Pengertian Router, Jenis, Fungsi dan Cara Kerjanya

Di jaman sekarang ini, internet menjadi kebutuhan yang tidak bisa terlepaskan dari kehidupan manusia. 

Mulai dari menyelesaikan pekerjaan, mencari materi belajar, atau bahkan sekedar bermain game.

Internet yang kamu gunakan saat ini, entah itu menggunakan ponsel pintar atau komputer pribadi, memerlukan perangkat pendukung. Mulai dari perangkat yang berada di kantor penyedia layanan yang kamu gunakan atau perangkat yang terpasang di rumahmu. 

Oke, mari kita mulai dari perangkat yang terpasang di rumahmu yaitu router. 

 

Pengertian dan Fungsi Router 

Pengertian Router itu adalah sebuah perangkat yang berfungsi sebagai pengatur lalu lintas jaringan komputer. Di situlah tempat di mana data data dari server disalurkan menuju ponsel pintar atau komputer pribadi kamu, bisa melalui kabel atau media nirkabel.  

Selain berfungsi sebagai penyalur koneksi internet,  router juga dapat berfungsi sebagai pengatur bandwith koneksi untuk perangkat klien yang tersambung.   

Intinya pada router ini terjadi pengaturan lalu lintas data yang disalurkan menuju perangkat akhir (smartphone, laptop, komputer).

Admin yang punya akses router ini bebas mau memberikan limite kecepatan berapa mb kepada tiap-tiap pengguna. Atau membuat sejenis voucher wifi dan memblokir suatu situs.

Jadi semisal di router A disetting blokir situs linux.or.id, setiap perangkat yang terhubung ke IP router A tidak bisa mengakses website linux.or.id.

Baca juga: Cara blokir situs website dengan mikrotik

Macam Jenis-Jenis Router 

Kalau dilihat dari peruntukkannya, router itu terdiri dari 2 jenis. Yaitu router untuk enterprise dan untuk pengguna rumah 

 

Router Enterprise 

Untuk router enterprise, biasanya memiliki kekuatan yang lebih besar dari router untuk pengguna rumah dan biasanya berharga cukup mahal. 

Router Rumahan 

Router untuk pengguna rumah memiliki kekuatan yang lebih kecil dari router enterprise, dilengkapi fitur-fitur tambahan yang menunjang kebutuhan pengguna rumah seperti fitur berbagi file, berbagi printer, dan lain-lain. 

TP-Link merupakan salah satu contoh router rumahan yang sering sekali digunakan oleh pelanggan wifi dilingkup perumahan. Pasti kamu juga sudah tau kan, merk Router ini.

Cara Kerja Router 

Pertama, saat kamu masuk ke suatu jaringan, router akan memberikan alamat IP lokal agar bisa terhubung ke internet. 

Kedua, ketika kamu membuka situs web, router akan menterjemahkan nama situs yang kamu ketik menjadi alamat IP. 

Ketiga, permintaan dari klien akan diteruskan ke server situs web tujuan dengan fitur routing dan NAT. 

Terakhir, server akan memberikan data situs ke router lalu meneruskannya ke klien. Sampai disini situs web sudah bisa dibuka.  

 

Kalau kamu ingin berkomunikasi dengan perangkat yang satu jaringan denganmu, prosesnya akan jadi lebih pendek. 

 

Demikian artikel saya tentang pengertian, fungsi, jenis Router dan cara kerjanya.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu. 

Tinggalkan komentar