Arti Kata Ambigu dan Contoh Penggunannya

Arti Kata Ambigu Dalam Bahasa Gaul – Seperti yang diketahui, bahasa gaul yang ada di Indonesia saat ini semakin berkembang. Hal tersebut juga yang menjadi penyebab banyaknya orang yang menggunakan bahasa tersebut dibandingkan dengan bahasa formal, salah satunya adalah kata ambigu. Nah di bawah ini arti dari kata tersebut.

Arti Kata Ambigu

Berdasarkan KBBI, kata ambigu memiliki arti yakni sebuah kondisi yang bermakna lebih dari satu. Dengan begitu, penggunaan tersebut berarti menimbulkan keraguan, ketidakjelasan, kekaburan, bermakna ganda, dan lain sebagainya.

Umumnya, keberadaan ambigu ini sendiri sering menyebabkan kebanyakan orang salah paham dengan orang yang lainnya. Terlebih jika kata tersebut sering muncul di media sosial. Tentu tidak semua orang dapat mengartikannya dengan baik.

Baca juga: Apa Arti Kata Suhu dan Master Sama dalam Bahasa Gaul?

Jenis Ambigu dan Penggunaan

Loading...

Jika Anda ingin memakai kata ambigu tersebut, maka sangat penting untuk mengetahui terlebih dahulu mengenai jenis dan penggunaannya yang tepat. Saat ini sendiri terdapat tiga jenis ambigu yang dapat diterapkan masing-masing.

Seperti jenis ambiguitas fonetik yakni ambigu yang terjadi akibat bersamaan bunyi. Selanjutnya ambigu gramatikal termasuk paling sering digunakan. Yakni ambigu yang terjadi karena letak tata bahasa. Terakhir adalah ambigu leksikal yakni kata yang memiliki dua makna.

Baca juga: Arti Kata Copas: Pengertian Copas adalah

Contoh Penggunaan Kata Ambigu

Ada banyak contoh penggunaan kata ambigu yang bahkan sudah sering dipakai oleh anak-anak muda saat ini. Terlebih setiap jenis ambigu tersebut memiliki contohnya masing-masing. Dengan begitu, tentu akan lebih mudah dalam membedakan jenisnya.

Adapun contoh dari salah satu jenis ambigu yang dapat Anda ketahui adalah ambigu gramatikal. Contoh penggunaannya adalah “angkat tangan” sehingga terdapat dua makna yakni menyerah serta mengangkat tangan.

Skuy komen