8 Tips Hindari Bahaya Rokok

Tips Hindari Bahaya Rokok – Kegiatan merokok mengasyikan bagi sebagian orang. Kegiatan merokok  umumnya  dilakukan untuk mengurangi stress hingga menahan rasa lapar.

Tapi perlu diketahui, kebiasaan merokok itu berbahaya dan  memberi pengaruh tidak baik  terhadap kesehatan tubuh kitia. Asap rokok  memiliki dampak negatif  bagi kesehatan. Setidaknya ada 4000  kandungan zat kimia dalam asap rokok.

Ammonia salah satu zat pada rokok yang berbahaya bagi tubuh.  Selain itu, potensi untuk terkena penyakit asma untuk perokok aktif dan pasir itu lebih besar. Karena selalu menghirup asap yang tidak baik untuk pernapasan kita.

Namun kini  bahaya rokok  bisa diminimalisir lewat beberapa cara yang aman dan mudah.

8 Tips Hindari Bahaya Rokok.

Anda bisa mengikuti beberapa tips dibawah ini guna mengurasi dampak terburuk dari asap rokok atau dari kegiatan kurang sehat rokok.

1. Komsumsi  Buah dan Sayuran.

Hindari bahaya rokok  dengan  pola hidup sehat yakni makan buah dan sayuran secara seimbang. Aneka buah  seperti buah apel, nanas  hingga anggur  diyakini mampu menutrisi tubuh dari paparan asap rokok. Komsumsi  wortel, brokoli hingga seledri juga diyakini mengurangi  zat nikotin pada tubuh.

Camilan sehat yang berupa buah dan sayuran segar bisa sebagai pengganti rokok. Setiap ada keinginan untuk merokok alihkan dengan camilan sehat sayuran dan buah segar.

Kegiatan makan sayuran dan buah segar setiap ingin merokok pelan tapi pasti akan menjadi kebiasaan . Tidak hanya membuat kegiatan menyenangkan. Buah dan sayuram segar tubuh juga menjadi segar dan sehat.

2. Komsumsi Makanan Berbahan Kedelai.

Bahaya rokok bisa diminimalisir dengan komsumsi makanan  yang berbahan kedelai. Makanan seperti susu kedelai, tempe hingga tahu diyakini mampu memperbaiki paru-paru. Makanan berbahan kedelai tidak hanya  mampu memperbaiki paru-paru. Makanan kedelai ini bisa mengurangi resiko sesak nafas akibat merokok tiap hari .

3. Banyak Minum Air Putih.

Bahaya rokok juga diminimalisir dengan rutin komsumsi air putih  racun. Nikotin yang ada pada tubuh  akibat dari paparan asap rokok bisa berkurang dengan rutin minum air putih.

Air putih memiliki  kandungan zat mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan zat yang ada pada air putih berkhasiat menetralisir racun rokok  dalam tubuh.

4. Rutin Berolahraga.

Bahaya rokok bisa dihindari dengan melakukan kegiatan olahraga. Rutin berolahraga bisa  minimalisir nikotin yang ada dalam tubuh. Lakukan kegiatan oah raga ringan mulai  senam hingga jalan kaki. Kegiatan olahraga secara rutin tiap pagi atau sore memiliki banyak manfaat.

Berolahraga secara rutin tidak hanya menyehat fisik. Olahraga ringan seperti jalan kaki hingga senam jalan membuat paru-paru hingga jantung menjadi sehat. Kegiatan olahraga secara  teratur  asupan oksigen  dalam tubuh semakin bertambah dan

5. Ganti dengan Permen.

Kebiasaan merokok sulit dihentikan. Kebiasaan merokok bisa diganti kegiatan lain yaitu makan permen. Setiap ingin merokok komsumsi permen. Jenis permen berbagai macam. Pilih permen  rasa mint atau rasa jahe sebagai pengganti dari rokok.

Kunyah permen  sambil melakukan kegiatan yang positif. Melakukan kegiatan positif sambil makan permen bisa menjadi cara mudah mengalihkan perhatian dan pikiran dari merokok.

Awalnya sulit, karena belum terbiasa lepas dari kebiasaan merokok. Lambat laun kegiatan ini mengasyikan dan perlahan tapi pasti  lepas dan berhenti merokok.

6. Makan Cemilan Sehat.

Cara lain menghindari bahaya rokok dan berhenti merokok dengan  makan camilan sehat. Camilan yang sehat  bisa dikomsumsi saat ingin merokok. Kebiasaan komsumsi camilan sehat diyakinu bisa alihkan perhatian dan pikiran  dari merokok.

Makan camilan sehat bisa  bisa menjadi pengganti rokok. Camilan sehat pengganti rokok bisa diperoleh berupa susu, popcorn, kacang ,buah hingga sayuran.

7. Tidur yang Cukup

Bahaya rokok bisa dihindari dengan istirahat atau tidur  yang cukup. Setiap ada keinginan untuk merokok tidurlah. Kegiatan istirahat bisa mengalihkan perhatian dan pikiran dari keinginan merokok. Istirahat yang cukup tidak hanya membuat terhindar dari bahaya rokok.Istirahat tubuh menjadi sehat.

8. Melakukan Kegiatan Positif.

Lakukan kegiatan positif dengan berbagai kesibukan. Buatlah kesibukan pada rutinitas sehari-hari. Kesibukan melakukan kegiatan positif bisa mengalihkan perhatian dan pikiran dari merokok. Rutinitas ini secara perlahan dapat melupakan rokok beberapa saat.

Itulah beberapa  tips mengindari bahaya rokok yang penting diketahui. Pola hidup  sehat   makan makanan bergizi hingga rutin berolah raga menjadi cara mudah hindari bahaya rokok.

Kesadaran tidak merokok datang dari masing-masing individu. Merokok bisa hidup sehat ,namun berhenti merokok hidup menjadi lebih berwarna.

Sponsored: Obat Asma Mosehat.

Tinggalkan komentar