kontak aja langsung.

8. Buat Website Sendiri.

Bedanya kalau kamu punya website bisnis sendiri itu bisa dikatakan “aman” lah. Dari segi biaya bisa lebih murah dari endorsmen dan sifatnya permanen. (selama kamu perpanjang).

Kamu pernah cari produk yang kamu butuhin di Google?, apa yang muncul?

Ya pasti website yang muncul.

Nah kalau kamu buat website, kemungkinan untuk website kamu dikunjungi orang lain itu besar banget. Apalagi kalau kamu jualan online di website. Saat ini saya juga sedang jualan lewat website, produk yang saya jual itu berupa jasa. Ada juga berupa barang.

Dan keduanya sangat efektif banget pake website untuk beriklan.

Yang satu jualan helm, yang satunya jualan jasa pembuatan website.

Oh iya, kalau kamu butuh website untuk jualan, saya siap bantu buatkan, dengan harga yang terjangkau, sesuai dengan request kamu.

Penutup

Gak kerasa ajanih nulis artikel sepanjang ini. Lumayan capek juga ternyata.

Saya mulai nulisnya selepas shalat shubuh sampai jam 7 lebih, lebih dari 2 jam untuk menulis artikel ini. Intinya semoga kamu dapat manfaat dari artikel ini.

2 pemikiran pada “Cara Beriklan di Internet dan Berbagai Media Sosial”

Tinggalkan komentar