Category Archives: Syariat Islam

5 Hikmah Pernikahan dalam Islam

Setelah sebelumnya saya menuliskan artikel mengenai Rukun dan syarat pernikahan, kini akan saya lanjutkan ke pembahasan hikmah pernikahan. Baca juga: Rukun dan Syarat Pernikahan Allah menciptakan segalanya yang ada didunia ini tidak tanpa alasan, melainkan semua ada Hikmah yang bisa diambil. Salah satunya adalah didalam pernikahan. Nikah sudah disyariatkan Allah Swt melalui Al-Quran dan Sunah Rasul-Nya yang mengandung… Read More »

Rukun dan Syarat Pernikahan (Penjelasan Lengkap)

Para ahli fiqih berbeda pendapat dalam menentukan rukun dan syarat pernikahan. Perbedaan pendapat tersebut adalah dalam menempatkan mana yang termasuk syarat dan mana yang termasuk rukun nikah/ perkawinan. Jumhur ulama sebagaimana juga mazhab syafi’i mengemukakan bahwa rukun nikah ada 5 (lima), sebagaimana berikut: 5 Rukun dan Syarat Pernikahan 1. Adanya calon suami atau mempelai pria, dengan syarat sebagai… Read More »

Apa Saja Tahapan-tahapan Hari Akhir

Sebagai seorang Muslim, beriman kepada adanya hari akhir merupakan suatu hal yang wajib, karena setelah ada mahluk yang namanya kematian. Dan setelah kematian, barulah ada kehidupan yang kekal abadi di akhirat kelak. Sebelum manusia masuk ke surga atau neraka, ada tahapan yang harus dilalui, antaranya sebagai berikut: Tahapan hari akhir Yaumul Barzah adalah masa dimana manusia akan menunggu… Read More »

Menerapkan Perilaku Mulia di Kehidupan Sehari-hari

Dalam kehidupan sehari-hari memang sudah seharusnya sebagai muslim, kita menerapkan perilaku mulia kepada orang disekitar kita. Tanpa terkecuali. Sikap dan perilaku  mulia yang dapat kita amalkan dikehidupan nyata sangat banyak sekali, contohnya saja sebagai berikut: 1. Bersikap Qana’ah, yaitu menerima semua jenis kenikmatan yang dianugrahkan Allah SWT. Baik yang kita anggap kecil, maupun besar, dengan rasa ikhlas dan… Read More »

Pengertian Takdir Muallaq dan Takdir Mubram

pengertian takdir muallaq dan takdir mubram. Sebagai seorang muslim kita harus percaya dengan takdir, dimana sudah menjadi rukum iman bagi seorang muslim. Takdir sendiri merupakan sebuah ketetapan dari Allah Swt, baik dan buruk suatu hal sudah ditetapkan oleh Allah Swt. pengertian takdir muallaq dan takdir mubram Dan takdir itu dibagi menjadi 2 jenis, yaitu takdir muallaq dan takdir… Read More »

Periode Hari Akhir Alam Semesta ini

Tugas referensi Periode hari akhir alam semesta. Iman kepada hari akhir adalah sebuah tantangan yang besar, sekaligus tuntutan bagi seluruh umat islam. Sebab keimanan seorang muslim tersebut diuji disini, apakah dia bener-bener orang yang beriman atau sekedar saja. Salah satu ciri orang yang beriman adalah, yakin akan adanya sebuah periode dalam kehidupan setelah ini, yang disebut hari akhir.… Read More »

Pokok-Pokok Keimanan Pada Hari Akhir Adalah

Mempelajari pokok keimanan pada hari akhir. Sebagai seorang muslim yang beriman, kita sudah sepatutnya untuk meyakini akan adanya Hari Akhir. Karena bisa dilihat tingkat keimanan seseorang dari sebarapa yakinnya dia dengan perkara pokok hari akhir ini. Didalam pelajaran PAI, pembahasan pertama yang dibahas adalah mengenai pokok-pokok keimanan pada hari akhir. Dimana sangat penting sekali untuk kita pelajari bersama,… Read More »

Pengertian Halalan Thayyiban Menurut Al Quran dan Secara Umum

Sering kali kita mendengar kata halalan Thayyiban dari ustadz-ustadz ketika ceramah di masjid. Baik ketika Shalat jumat maupun Kajian rutinan. Nah jadi apa sih Halalan Thayyiban itu?, Berikut Denifisi mengenai Halalan Thayyiban. Pengertian Halalan Thayyiban Dalam surat Al Baqarah ayat 168. Bahwa Allah Swt berfirman mengenai Halalan Thayyiban tersebut. Arti dari ayat tersebut adalah : “Wahai manusia, Makanlah… Read More »