Ide Bisnis Makanan Ringan Modal Kecil

Usaha makanan ringan bisa menjadi pilihan terbaik bagi Anda yang saat ini mengalami kesulitan keuangan akibat wabah Covid-19 yang melanda dunia, termasuk Indonesia. 

Daripada sibuk merenungi kondisi yang tidak tentu saat ini.

lebih baik Anda bangkit dan mulai menjalankan ide usaha makanan ringan ini.

Saat ini terdapat banyak ide usaha makanan ringan yang bisa Anda jalankan dari rumah, dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan di pasar dan toko-toko terdekat dari rumah anda sekarang.

Namun jika Anda ingin memasarkannya secara online, sebaiknya pilih jenis makanan ringan yang bisa bertahan lama dan memungkinkan untuk dikirim ke berbagai daerah di tanah air. 

Ide Usaha Makanan Ringan yang Bisa Dijual Secara Online 

1. Keripik Singkong 

Keripik singkong merupakan salah satu ide usaha makanan ringan yang mudah dibuat dan dipasarkan secara online.

Bahan untuk membuatnya pun sangat mudah, karena Anda bisa membelinya di pasar-pasar tradisional terdekat dari rumah Anda.  

Rasa keripik singkong sangat familiar di lidah masyarakat Indonesia. Itulah sebabnya mengapa Anda tidak akan kesulitan untuk memasarkannya.

Sebab, saat Anda menawarkannya kepada orang-orang secara online, mereka sudah tidak merasa asing dengan makanan ringan tersebut. 

Agar orang-orang tertarik dengan keripik singkong yang Anda tawarkan, bukan hanya kemasannya yang harus dibuat semenarik mungkin, tetapi kualitas rasanya juga harus terjaga

Hanya dengan begitu, orang-orang yang awalnya hanya coba-coba membeli dari Anda bisa menjadi langganan tetap.  

Modal awal yang dibutuhkan untuk memulai usaha keripik singkong tidak terlalu besar.

Hanya berkisar 1,5 juta rupiah saja.

Modal tersebut sudah mencakup pembelian mesin perajang singkong, alat press, kemasan, dan bahan serta bumbu yang dibutuhkan untuk membuatnya.  

2. Rempeyek Kacang 

Rempeyek Kacang juga menjadi alternatif bisnis makanan ringan yang bisa anda coba sekarang.

Selain mudah membuatnya, bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuatnya sangat mudah dan rasanya pun sangat enak. 

Rasa rempeyek kacang juga sangat familiar di lidah masyarakat, sehingga mudah untuk memasarkannya. Jika Anda mampu membuat rempeyek dengan rasa yang lezat dan dikemas semenarik mungkin, tentunya peluangnya untuk terjual habis sangat besar.

Bahkan, bisa jadi sebagian dari konsumen Anda akan berlangganan atau memesannya dalam jumlah banyak untuk dijual kembali. 

Modal awal yang dibutuhkan untuk mulai berjualan rempeyek pisang tergolong sedikit, bahkan lebih sedikit dari modal awal yang dibutuhkan untuk memulai usaha keripik singkong. 

Sebab, hanya dengan bermodalkan 1 juta rupiah saja Anda sudah bisa memulainya.  

3.Stick Talas 

Stick talas juga termasuk salah satu ide usaha makanan ringan yang mudah dibuat dan rasanya pun sangat enak. Sampai saat ini belum banyak yang berjualan stick talas, sehingga saingan Anda belum terlalu banyak. 

Agar stick talas yang Anda pasarkan menarik minat pembeli, tentu saja rasanya harus enak dan kemasannya harus terlihat menarik.

Untuk menghindari rasa bosan, sebaiknya Anda membuat stick talas dalam beberapa varian rasa, misalnya rasa balado, rasa keju, dan rasa barbeque. 

Modal awal yang dibutuhkan untuk mulai berjualan stick talas juga tidak terlau besar, berkisar 1 juta rupiah saja.

Modal awal tersebut mencakup pembelian talas atau keladi, minyak, plastik kemasan, serta bahan-bahan lain yang dibutuhkan. 

4. Kripik Tempe

Hampir semua orang Indonesia suka makan tempe, apakagi kalau dibuat menjadi kripik, pastinya lebih banyak yang suka, dari anak-anak hingga orang dewasa. Menjual kripik tempe bisa dikatakan sedikit sulit, dikarenakan produksi sendiri dirumah. Tapi tidak ada salahnya bila anda ingin mecoba bisnis makanan ringan ini.

Dilihat dari segi pengeluaran modal, membuat kripik tempe itu cendrung lebih sedikit, namun keuntungannya itu jauh berkali lipat dari modal. Artinya pasti untung kalau jualan kripik tempe.

Anggap saja Qtela yang sudah terkenal, dia bisa menjual kripik tempe yang kurang dari 100gram seharga 7rban di supermarket-supermarket. Nah anda bisa buat tuh kripik tempe kemasan stand pouch 100gram dengan harga 10-15rban. Dengan begitu pelanggan akan memikirkan, dan membandingkan produk anda dengan Qtela.

Produk anda terlihat lebih banyak dan harga cendrung ekonomis (hemat), jadinya mereka akan beli pada anda.

Untuk meningkatkan penjualan kripik tempe, anda bisa membuatnya menjadi berbagai macam rasa, seperti pedas, asin, balado, barbeque, pedas manis, dan rumpt laut.

Tentunya anda tak usah bingung lagi bagaimana caranya membuat rasa-rasa tersebut, karena sekarang sudah ada bumbu tabur yang siap pakai berbagai macam rasa. Tinggal beli saja itu.

5. Makaroni.

Dari anak SD sampai Kuliahan suka dengan cemilan ringan ini, harganya yang murah dan rasanya yang enak membuat makaroni menjadi cemilan primadona untuk sebagian orang. Banyak orang yang memulai bisnisnya juga dengan menjual makaroni, dengan modal yang kecil anda bisa meraup keuntungan yang sangat besar dari makaroni.

Salah satu brand makaran ringan makaroni yang populer itu adalah Kakarak, mereka bisa menjual 1 pcs kemasan 100gram dengan harga 15rban ke pelanggan akhir. Dengan harga jual segitu pastinya sudah untung banget.

Sebab modal makaroni itu endak sampai 20rban/kgnya.

Banyak tutorial di Youtube yang bisa anda tiru untuk memasak makaroni agar enak, dan tingkat kematangannya pas. Contoh saja itu, dan jangan takut untuk mencoba, gagal itu sudah biasa dalam bisnis.

Makanan Ringan Serba 1000an.

Anda bisa memulai bisnis ini dengan menjual makanan ringan seharga 1000an saja, bisa dititipkan di kantin sekolah, warung-warung tetangga, atau jual sendiri dipasaran.

Setelah pelanggan mulai berdatangan, barulah anda coba untuk membuat kemasan yang lebih besar lagi, dan harga jual yang lebih tinggi lagi. Banyak pengusaha makanan ringan yang memulai dengan trik seperti ini, dan masih terbukti ampuh untuk menarik pelanggan.

Bisnis Makanan Ringan Online.

Walau tidak punya warung atau toko, anda tetap bisa berjualan dan menghasilkan uang dari rumah saja, caranya cukup jualan online saja. Manfaatkan media sosial yang ada untuk melakukan promosi produk anda, kalau ada yang beli, tinggal ajak CODan atau kirim paket lewat POS dan JNE.

Sangat mudah bukan?

Penutup.

Sekilas ide usaha makanan ringan di atas terlihat sederhana, padahal  kenyataannya tidak sedikit orang-orang yang berhasil meraih omset puluhan juta sebulan hanya dari berjualan makanan ringan di atas.

Itulah sebabnya mengapa Anda harus mulai menjalankannya dari sekarang. 

Untuk memasarkannya secara online cukup mudah, karena Anda bisa mempromosikannya di facebookinstagram, dan akun sosial media lainnya yang Anda miliki.   

Tinggalkan komentar